Cara Konfigurasi Mikrotik

by admin
cara konfigurasi mikrotik

Setiap orang, terutama perusahaan atau tempat – tempat bisnis, sudah pasti membutuhkan jaringan internet yang aman untuk diakses. Dengan cara konfigurasi mikrotik Anda bisa menjadikan komputer biasa sebagai router network yang handal.

Yang mana bisa mencangkup berbagai macam fitur untuk dibuat jaringan IP (Internet Protocol) serta jaringan nirkabel. Jika Anda memerlukan jasa setting mikrotik, bisa langsung menghubungi Xpertindo.

Apa Pengertian Dan Cara Konfigurasi Mikrotik

Sebelum kami memberikan ulasan mengenai cara konfigurasi mikrotik, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pada Anda mengenai apa itu mikrotik.

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi dan perangkat lunak atau software yang mana digunakan untuk router jaringan. Biasanya, mikrotik ini menggunakan sistem operasi Linux serta menjadi dasar dari network router, yang mana sangat cocok untuk membangun administrasi jaringan dalam komputer baik untuk skala kecil hingga besar.

Cara Konfigurasi Mikrotik

Hal utama yang perlu Anda pahami ialah bahwa mikrotik adalah software yang digunakan. Dan berbeda dengan router yang berperan sebagai hardware atau perangkat kerasnya dalam mengatur jaringan.

Sejarah Mikrotik

Setelah membahas mengenai apa itu mikrotik, kini kami akan menjelaskan pada Anda mengenai sejarahnya. Di mana dulu, mikrotik merupakan sebuah nama dari perusahaan kecil yang ada di Negara Latvia. John Trully dan Arnis Riekstins adalah pendirinya.

Tahun 1966 pertama kali mereka memulai sistem operasi Linux dan MS DOS dengan kombinasi teknologi nirkabel atau berbasis wireless menggunakan LAN atau WLAN Aerot dengan kecepatan hingga 2 Mbps di Moldova.

Dan pada tahapan selanjutnya, mikrotik pun beralih pada pembuatan program router yang handal dan dapat digunakan di seluruh negara.

Jenis Mikrotik

Setelah mengetahui mengenai apa itu mikrotik, kemudian sejarahnya, kami juga akan memberikan ulasan mengenai apa saja jenis mikrotik yang menjadi kebutuhan dalam jaringan komputer.

  • Mikrotik RouterOS

Jenis mikrotik yang pertama ialah RouterOS. Menggunakan sistem operasi berbasis UNIX. Kelebihan dari mikrotik jenis ini ialah menyediakan berbagai macam fitur. Mulai dari paket router, bridge, firewall, proxy server, dan hotspot.

Dengan mikrotik jenis ini, Anda hanya perlu menggunakan sebuah sistem operasi dan dijamin bisa langsung membangun router Anda sendiri.

  • RouterBoard

Untuk jenis mikrotik yang selanjutnya ialah RouterBoard. Dalam penggunaannya diperlukan sistem operasi perangkat lunak atau software, agar RouterBoard yang berukuran kecil dan praktis ini dapat diinstal dengan RouterOS yang sudah terkonfigurasi dengan tepat.

Dalam RouterBoard, terdapat sebuah processor, RAM, ROM, dan flash memory yang memiliki harga cukup terjangkau. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menggunakan mikrotik jenis ini.

Cara Konfigurasi Mikrotik Dengan Beberapa Tahapan

Dalam sebuah mikrotik, sebenarnya sudah terpasang sebuah pengaturan umum. Hanya saja tak jarang sistem ini tidak cocok atau tidak sesuai dengan apa yang Anda gunakan. Oleh karenanya, Anda harus melakukan setting ulang mikrotik agar sesuai dengan kebutuhan yang Anda gunakan.

Adapun cara konfigurasi mikrotik mudah berdasarkan tahapan yang tepat dalam melakukan konfigurasi mikrotik. Berikut kami berikan alasannya untuk Anda!

  • Membuat Topologi Jaringan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam konfigurasi mikrotik ialah membuat topologi jaringan terlebih dahulu. Dengan adanya gambar topologi jaringan, bisa mempermudah Anda dalam merencanakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Setelah itu, Anda dapat menemukan dengan mudah format berbagai macam topologi jaringan. Mulai dari kegunaannya untuk warnet atau warung internet, kemudian untuk hotspot di tempat umum, dan masih banyak lainnya.

Konfigurasi Mikrotik

Dalam membuat topologi jaringan, Anda harus mengkonstruksinya dan mendesainnya dengan baik sesuai kondisi dan situasi yang ada di area Anda memasangnya. Jangan sampai salah dalam proses analisa dan pemasangan! Xpertindo adalah pilihan terbaik untuk jasa konfigurasi mikrotik yang bisa Anda gunakan.

  • Mengatur Alamat IP (Internet Protocol)

Identitas yang terdiri dari angka biner antara 32 bit hingga 128 bit untuk tiap perangkatnya adalah sebuah penjelasan mengenai alamat IP. Supaya bisa terhubung dalam jaringan komputer, baik itu jaringan lokal atau yang lainnya, diperlukan alamat IP agar jaringan bisa mengidentifikasi dan mengenal perangkat.

Jika sudah, maka perlu Anda gunakan Winbox untuk login mikrotik menggunakan Mac-Address. Yang berisikan data ‘user : admin’, dan ‘password, yang hanya perlu dikosongkan saja, atau Anda tidak perlu memasukkan password’. Setelahnya Anda hanya perlu klik remove configuration untuk menghapus konfigurasi bawaan.

Bukalah new terminal pada menu yang ada di samping Winbox dan salin serta tempel script yang sudah tersedia. Aturlah alamat IP pada setiap ether yang ada berdasarkan topologi.

  • Mengatur Gateway Internet Mikrotik

Cara konfigurasi mikrotik yang selanjutnya ialah dengan mengatur gateway internet yang merupakan kebutuhan default gateway ke public dari setiap perangkat komputer atau laptop dan smartphone. Dengan cara menghubungkan modem yang sudah terhubung dengan jaringan internet ke port ether1 untuk jalur koneksi.

Salin script yang tersedia ke new terminal pada Winbox untuk menambahkan default gateway. Jika kamu bisa melakukan ping ke IP public, maka bisa dinyatakan berhasil. Terakhir tambahkan DNS dan aktifkan DNS server agar bisa mengakses domain dalam jaringan internet.

/ip route add gateway=(alamat IP)distance=1 dst-address=0.0.0.0/0

  • Melakukan Network Address Translation Atau NAT

Dalam proses NAT ini, ada fungsi pemetaan alamat IP yang sudah terpasang sebelumnya. Yang mana NAT akan menerjemahkan IP private untuk mengakses host local di internet menggunakan IP public. Dengan begitu, semua perangkat dapat mengakses internet dengan mikrotik router.

Pada tahap terakhir Anda harus menyalin script yang tersedia berikut agar bisa menyelesaikan konfigurasi mikrotik ini.

/ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade

Gunakan Jasa Xpertindo Sekarang Juga!

Sebagai jasa setting jaringan internet, Xpertindo dapat Anda percaya dalam melakukan konfigurasi mikrotik dalam kebutuhan Anda. Tak perlu lagi Anda ragukan jasa kami dalam melakukan konfigurasi mikrotik.

Kami akan menyelesaikan semua keperluan, cara konfigurasi mikrotik pada perangkat Anda dengan baik dan tepat. Tidak akan ada satupun kesalahan yang terjadi ketika Anda menggunakan jasa kami.

Mengapa? Karena Xpertindo adalah jasa yang mementingkan kepuasan pelanggan. Bagi kami, kepuasan pelanggan hanya bisa didapatkan dengan adanya tim profesional dalam setiap pekerjaan yang kami lakukan.

Oleh karena itu, Anda bisa percayakan pada tim kami mengenai cara konfigurasi mikrotik ataupun dalam hal setting jaringan internet lainnya. Semua pegawai dalam tim kami adalah orang – orang yang berpengalaman dan selalu bekerja dengan tepat serta teliti.

Tunggu apalagi? Segera hubungi Xpertindo dan gunakan jasa kami. Anda pasti akan mendapatkan cara konfigurasi mikrotik terbaik dan yang paling tepat tanpa adanya kesalahan. Serta dijamin Anda tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang. Kami menyediakan harga yang sangat terjangkau untuk setiap jasa yang kami berikan pada pelanggan.

Related Posts