Cara Instalasi Jaringan LAN

by admin
cara instalasi jaringan lan

Jaringan LAN sangat dibutuhkan untuk semua instansi, baik pendidikan sampai dengan bidang bisnis. Hanya saja tidak semua orang mampu mengoperasikan jaringan LAN tersebut, sebab tidak tahu bagaimana cara instalasi jaringan LAN yang benar. Untuk itu, Anda membutuhkan bantuan orang yang ahli dalam bidangnya untuk memasang instalasi jaringan LAN

Perlu diketahui bahwa, jaringan LAN ini cukup rumit dan dibutuhkan pengetahuan yang lebih banyak untuk menghindari kegagalan sambungan. Bahkan ketika dipaksakan, juga akan memberikan hasil yang kurang baik dan membuang waktu tentunya. Hal ini justru akan membuat pengeluaran menjadi membengkak.

Cara Instalasi Jaringan LAN Terbaik 

Berikut ini cara instalasi untuk jaringan LAN: 

  • Persiapan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk instalasi LAN adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan yang dimaksud adalah menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan sambungannya. Hal ini erat kaitannya dengan alat dan perlengkapan untuk memulai pembuatan sambungannya.

Perlu dipahami terlebih dahulu dalam pelaksanaaN jaringan LAN ini, membutuhkan beberapa komponen penting. Seperti halnya penggunaan HUB/ Controller, LAN Card, Lan Quizzer, Tang Crimping, Konektor RJ-45 dan Kabel UTP. Semua kebutuhan ini harus lengkap dan tidak boleh ada yang tertinggal.

Cara Instalasi Jaringan LAN

Untuk mempermudah eksekusinya, Anda bisa meletakkan semua komponen ini di dalam satu wadah atau meja. Ketika sudah dieksekusi, namun ada perlengkapan atau peralatan yang kurang tentu akan buang-buang waktu karena harus mencarinya terlebih dahulu.

  • Siapkan kabel jaringan

Setelah semuanya siap, Anda bisa mulai cara instalasi untuk jaringan LAN yang kedua yakni mempersiapkan kabel yang dibutuhkan. 

Anda bisa mengambil kabel UTP kemudian mengupas kulit iranian sekitar 2 cm, kemudian lurus kan semua kabel yang akan digunakan untuk menghindari penyambungan yang salah.

Perlu dipahami bahwa kabel ini memiliki jenis dan warna yang beragam jadi untuk mempermudah jangan lupa diurutkan sesuai warna yang dimilikinya. Lakukan pemotongan pada ujung kabelnya menggunakan bantuan crimping agar lebih mudah ketika dimasukkan konektor nantinya.

  • Lakukan penyambungan

Langkah ketiga tentang cara instalasi untuk jaringan LAN adalah dengan melakukan penyambungan menggunakan konektor. Hal ini berkaitan dengan kabel yang sudah dikupas dan juga konektor yang dipilih. 

Anda diminta untuk memasukkan kabel dalam konektor RJ45 dengan crimping interval, dan jangan lupa untuk memberikan tekanan. Tujuannya adalah untuk membuat kabelnya benar-benar tersambung dengan baik.

Setelah itu yang perlu dilakukan adalah melakukan pengkabelan dengan menggunakan dua tipe yang berbeda. 

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam eksekusi untuk menghindari kesalahan dalam melakukannya. Adapun tipe yang dimaksud bisa dilihat di bawah ini:

  • Tipe Mortal

Tipe yang satu ini digunakan untuk menghubungkan Hub/Switch/Router dalam jaringannya. Tipe ini dianggap lebih simpel dibandingkan dengan tipe lainnya hanya saja memang fungsi sambungannya tidak banyak digunakan.

  • Tipe Marking

Tipe yang kedua ini memiliki fungsi untuk melakukan penggabungan PC, Hub/Switch/Router, untuk jaringan yang dibutuhkan. Jaringan ini harus tepat pemasangannya guna mendapatkan sambungan yang jelas. Anda perlu hati-hati supaya mendapatkan sambungan yang lebih tepat.

  • Pemasangan konektor lanjutan

Langkah keempat dalam instalasi jaringan LAN yang perlu dilakukan adalah memasangkan sambungan dengan konektor yang dimiliki. Anda diminta untuk mengambil kabel UTP ke bagian slot LAN Book yang dimaksud. Dalam hal ini perlu diperhatikan detail sambungan yang diberikan.

Hubungannya adalah antara satu sambungan PC menuju sambungan lainnya. Setelah dirasa sudah benar jangan lupa untuk melakukan pengaturan lanjutan. Pengaturan yang dimaksud adalah dengan membuka Windows dan juga konfigurasi yang lebih mudah dan terperinci.

Perlu dipahami pengaturan sambungan ini juga harus diperhatikan mengenai kapasitas yang diberikan untuk setiap sambungannya. Jumlah kabel sambungan antar PC juga harus pas jangan sampai kurang. Anda perlu mempertimbangkannya pada saat melakukan persiapan kabel di awal, untuk menghindari kurangnya sambungan.

  • Pengaturan konfigurasi lanjutan

Setelah dirasa sudah benar mengenai konektornya Anda bisa lanjut untuk cara instalasi jaringan LAN berikutnya. Pengaturan yang bisa dilakukan adalah menuju konfigurasi Windows. 

Untuk memulainya, Anda harus masuk ke dalam Buka Skillfulness Commission kemudian pilih Textile and Net lanjut pilih bagian Mesh Connections. Bagian ini memang sedikit rumit, jadi dibutuhkan kehati-hatian agar tidak sampai salah memilih menu.

Instalasi Jaringan LAN

Setelah itu, Anda akan mendapatkan beberapa agenda penting terkait dengan jumlah jaringan yang sudah tersambung atau yang sudah dimiliki. 

Anda tidak perlu bingung atau pusing untuk melihatnya. Hal ini karena semua informasi terkait sudah tertera pada laman yang dimaksud. Jika sudah benar lanjut untuk memilih Cari Loc Country Form 2 dan pilih bagian kanan pilih Properties.

  • Dapatkan notifikasi jendela baru

Langkah berikutnya dalam instalasi jaringan adalah memantau notifikasi jendela barunya. Masuklah ke bagian pencarian dan temukan docket Cyberspace Protocol (TCP/IP). 

Lanjut dengan menekan atau klik dua kali pada menu this connectedness uses the masses items. Menu ini biasanya langsung muncul setelah masuk ke dalam jendela barunya.

Anda bisa menunggunya beberapa saat sampai bisa muncul. Namun, jika belum muncul cobalah untuk mengulangi permintaan kemunculan notifikasinya.

  • Atur yang diperlukan

Langkah selanjutnya dalam cara instalasi jaringan LAN adalah mengatur hal-hal atau komponen yang belum sempat diperhatikan. 

Salah satunya terkait IP writing. Anda diminta untuk fokus pada poin kedua Use the stalking IP writing dan melakukan centang dua kali di bagian tersebut. 

Jangan lupa untuk memasukkan IP Accost pada komputer utama begitu juga dengan sambungan lainnya. 

Jangan sampai salah memasukkan kode IP atau bisa mengganggu sambungan yang sudah dibuat.

  • Pengaturan selesai

Anda hanya perlu mengecek apa yang belum diatur sesuai dengan sambungan yang diinginkan. 

Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpan semua pengaturan yang telah dibuat, agar lebih mudah dipantau kesesuaian sambungan yang diinginkan. 

Biasanya setelah selesai pengaturannya akan ada beberapa masalah jaringan dari komputer sambungan lainnya. Hal ini adalah hal yang wajar, jadi bukan menjadi masalah besar.

Penutup Cara Instalasi Jaringan LAN

Jika Anda sedang mencari jasa instalasi jaringan LAN, maka percayakan pada Xpertindo sebagai ahlinya. Kami melayani jasa sambungan jaringan dan pengaturan lainnya yang berkaitan dengan LAN secara profesional, sesuai kebutuhan setiap klien yang datang. 

Anda bisa melakukan konsultasi jaringan yang paling tepat untuk dipakai. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa mengunjungi website kami

Cara instalasi jaringan LAN memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, tanpa adanya ilmu dan pengalaman yang tepat. Jaringan ini membutuhkan ketepatan sambungan yang lebih baik, dan juga kapasitas yang penuh pertimbangan.

Related Posts