Jasa Pembuatan Data Center

by admin
jasa pembuatan data center

Di tengah kebutuhan sistem jaringan komputer yang semakin canggih, hadirnya jasa pembuatan data center akan bisa sangat membantu dalam penggunaan jaringan skala besar, seperti pada perusahaan atau kampus.

Data center atau pusat data sangat dibutuhkan untuk menempatkan semua perangkat penting dalam penggunaan jaringan komputer, seperti server, sistem operasi, dan data.

Dengan adanya data center, tidak perlu khawatir lagi karena semua perangkat jaringan komputer akan bisa terus beroperasi dengan maksimal selama 24 jam.

Kebutuhan akan Jasa Pembuatan Data Center yang Berkualitas

Di Indonesia sendiri, kebutuhan akan jasa pembuatan data center juga semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan sistem jaringan komputer yang semakin meningkat.

Salah satu sektor yang akan membutuhkan adanya data center adalah sektor bisnis online yang semakin berkembang, apalagi untuk bisnis besar dengan aplikasi dan website yang harus mewadahi hingga jutaan transaksi setiap harinya. 

data center

Tidak hanya bisnis besar saja, beberapa bisnis kecil dan menengah pun bisa mulai membuat data center untuk memastikan sistem operasional bisnis tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Data Center

Karena perannya yang sangat krusial, proses pembuatan data center tidak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk mendapatkan data center yang berkualitas dengan performa yang optimal, Anda bisa mempercayakan pembuatannya melalui jasa buat data center yang dikerjakan oleh ahli-ahli berpengalaman dan bersertifikasi.

Tapi sebelum itu, Anda juga perlu tahu beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan data center berikut ini:

  • Kecepatan Processor

Walaupun digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah banyak sekalipun, sebuah data center yang baik tetap harus ditunjang dengan processor yang senantiasa cepat dan stabil supaya tidak menghambat kinerja penyimpanan dan pemrosesan data. 

  • Kapasitas Memori

Ini adalah salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam pembuatan data center. Kapasitas memori yang tersedia di dalam data center haruslah bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan semua data yang diperlukan. Bahkan jika perlu, bisa disisakan ruang kosong supaya sistem operasional tetap bisa bekerja dengan baik.

  • Komputer Server

Perangkat komputer server bisa dibilang adalah inti yang menjamin berjalannya sistem pada data center. Jumlah komputer server bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biasanya untuk jaringan komputer dengan data yang banyak dan besar bisa membutuhkan hingga 3 komputer atau lebih. 

Setiap komputer server ini nantinya akan memiliki peran yang berbeda-beda, mulai dari untuk penyimpanan database sampai untuk keperluan backup data. 

  • Kualitas Jaringan Internet

Di dalam penggunaannya, data center akan menjadi fasilitas berlangsungnya banyak proses seperti pengiriman dan penyimpanan data dengan ukuran yang besar. Proses seperti ini tidak akan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya jaringan internet yang berkualitas.

Disarankan menggunakan provider layanan internet yang bisa menyediakan akses internet dengan kecepatan yang tinggi dan stabil, supaya pelaksanaan kerja data center secara operasional tidak terganggu.

  • Bandwidth yang Besar

Untuk jaringan komputer atau website yang berat dengan banyak traffic dan fitur, jasa pembuatan data center biasanya akan menyarankan untuk menggunakan bandwidth yang besar supaya sistem bisa bekerja dengan baik dan optimal. 

Salah satu contoh yang membutuhkan data center dengan bandwidth besar adalah website e-commerce atau toko online dengan pengunjung yang banyak, fitur yang beragam, dan transaksi yang tanpa henti dilakukan setiap hari.

  • Sistem Keamanan

Karena berisikan perangkat, data, dan informasi-informasi yang penting, sudah selayaknya data center dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, baik secara fisik maupun non-fisik. Keamanan secara fisik bisa dipenuhi dengan menerapkan sistem penjagaan dan tidak mengizinkan sembarang orang memasuki data center.

jasa pembuatan data center

Sementara untuk pengamanan secara non-fisik bisa dilakukan untuk menghindari peretasan dan pencurian informasi dari hacker dan orang-orang tidak bertanggung jawab lainnya.

  • Sistem Penanganan Keadaan Darurat

Dalam prakteknya, lokasi data center bisa saja mengalami keadaan-keadaan darurat yang tidak terduga dan mengancam berbagai aset penting yang ada di dalamnya. Beberapa contohnya adalah adanya bencana alam, terror bom, kerusuhan, dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi kehilangan atau kerusakan yang besar, setiap data center sebaiknya dilengkapi dengan sistem penanganan keadaan darurat yang memadai, seperti ruang backup data atau bahkan lokasi data center cadangan.

  • Sumber Energi Listrik

Berjalannya sistem operasional data center akan sangat bergantung pada sumber energi listrik. Jadi, sebaiknya disiapkan sumber energi yang memadai sesuai dengan kebutuhan. Disarankan juga untuk mempersiapkan keadaan darurat, seperti misalnya ada pemadaman listrik atau kerusakan gardu listrik. Anda bisa menyiapkan genset atau sumber listrik cadangan supaya operasional data center tidak terganggu.

  • Sistem Pendingin

Karena harus terus beroperasi selama 24 jam non-stop, semua perangkat di dalam data center memiliki risiko untuk menjadi terlalu panas. Jika tidak segera diatasi dengan sistem pendingin, dampaknya bisa merusak perangkat dan akhirnya mempengaruhi operasional data center.

Dalam memilih sistem pendingin, sebaiknya Anda memilih sistem yang hemat energi supaya biaya listrik Anda tidak membengkak. Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah memanfaatkan penempatan dan sirkulasi udara pada bagian rak, baik itu cold maupun hot aisle.

  • Lokasi Data Center

Selain faktor-faktor teknis seperti di atas, faktor pemilihan lokasi data center itu sendiri juga tidak bisa diabaikan. Luas lokasi data center sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, selain itu keamanannya juga harus selalu terjaga 24 jam untuk menjamin sistem operasional data center tetap berjalan dengan baik tanpa gangguan.

Demi menghemat biaya, belakangan ini muncul inovasi berbagai jasa penyewaan lokasi data center, sehingga Anda tidak perlu keluar biaya untuk membeli tempat yang baru.

  • Perawatan atau Maintenance

Proses pembuatan data center belum selesai hanya dengan pembuatan dan penggunaan di awal saja, masih ada proses perawatan dan maintenance yang harus terus dilakukan. Idealnya, proses maintenance sebaiknya dilakukan secara berkala, tidak hanya ketika ada kerusakan saja. Ini bisa membantu mencegah kerusakan yang parah pada perangkat sekaligus mengecek performanya dari waktu ke waktu.

Memilih Jasa Pembuatan Data Center yang Berkualitas

Selain beberapa faktor penting di atas, satu hal lagi yang tidak bisa Anda lupakan sebelum membuat data center adalah memilih jasa pembuatan data center yang berkualitas.

Xpertindo sudah memiliki pengalaman di dunia jaringan dan infrastruktur komputer selama lebih dari 10 tahun. Kami sudah melayani berbagai kebutuhan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dari tim engineer kami yang berpengalaman dan bersertifikasi.

Tim engineer kami sudah memiliki beberapa sertifikasi tingkat internasional seperti:

  • CCNP Enterprise
  • CCIE Enterprise
  • CCNP Security
  • CCNP Service Provider
  • CCNP Data Center
  • CCNA

Tunggu apa lagi, jasa pembuatan data center yang terbaik dan berkualitas tentunya hanya di Xpertindo!

Kunjung website resmi kami pada link berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts