Konfigurasi Mikrotik di Winbox

by admin
konfigurasi mikrotik di winbox

Mikrotik merupakan LINUX base yang banyak digunakan sebagai router. Mikrotik juga memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, karena sistemnya dapat dioperasikan melalui Winbox atau dikenal sebagai Windows Application. Sayangnya, banyak orang yang merasa bisa melakukan konfigurasi mikrotik di Winbox agar terhubung ke internet namun hasilnya sia-sia.

Cara konfigurasi mikrotik pada Winbox hingga benar-benar bisa terhubung ke internet membuat banyak orang pusing. Pasalnya, banyak sekali langkah yang harus dilakukan dan diperhatikan agar tak salah langkah dan membuat kesalahan fatal. Sehingga mikrotik tidak bisa terhubung ke internet.

Bagaimana Cara Konfigurasi Mikrotik di Winbox?

Sebelum melakukan langkah demi langkah konfigurasi mikrotik di Winbox, yuk cari tahu dulu apa itu Winbox, fungsi dan kegunaannya.

Winbox merupakan suatu aplikasi yang banyak digunakan untuk konektivitas dan konfigurasi mikrotik melalui MAC address maupun IP mikrotik. Sedangkan fungsi dan kegunaan winbox diantaranya adalah mempermudah administrator dalam mengkonfigurasi mikrotik, memblokir situs atau web yang mencurigakan dan pastinya untuk setting mikrotik mode GUI (Graphical User Interface).

Tak usah berlama-lama, mari cari tahu bagaimana cara konfigurasi mikrotik pada winbox. Pastikan Anda mengikuti cara-cara berikut dengan benar tanpa ada yang terlewati.

Tambah IP Address

Cara menambahkan IP Address, anda harus memasukkan IP Address dan pilih ether 2 di kolom interface. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan mikrotik ke hotspot atau WiFi.

Koneksikan Mikrotik ke Hotspot/ WiFi

Pertama, buka Winbox. Pastikan Anda sudah login terlebih dahulu. Setelah itu, klik menu wireless di samping kiri atas. Lalu pilih mode station dan pilih scan.

Kemudian klik start dan klik nama SSID milik Anda. Lalu pilih connect, setelah itu tutup tab scanner. Jangan lupa ganti password dengan cara klik security profiles dan klik tanda (+) kemudian pilih OK.

konfigurasi mikrotik di Winbox

Jika Anda melihat tanda R berarti wireless mikrotik Anda sudah terkoneksi dengan hotspot atau WiFi. Selanjutnya, buat DHCP Client.

Buat DHCP Client

Buka lagi Winbox, klik IP dan DHCP Client. Lalu masukkan interface yang akan dijadikan DHCP Client. Centang dua kolom dibawahnya. Lalu add default router, kemudian pilih yes.

Uji Koneksi Internet

Buka lagi winbox Anda, klik terminal dan coba ping google.com. Selanjutnya, masuk ke langkah inti agar mikrotik dapat terkoneksi internet yakni dengan masuk ke firewall NAT.

Firewall NAT (Network Address Translation)

Buka winbox, klik IP dan klik lagi firewall lalu pilih NAT. Lalu cari kata Chain dan pilih srcnat. Cari juga kata Out-interface lalu pilih wlan 1 yang disesuaikan dengan interface yang sebelumnya dipakai.

Kemudian klik action dan pilih masquerade pada sisi kanan kolom action.

Setting PC dan Uji Coba Koneksi Internet

Langkah terakhir ini cukup mudah, yakni dengan membuka open control panel, klik network dan internet. Lalu klik network and sharing. Kemudian klik ethernet, lalu klik properties dan klik Ipv4 dan klik lagi properties. Terakhir, lakukan setting IP dan jangan lupa konsultasikan pada Xpertindo untuk mengetahui konfigurasi mikrotik pada winbox sudah berhasil atau belum.

Jika Anda terlalu pusing dan malas serta tidak ada waktu untuk melakukan konfigurasi mikrotik pada winbox, maka Anda dapat langsung menghubungi Xpertindo untuk menggunakan jasa konfigurasi mikrotik pada Winbox pada kami.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Konfigurasi Mikrotik pada Winbox dari Xpertindo?

Karena dengan menggunakan jasa konfigurasi mikrotik pada Winbox dari Xpertindo, maka banyak keuntungan yang didapatkan. Harga yang ditawarkan juga variatif dan terjangkau. ingin tahu lebih lanjut, apa saja keuntungan lainnya?

Yuk, simak beberapa poin keuntungan menggunakan jasa konfigurasi mikrotik pada winbox di bawah ini. 

  • Bergaransi

Penyedia jasa yang memiliki kinerja buruk, sudah pasti tidak akan berani memberikan garansi pada kliennya. Sebagai penyedia jasa jaringan komputer yang handal dan terpercaya, kami sangat mengerti segala kebutuhan klien kami. Sehingga kami tidak akan segan memberikan garansi pada semua klien kami. 

Anda dapat menggunakan garansi yang kami tawarkan setelah Anda selesai melakukan pemesanan kepada kami. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free konsultasi untuk memastikan tidak adanya kendala yang berarti maupun masalah pada konfigurasi mikrotik di winbox yang sudah kami kerjakan.

  • Free Konsultasi

Selain garansi, tentunya kami akan memberikan free konsultasi pada Anda. Hal ini bertujuan agar mikrotik atau barang lain milik Anda dalam penggunaannya bisa awet dan kualitasnya tetap terjaga. Sekali lagi, hal ini dilakukan karena kami paham dan mengerti kebutuhan klien kami.

  • Harga Terjangkau

Tak hanya memberikan garansi dan free konsultasi, beragam jasa yang ada di Xpertindo juga memiliki harga yang variatif dan sangat terjangkau dibandingkan dengan penyedia jasa jaringan komputer lainnya.

Walaupun menawarkan jasa dengan harga yang terjangkau, Xpertindo berusaha memberikan harga terbaik dan bersaing dengan jasa penyedia jasa jaringan komputer lain.

Jadi, itu tadi tiga poin penting mengapa Anda harus menggunakan jasa setting mikrotik di Xpertindo. Karena kami sudah berpengalaman dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan jaringan komputer. Selain itu, kami juga memiliki pekerja yang profesional, bertanggungjawab dan pastinya amanah.

router

Tak heran, jika kami selalu kebanjiran order. Apalagi disaat pandemi tahun lalu. Adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan warganya untuk stay di rumah. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang sadar dan merasakan bahwa kebutuhan akan koneksi internet sangatlah penting.

Dengan banyaknya permintaan jasa pemasangan jaringan internet, hal tersebut menjadi salah satu bukti nyata akan kepercayaan masyarakat terhadap tingkat kepuasan jasa yang kami sediakan. Tak hanya itu saja, banyak pula yang melakukan repeat order untuk dipasangkan jaringan internet di kantornya usai status pandemi berubah menjadi endemik seperti sekarang ini.

Selain menerima jasa konfigurasi mikrotik di winbox, kami juga juga menerima jasa instalasi Server, Cisco, palang pintu otomatis, sistem parkir mall, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer. Jika Anda belum membeli mikrotik, kami juga bisa menyediakannya dengan menghadirkan produk yang terbaik dan terjangkau bagi Anda.

Tak perlu berlama-lama berpikir dan mengambil resiko yang besar, yuk gunakan saja jasa konfigurasi mikrotik di winbox dari Xpertindo. Dengan menggunakan jasa konfigurasi mikrotik dari kami, maka Anda lebih menghemat waktu dan tenaga serta uang. Karena jasa yang kami sediakan bergaransi, jadi Anda tak perlu khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak inginkan.

Lebih lanjut, Anda dapat menghubungi customer service kami yang siap sedia melayani Anda selama 24 jam. Dapatkan pula harga spesial promo dan penawaran lainnya jika Anda memesan disaat waktu tertentu. Untuk itu, pantengin terus akun media sosial dan website resmi kami agar Anda bisa update berbagai promo dan penawaran yang sedang berlaku dari Xpertindo.

Butuh Jasa Konfigurasi Mikrotik di Winbox?

Ngapain susah-susah cari yang tidak pasti, pilih saja Xpertindo. Percayakan saja semuanya pada kami. Anda hanya perlu duduk santai saja, biarkan kami yang urus semua kebutuhan jaringan komputer yang Anda butuhkan.

Related Posts