Jasa Maintenance Data Center

by admin

Dalam mengelola sebuah data center, tidak hanya mempertimbangkan tingkatan serta komponen-komponen, tapi Anda juga harus bisa mengelola dan memelihara data center tersebut. Xpertindo menyediakan jasa maintenance data center profesional dan berpengalaman agar data center perusahaan Anda dapat beroperasi dengan maksimal.

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan data center dari Xpertindo, maka jangan ragu lagi untuk mempercayakan kami dalam menangani pengelolaan serta pemeliharaan data center Anda. Dengan pemeliharaan dari tenaga ahli kami, dapat mengurangi kendala atau masalah serius yang bisa muncul kapan saja pada data center.

Maintenance atau pemeliharaan data center menjadi salah kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena data center beroperasi selama 24 jam, tentu kondisinya harus dicek berkala agar komponen-komponennya tidak bermasalah. Kali ini, kami akan membagikan informasi menarik terkait pemeliharaan yang penting bagi data center.

Pentingnya Jasa Maintenance Data Center

Data center merupakan salah satu kebutuhan dan infrastruktur yang penting bagi perusahaan. Karena memuat berbagai informasi yang dibutuhkan perusahaan, data center harus dikelola dan dipelihara dengan baik agar tidak mengalami kerusakan yang mengakibatkan terganggunya bisnis Anda.

Downtime pada data center juga sebisa mungkin harus dihindari karena dapat mendatangkan banyak kerugian. Downtime dapat terjadi ketika mati listrik, sehingga untuk mengantisipasinya, Anda bisa menyediakan generator cadangan agar listrik dapat tetap dialirkan.

jasa maintenance data center

Kerusakan yang terjadi jika data center mengalami downtime adalah data-data yang disimpan rusak, kinerja komponen data center mengalami penurunan atau terhambat, dan  kerusakan lainnya. Pemeliharaan data center berguna untuk mengantisipasi kerusakan tadi agar tidak terjadi.

Pemeliharaan data center juga dapat menjaga stabilitas perusahaan, apalagi untuk yang bergerak di bidang IT atau digital. Data center dengan kualitas yang baik juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Selain itu, maintenance data center yang baik dapat mengantisipasi dan mencegah risiko yang merugikan ketika muncul masalah tak terduga pada perusahaan. Misalnya perusahaan menghadapi masalah internal atau eksternal, seperti krisis ekonomi atau bencana alam. 

Dengan kondisi yang baik dan cadangan yang memadai, data center dapat terus beroperasi meski kondisi perusahaan mengalami sedikit masalah.

Data dan informasi penting milik perusahaan dapat tersimpan dengan aman dan dapat diakses dengan mudah sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Jadi, itulah pentingnya mengelola dan memelihara data center agar selalu dalam kondisi yang baik dan beroperasi secara maksimal.

Jasa Maintenance Data Center dan Cara Pemeliharaannya dengan Benar

Dalam memelihara data center dengan benar, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Berikut ini kami akan menjelaskan cara memelihara data center secara umum.

  • Utamakan Keselamatan Teknisi

Data center berkaitan dengan sistem kelistrikan, yang apabila mengalami error misalnya terjadi arus pendek, korsleting, atau tersengat arus listrik, yang dapat membahayakan teknisi bahkan perusahaan.

Untuk itu, teknisi yang melakukan pemeliharaan data center harus dilengkapi dengan alat-alat pendukung. Pastikan juga untuk mempelajari dokumentasi seluruh komponen dan riwayat pemeliharaan yang pernah dilakukan.

  • Memastikan Kondisi Perangkat Pendukung

Pada infrastruktur  data center, terdapat beberapa perangkat pendukung, seperti UPS, genset, baterai, dan PAC yang penting untuk diawasi. Agar seluruh perangkat dapat beroperasi dengan optimal, pemeliharaan data center dapat dilakukan secara berkala.

Caranya dengan membuat jadwal pemeliharaan rutin, misalnya untuk setiap bulan. Catatan berupa skema atau evaluasi hasil pemeriksaaan ketika tiap kali melakukan pemeliharaan juga dapat berguna nantinya untuk mengawasi perangkat atau mendeteksi kesalahan jika ada perangkat yang mengalami kerusakan.

  • Mengatur Sistem Perkabelan

Berbicara tentang data center, tentu tidak lepas dari sistem perkabelan yang menjadi salah satu komponen penting. Sistem perkabelan ini tentu perlu pengaturan yang tepat agar tidak memberikan dampak buruk pada infrastruktur data center.

Penataan kabel harus dibuat rapi bahkan sistematis. Anda bisa menggunakan label atau kode warna untuk memudahkan ketika dilakukan maintenance pada data center. Penempatan kabel pun perlu diperhatikan, jangan menggabungkan beberapa kabel yang dapat memicu gangguan pada listrik.

data center

Gunakan kabel dengan ukuran yang sesuai dengan tata letak data center, agar tidak memakan tempat dan memperumit tata letaknya.

  • Menjaga Kebersihan Data Center

Pemeliharaan data center juga mencakup kebersihan seluruh komponen atau perangkatnya. Debu-debu yang menempel pada perangkat, jika dibiarkan terlalu lama hingga menebal, dapat menghambat performa dari perangkat itu sendiri.

Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu untuk mengusir debu-debu yang membandel yang biasanya terdapat di sela-sela perangkat. Pada ruang data center biasanya juga dipasang AC yang selain untuk menjaga temperatur ruangan, juga untuk menyedot debu yang berterbangan.

  • Tenaga Ahli yang Berpengalaman

Pemeliharaan data center tentunya membutuhkan teknisi ahli yang telah berpengalaman dalam mengelola dan memelihara seluruh komponen pada data center. Teknisi berpengalaman pastinya sudah paham dengan prosedur pemeliharaan data center, bahkan sudah banyak kali mengatasi permasalahan yang muncul pada data center.

Karena itu, Anda membutuhkan teknisi profesional dan berpengalaman agar pemeliharaan data center dapat dilakukan dengan tepat. Sehingga kerusakan atau gangguan pada komponen atau perangkat dapat diselesaikan dengan baik.

Jasa Maintenance dari Xpertindo

Data center yang menjadi kebutuhan dan hal yang penting bagi perusahaan ini, tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Untuk menangani segala hal terkait data center, mulai dari pembuatan, pengelolaan, hingga maintenance atau pemeliharaan, Anda harus memastikan teknisi yang menanganinya memiliki keahlian dan pengalaman yang mumpuni.

Xpertindo menyediakan jasa maintenance data center dengan teknisi ahli dan berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menangani serba-serbi pengelolaan data center. Karena itu, kami akan dengan sigap melayani Anda jika terdapat suatu masalah yang muncul pada data center.

Namun sebelum masalah itu muncul, dengan pemeliharaan yang baik, kami akan mengoptimalkan pemeriksaan yang dilakukan secara berkala dan rutin.

Evaluasi dan skema hasil pemeriksaan akan kami himpun agar ketika terjadi kerusakan pada perangkat, kami dapat memberikan perbaikan yang tepat sehingga data center dapat beroperasi seperti semula.

Bagi kami, manajemen waktu juga menjadi hal yang penting dalam pemeliharaan data center. Setiap data center memiliki downtime tersendiri berdasarkan tingkatannya. Untuk mengantisipasi hal itu, kami akan mengatur pemeliharaan agar dapat diselesaikan tepat waktu.

Kami juga akan selalu memastikan pengelolaan dan pemeliharaan data center dilakukan dengan prosedur yang tepat dan aman. Sehingga kami dapat mengurangi risiko kerusakan data center dan tak lupa mengutamakan keselamatan para teknisi.

Sebelum memesan jasa maintenance data center kami, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim CS kami melalui telepon, Facebook, Instagram, atau Whatsapp kami yang sudah tertera di halaman utama situs Xpertindo.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa maintenance data center dari Xpertindo, Anda bisa mengakses halaman penawaran kami di Xpertindo.net dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Related Posts