Cisco Consultant

by admin
cisco consultant

Apakah Anda telah memahami apa itu Cisco? Cisco sendiri merupakan peralatan utama yang sering digunakan pada jaringan WAN (Wide Area Network). Cisco router informasi yang penting dapat disalurkan ke alamat yang letaknya berjauhan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem ini, dibutuhkan cisco consultant yang berperan penting.

Seorang konsultan IT berperan untuk menjembatani antara tim teknisi dan anggota staf yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Konsultan IT nantinya akan menganalisa dan memberi masukkan di bidang IT guna kemajuan perusahaan. Tentunya jasa setting cisco akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

Tugas Cisco Consultant

Lantas apa saja tugas dan peran dari seorang cisco consultant? Walaupun peran dari profesi ini terlihat mudah, kenyataannya tidak demikian. Seorang konsultan IT memiliki peran penting walaupun posisinya berada di balik layar. Dialah yang memastikan pengelolaan jaringan perusahaan berjalan baik dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah beberapa tugas seorang cisco consultant:

  1. Membuat desain jaringan

Seorang cisco consultant berperan dalam pembuatan desain jaringan. Kegiatan pembuatan desain jaringan dilakukan oleh perusahaan yang hendak melakukan perluasan jaringan baru. Seorang konsultan IT bertugas untuk merancang, memahami spesifikasi, dan detail rincian jaringan yang telah didesain.

Cisco Consultant

Detail yang dimaksud yaitu topologi yang hendak digunakan, tipe router yang sesuai, pemilihan switch, berapa panjang kabel, dana yang diperlukan, dan masih banyak lagi. Seorang konsultan IT juga secara tidak langsung memimpin pengadaan peralatan jaringan baru.

  1. Melakukan instalasi dan konfigurasi

Tugas lain dari seorang cisco consultant adalah melakukan instalasi dan konfigurasi. Kegiatan ini dilakukan setelah desain jaringan telah jadi. Proses pemasangan perangkat atau instalasi tentunya tidak akan terlewatkan. Pemasangan perangkat ini disesuaikan dengan desain jaringan yang telah diselesaikan sebelumnya.

Setelah perangkat yang sesuai terpasang, selanjutnya dilakukan proses konfigurasi atau pengaturan awal. Proses ini bertujuan untuk pemberian ID perangkat pada jaringan tersebut. Dalam proses ini, tentunya seorang konsultan harus memastikan semuanya berjalan dengan baik hingga proses berikutnya.

  1. Monitoring jaringan

Cisco consultant juga berperan dalam memonitoring jaringan. Monitoring jaringan dilakukan setelah proses instalasi selesai dan konfigurasi. Seorang konsulat IT wajib memonitoring jaringan yang telah berhasil dibuat. Hal ini bertujuan untuk memastikan jaringan tidak mengalami masalah. Masalah yang dimaksud seperti hilang sinyal atau kendala lainnya.

Dari proses monitoring jaringan ini, nantinya cisco consultant dapat melakukan analisa terhadap masalah yang kerap kali dihadapi oleh sebuah perusahaan. Dari rumusan masalah tersebut, solusi dapat dicari dan ditemukan.

  1. Troubleshooting

Troubleshooting adalah tindakan yang dilakukan seorang cisco consultant ketika menemukan gangguan atau masalah pada suatu jaringan. Contoh permasalahan yang sering dihadapi adalah perangkat mati tiba-tiba, sinyal yang hilang, dan berbagai masalah lainnya. 

Masalah seperti ini umumnya ditemukan pada proses monitoring jaringan. Proses troubleshooting harus bisa menyelesaikan masalah yang terjadi saat monitoring jaringan.

  1. Dokumentasi

Seorang cisco consultant juga bertugas untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang berlangsung. Seperti troubleshooting, mengganti perangkat, bahkan monitoring jaringan juga harus didokumentasikan. Hasil dokumentasi ini diperlukan untuk laporan dan memudahkan dalam proses troubleshooting berikutnya.

Tips Memilih Jasa Cisco Consultant Terbaik

  1. Berpengalaman di bidangnya dan solutif

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa tugas seorang konsultan IT sangat penting. Konsultan IT yang berpengalaman dapat diandalkan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada disertai solusi yang efektif. Seorang konsultan IT yang handal dan berpengalaman akan membuktikan bahwa diri mereka mampu mengelola jaringan perusahaan Anda dengan baik.

  1. Memiliki banyak mitra kerja

Tips berikutnya yaitu carilah jasa cisco consultant yang memiliki banyak mitra kerja. Banyaknya kerja sama dengan mitra kerja membuktikan bahwa konsula IT tersebut terpercaya. Tidak hanya klien yang merasa puas dengan pelayanan konsultan IT tersebut, tapi juga beberapa mitra yang bekerja sama.

  1. Kualitas portofolio

Portofolio merupakan aset penting dalam menarik minat klien. Tenaga kerja yang memiliki portofolio baik selama berkarir tentunya akan membuat klien percaya terhadap hasil kerja konsultan IT tersebut. Dalam portofolio tidak hanya mencantumkan berapa lama konsultan IT tersebut berdiri. Namun juga prestasi dan keunggulan dari konsultan IT tersebut.

consultant

  1. Mampu memenuhi kebutuhan secara spesifik

Diharapkan seorang cisco consultant dapat memberikan penyelesaian masalah yang spesifik dan efektif. Seorang konsultan IT harus mampu mengidentifikasi suatu permasalahan dan memberikan solusi yang tepat. Seorang konsultan berperan penting dalam kemajuan suatu perusahaan.

  1. Memiliki formasi tim profesional

Seorang konsultan IT harus mampu menempatkan masing-masing individu sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kerjanya. Dengan terisinya masing-masing peran yang sesuai, tim dapat berjalan dengan baik. Kerja sama yang baik akan membuat tim dengan mudah menyelesaikan berbagai kendala serta permasalahan yang ada.

Jasa Xpertindo

Xpertindo dapat menjadi solusi Anda terkait permasalahan setting cisco. Beberapa layanan yang kami berikan di antaranya adalah instalasi jaringan, maintenance jaringan bulanan, managed services dan jasa network consultant.

  1. Jasa instalasi jaringan

Kami melayani jasa instalasi jaringan menggunakan perangkat jenis cisco atau tipe apapun. Jasa yang kami sediakan di antaranya adalah:

  •  Jasa konfigurasi router enterprise
  •  Jasa konfigurasi router service provider
  •  Jasa konfigurasi switch
  • Jasa konfigurasi access point
  • Jasa konfigurasi cisco firewall ASA
  • Jasa konfigurasi cisco ACI
  • Jasa lain yang Anda perlukan

Tim kami berpengalaman dan bekerja secara profesional. Pengerjaan instalasi jaringan selesai tepat waktu dan sesuai deadline yang telah disepakati dengan klien. Tidak hanya instalasi produk cisco, kami juga menyediakan jasa instalasi produk IT lain seperti mikrotik, jumper, dan masih banyak lagi.

  1. Jasa maintenance jaringan bulanan

Kami juga menyediakan jasa maintenance jaringan bulanan. Tim kami akan secara rutin melakukan maintenance pada jaringan Anda. Tim kami akan melakukan preventive maintenance dan corrective maintenance pada jaringan Anda. Kegiatan maintenance rutin ini akan menjamin jaringan Anda berjalan dengan baik tanpa masalah dan kendala yang tak diharapkan.

  1. Jasa managed services

Anda dapat menyerahkan management jaringan pada tim kami. Tim kami akan mengelola dan menjaga jaringan Anda dengan best practice yang berpengalaman dari tim kami. Anda tidak perlu ambil pusing lagi memikirkan cara agar jaringan tetap normal. Dengan menyerahkan management jaringan Anda pada kami, Anda dapat fokus ke inti bisnis milik Anda. 

Kami menawarkan beberapa model managed services yang dapat Anda pilih:

  • Full remote support
  • Remote support, on site 1 minggu sekali
  •  Full on site support
  • Support 7×24
  • Suport 5×8
  1. Jasa consultant IT jaringan

Jasa yang tak kalah menarik lainnya adalah jasa konsultan IT dari Xperindo. Kami menyediakan jasa konsulat terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tim kami akan melayani konsultasi IT baik online maupun on site. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan klien.

  1. Jasa setting cisco

Layanan terakhir yakni jasa setting cisco untuk perusahaan Anda. Tim kami dengan senang hati membantu mengatasi permasalahan Anda terkait setting cisco. Anda dapat menghubungi kami di kontak person yang ada pada website resmi kami.

Nah, itulah berbagai layanan terbaik dari Xpertindo. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi tim kami. Jangan ragu untuk memakai jasa cisco consultant dari Xpertindo!

Related Posts