Jasa Instalasi Server

by admin
jasa instalasi server

Penggunaan perangkat komputer, baik PC atau laptop, Anda pasti butuh instalasi server baru atau upgrade untuk segala kebutuhan aktivitas komputasi Anda. Itulah sebabnya Anda perlu menemukan jasa instalasi server terbaik dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan komputasi tersebut. 

Dalam praktiknya, instalasi server terupdate yang Anda gunakan dapat mempermudah pekerjaan komputasinya, apalagi jika Anda mengalami masalah pada sistem jaringan server tersebut, maka harus segera ditangani. Kenali metode serta syarat instalasi server dan temukan jasa setting server terbaik di Xpertindo berikut ini.

Mengenal Jasa Instalasi Server

Jasa instalasi adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum membangun server, dimana proses ini mencakup dua hal. Yakni perangkat keras dan perangkat lunaknya. Server yang akan memberi layanan komunikasi antar jaringan, maka server harus memiliki minimal 2 kartu jaringan. 

Server pertama sebagai jaringan internal dan lainnya sebagai jaringan eksternal. Sebagai sistem operasi, sistem akan jadi wadah untuk aplikasi dan data-data yang tersimpan dalam perangkat  Anda. Instalasi sistem operasi ini juga akan jadi tatap muka antara user (administrator atau user biasa) dan perangkat keras sesuai server yang akan digunakan.

Itulah sebabnya server harus mempunyai kemampuan yang baik dari perangkat keras yang digunakan atau perangkat lunaknya dan sistem operasi yang digunakan serta sistem keamanan jaringan. Pemilihan sistem operasi ini akan menentukan kinerja server yang akan digunakan. 

jasa instalasi server

Jadi, sebelum Anda melakukan instalasi server perlu memeriksa sistem operasi yang digunakan, apakah menggunakan sistem operasi Windows atau berbasis linux. Hal ini juga akan memetakan kebutuhan aktivitas komputasi Anda dengan server yang akan diinstalasi. 

Jika Anda perlu instalasi server, periksa terlebih dahulu syarat umum untuk instalasi sistem operasi dan memilih  metodenya. Tidak perlu khawatir, jasa instalasi server Xpertindo menyediakan berbagai sistem operasi untuk instalasi server sesuai kebutuhan Anda. 

Temukan Jasa Instalasi Server Terbaik

Instalasi server ini akan memberi program komputer Anda fungsionalitas yang disebut klien, dimana arsitektur ini diberi nama model client server. Dalam praktiknya, saat melakukan instalasi server, Anda membutuhkan sistem minimum tertentu untuk memperoleh fitur-fitur yang Anda butuhkan.

Jika itu terdengar rumit, maka Anda bisa menemukan jasa instalasi server di Xpertindo yang berada di bawah naungan PT Apixnet Global Teknologi. Itu artinya kami adalah penyedia jasa dalam bidang IT Network atau jaringan komputer terbaik, bahkan di luar negeri. 

Salah satu jasa yang kami provide adalah jasa instalasi server jaringan yang akan diatasi oleh ahlinya sesuai kebutuhan Anda.  Dapatkan manfaat instalasi server yang baik untuk menunjang berbagai aktivitas komputasi Anda. Bahkan bisa meningkatkan komunikasi bisnis Anda dengan baik. 

Syarat Melakukan Instalasi Server

Menggunakan jasa Xpertindo akan membantu Anda memenuhi syarat dan ketentuan untuk berhasil melakukan instalasi server, seperti berikut ini: 

  • Memilih Sistem Operasi yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih sistem operasi yang tepat akan menentukan kinerja server, yakni apakah menggunakan windows atau sistem operasi linux. Anda bisa konsultasi sistem operasi dengan ahlinya di Xpertindo sesuai kebutuhan dan masalah yang Anda alami. 

  • Memiliki Jumlah RAM yang Memadai

RAM adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat sementara. Jika kapasitas RAM semakin besar, maka kemampuan proses komputer juga akan semakin cepat. Kami akan memberi detail informasi ini sesuai dengan instalasi server yang Anda butuhkan. 

  • Memiliki Ruang Hardisk yang Besar

Selain Ram, ada hardisk yang berfungsi menyimpan data, baik data program, data user, atau aplikasi. Jika Anda ingin menginstal server skala besar maka perlu hardisk yang memiliki kapasitas besar. Hal ini karena semua data dari sistem dan berkas tersimpan di perangkat ini.

server

  • Tipe dan Kecepatan Prosesor

Processor adalah otaknya komputer, maka komponen inilah yang menentukan proses eksekusi program yang dilakukan server. Kecepatan processor yang semakin bagus maka semakin cepat dan kuat pula kemampuan servernya. Tidak perlu khawatir, kami akan memberi detail informasi tentang informasi processor ini sesuai kebutuhan Anda. 

  • Resolusi Video atau Layar Untuk Sistem Operasi GUI

Resolusi diperlukan saat menampilkan tayangan dengan tingkat resolusi tinggi. Misalnya untuk memutar video berkapasitas HD. Informasi ini sudah jasa instalasi server kami sediakan, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan saja.  

Metode Instalasi Sistem Operasi

Berikut ini metode Instalasi server yang bisa Anda pilih di jasa instalasi server kami sesuai dengan kebutuhan Anda: 

  • Instalasi Baru

Metode ini bisa digunakan jika jaringan yang Anda butuhkan adalah jaringan baru atau perlu tambah perangkat server baru yang saat ini tidak mendukung sistem operasi Anda. Metode ini akan menghapus semua data partisi. Jika ada beberapa aplikasi yang terinstal sebelumnya, maka harus diinstal kembali.

  • Upgrade

Metode upgrade bisa Anda pilih jika sistem-sistem jaringan sudah berjalan dan Anda Ingin update ke server yang lebih baru. Cara ini digunakan biasanya karena ada tambahan fitur pada sistem operasi yang Anda gunakan. Termasuk fitur yang baru dalam sistem tersebut. 

menggunakan metode upgrade instalasi server, aplikasi yang terinstal sebelumnya akan tetap bisa digunakan setelah metode upgrade ini selesai. Jadi, upgrade server hanya mengganti file data-data pada sistem informasi sebelumnya dengan yang lebih update

  • Multi-boot

Jika Anda butuh lebih dari satu sistem operasi untuk aktivitas komputasi, maka bisa menggunakan opsi instalasi dengan cara Multi-boot yang memungkinkan untuk menggunakan sistem operasi yang lebih dari satu. 

Kemudian, semua sistem operasi ditempatkan di posisi partisinya masing- masing. Itulah sebabnya perlu melakukan persiapan partisipasi terlebih dahulu, sebelum instalasi server dengan metode ini.    

  • Virtualisasi

Metode instalasi sistem operasi terakhir adalah virtualisasi yang memungkinkan instalasi dilakukan diatas sistem operasi yang Anda gunakan sekarang. Itu artinya tidak berada pada partisi tertentu, tetapi di file tertentu. File tersebut adalah perwakilan untuk sistem komputer virtual.

Itulah sebabnya, metode ini bisa dilakukan dengan instalasi lebih dari satu sistem dalam satu komputer. Teknik ini bisa dilakukan melalui aplikasi seperti VMWare, VirtualBox, dan Virtual PC. Sebelum melakukan metode ini, perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Bentuk struktur partisipasi yang akan digunakan untuk sistem dan datanya. Hal ini memudahkan untuk memisahkan file saat ingin upgrade instalasi server tanpa perlu memperbaharuinya satu per satu. 
  2. Menentukan jenis sistem file yang akan digunakan untuk mengelola file yang tersimpan di hardisk. Seperti jenis sistem file yang banyak digunakan sekarang adalah NTFS, FAT16/32, ext2,ext3, ext4, dan  HPFS. 

Setelah mengenali syarat dan metode instalasi server di atas, segera temukan jasa instalasi server terbaik untuk mengatasi masalah sistem operasi sistem server Anda. Pastikan pilih Xpertindo yang sudah berpengalaman dan terpercaya di bidang ini. Konsultasikan kebutuhan instalasi kebutuhan jaringan Anda bersama kami.

Related Posts