Cara Setting Hotspot Mikrotik

by admin

Mikrotik merupakan salah satu Sistem Operasi yang dikhususkan untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan . Mikrotik sendiri juga cocok digunakan untuk keperluan pembuatan administrasi jaringan komputer. Entah itu untuk sistem jaringan berskala kecil maupun besar. Lantas bagaimana cara setting hotspot Mikrotik untuk pembuatan komputer jaringan?

Kebutuhan router jaringan berbasis Mikrotik memang semakin banyak digunakan untuk kebutuhan rumah, sekolah, kantor, rumah sakit, dan gedung-gedung umum lainnya yang membutuhkan perangkat jaringan. Perangkat ini masih menggunakan cakupan yang sederhana mulai dari gateway server, dns server, dan dhcp server untuk konfigurasinya.

Pahami Lebih Dulu Sebelum Masuk ke Tahapan Cara-Cara Setting Hotspot Mikrotik

Penggunaan mikrotik untuk kebutuhan tempat yang berpusat pada aktivitas maupun kegiatan, memang bisa digunakan untuk mendukung kebutuhan terkoneksi dengan jaringan internet yang aman. Namun perlu pemahaman yang lebih dini dahulu sebelum masuk kebagian inti, yakni cara setting Mikrotik dengan baik dan benar.

Sebab kesalahan satu konfigurasi saja bisa mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah jaringan yang akan dibuat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara setting hotspot Mikrotik adalah salah satu sistem operasi maupun perangkat lunak yang biasa digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang cukup handal.

Cara Setting Hotspot Mikrotik

Mikrotik sendiri memiliki fitur yang lengkap, terutama untuk digunakan sebagai jaringan IP dan jaringan nirkabel. Adapun fitur-fitur lengkap yang diberikan diantaranya adalah Firewall dan Nat, Hotspot, Routing, DNS Server Point to Point Tunneling Protocol, DHCP Server, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut merupakan kebutuhan utama untuk setting mikrotik secara lengkap.

Nah bagi Anda yang sedang menginginkan jasa konsultan IT di bidang jaringan, untuk kebutuhan konfigurasi setting mikrotik sampai dengan maintenance. Maka Anda bisa menggunakan di Xpertindo. Karena kami selaku penyedia jasa konsultan IT terbaik, telah menyediakan layanan untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan jaringan.

Pahami Tahapan dan Tata Cara Setting Hotspot Mikrotik Dengan Lengkap

Ada banyak hal yang melatarbelakangi perusahaan untuk memilih media jaringan berbasis mikrotik untuk pekerjaan mereka. Mengingat Sistem Operasi ini yang cocok digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer. Sebagai contohnya adalah pembangunan sistem jaringan komputer untuk skala kecil, sampai dengan besar.

Sehingga tidaklah heran jika mikrotik sudah banyak digunakan oleh Provider Hotspot, ISP, Warnet, sampai dengan warung Game online. Fasilitas yang diberikan Mikrotik memungkinka npenggunanya untuk melakukan manajemen bandwidth, routing, statefull firewall, remote winbox GUI Admin, bahkan sampai dengan Hotspot for plug and play.

Adapun beberapa tahapan cara setting hotspot mikrotik dengan lengkap bisa Anda simak pada informasi berikut ini.

  • Pengaturan Dasar Mikrotik

Pada mikrotik sendiri sebenarnya telah tersedia peraturan umum yang sudah siap digunakan, namun peraturan ini umumnya juga tidak sesuai dengan apa yang akan Anda buat. Sehingga Anda perlu membuatnya dari awal, yakni dari proses pembuatan topologi jaringan.

Perancangan topologi jaringan cukup penting untuk menentukan konsep yang jelas. Konstruksi maupun desain topologi jaringan inilah yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan kebutuhan, situasi, serta kondisi area yang akan Anda pasang.

  • Pengaturan Alamat IP

Alamat IP adalah salah satu identitas yang terdiri dari angka biner. Untuk bisa menghubungkan semua perangkat ke jaringan, baik itu lokal maupun internet, alamat Ip dibutuhkan untuk proses identifikasi dan untuk bisa dikenali oleh jaringan. Kemudian buka winbox kemudian login Mikrotik melalui mac-Address sebagai “User  Admin Password : kosongkan. 

setting mikrotik

Kemudian buka New Terminal pada bagian menu di sisi samping Winbox, lalu salin dan tempel script yang telah tersedia. Setelah berhasil restart, login kembali ke mikrotik dan winbox seperti tadi. Dan tinggal atur alamat IP setiap ether sesuai dengan topologi yang Anda gunakan. Selanjutnya tinggal beri alamat Ip untuk setiap ether dari ether2, ether3 sesuai dengan IP yang diinginkan.

  • Pengaturan Gateway Internet Mikrotik

Setelah selesai pemberian alamat IP, selanjutnya perlu melakukan pengaturan gateway internet mikrotik. Sebab semua perangkat yang terhubung ke internet membutuhkan mikrotik yang memiliki default gateway publik. Maka Anda tinggal menghubungkan modem yang sudah terkoneksi internet ke port ether1 sebagai jalur koneksi.

Kemudian aslin script berikut ”ip route add gateway + (alamat IP)distance+1 dst-address+0.0.0.0/0” lalu paste ke bagian new termal di winbox, dengan maksud untuk menambahkan default gateway. Di Tahap ini, seharusnya Anda sudah bisa mem ping IP publik. Dan kemudian tinggal menambahkan DNS dan mengaktifkan DNS server untuk bisa akses domain di internet.

  • NAT Atau “Network Address Translation”

Nat sendiri merupakan sebuah fungsi pemetaan alamat IP yang sudah pernah dipasang sebelumnya. Proses NAT ini dapat menerjemahkan alamat IP Private untuk bisa mengakses alamat dari host internet. Yakni dengan menggunakan alamat IP publik. Dengan begitu maka semua perangkat sudah bisa mengakses internet melalui mikrotik router.

Script yang perlu Anda gunakan adalah “/ip firewall nat add chain+srcnat action=masquerade” maka pengaturan Mikrotik telah terselesaikan. Dan Anda bisa menggunakan perangkat sesuai dengan keinginan maupun tujuan. Namun ada cara instan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan konfigurasi setting mikrotik dengan mudah, yakni dengan jasa setting mikrotik.

Gunakan Jasa Kami di Xpertindo

Xpertindo merupakan salah satu jasa yang berjalan di bidang konsultan IT jaringan, mulai dari pembuatan jaringan, set jaringan, konfigurasi jaringan, jasa setting mikrotik bahkan sampai dengan maintenance jaringan secara lengkap. Tak terkecuali setting jaringan berbasis mikrotik sesuai dengan topologi yang Anda inginkan.

Kami selaku konsultan IT jaringan terbaik, telah melayani banyak sekali klien dan telah dipercayai sebagai partner jaringan mereka. Bagaimana tidak? Perusahaan jasa kami selalu fokus terhadap hasil yang bisa diberikan, tak lain untuk memberikan tingkat kepuasan terhadap klien. Hal ini didasari oleh tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman di bidang IT jaringan.

Tak sampai disitu, perusahaan jasa kami juga dapat menyelesaikan pemasangan jaringan mikrotik dengan cepat. Dan bahkan bisa sesuai dengan apa yang klien kami harapkan. Hasil yang diberikan pun juga lebih maksimal, karena kami tidak hanya bisa membantu Anda dalam pembuatan proyek jaringan saja. 

Tetapi juga dapat memberikan masukan terhadap solusi terbaik. Itulah mengapa Anda harus menggunakan jasa kami untuk memenuhi cara setting hotspot mikrotik dengan baik dan benar. Karena kami selaku penyedia jasa konsultan IT terbaik, telah menyediakan layanan untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan jaringan.

Tunggu apa lagi, segera sewa jasa kami untuk kebutuhan jaringan Anda. Entah itu untuk pembuatan jaringan, set jaringan, konfigurasi jaringan, cara setting hotspot Mikrotik bahkan sampai dengan maintenance jaringan secara lengkap. Tak terkecuali setting jaringan berbasis mikrotik sesuai dengan topologi yang Anda inginkan.

Related Posts