Mikrotik Consultant

by admin
mikrotik consultant

Saat ini, jasa setting mikrotik dan mikrotik consultant mulai banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi bagi Anda yang menginginkan mikrotik yang dimiliki langsung digunakan tanpa repot dan susah, Anda sangat membutuhkan jasa tersebut untuk membantu.

Kebutuhan akan jaringan internet saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya perseorangan tetapi kelompok atau perusahaan pun juga membutuhkannya. Dengan internet, kita bisa mengakses segala hal dimana dan kapan saja kita inginkan. Untuk terhubung dengan internet, kita membutuhkan router yang berfungsi untuk mengirim paket data dan jaringan komputer dari satu perangkat ke perangkat lainnya atau sebagai jembatan antara dua jaringan. 

Namun, untuk mengoperasikan router Anda perlu menggunakan sistem operasi khusus, salah satunya adalah mikrotik. Tahukah Anda tentang mikrotik? Mikrotik merupakan sistem operasi yang berfungsi untuk mengoperasikan router jaringan. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya, jenis-jenis mikrotik, fungsi, dan cara pengaturannya. Tenang saja, berikut kami akan menyajikannya untuk Anda di bawah ini. 

Pengertian Mikrotik Consultant

Mikrotik adalah suatu sistem operasi yang memiliki fungsi untuk mengoperasikan router pada jaringan. Sedangkan router sendiri merupakan berfungsi untuk mengirim paket data dan jaringan komputer dari satu perangkat ke perangkat lainnya atau sebagai jembatan antara dua jaringan. Mikrotik biasanya digunakan untuk sebagai kepentingan administrasi jaringan komputer. Mikrotik merupakan suatu sistem operasi yang ringan dan sederhana. 

Mikrotik Consultant

Sistem operasi ini termasuk jenis software open source atau gratis dan banyak digunakan oleh Internet Service Provider (ISP), provider hotspot, warung internet atau yang biasa disebut warnet, dan di tempat lainnya. Fitur yang dimiliki oleh mikrotik antara lain bandwidth management, hotspot for plug-and-play-access, stateful firewall, remote winbox GUI admin, dan routing. 

Bagi Anda yang menginginkan untuk menggunakan mikrotik tanpa perlu repot-repot mengkonfigurasi dan memusingkan caranya bagaimana, serta ingin langsung memakainya, Anda dapat menggunakan layanan jasa mikrotik consultant. Dengan menggunakan mikrotik consultant tersebut, mikrotik Anda akan dikonfigurasikan dengan aman oleh ahlinya.  

Jenis – Jenis Mikrotik

Mikrotik sendiri memiliki dua jenis utama, antara lain Mikrotik RouterOS, dan Routerboard. Selengkapnya, Anda dapat mempelajari pembahasan dari kami di bawah ini:

  • Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang berbasis UNIX dan menyediakan fitur router, hotspot, bridge, firewall, dan fitur lainnya. Mikrotik jenis ini mudah digunakan sehingga banyak yang menggunakannya. Mikrotik jenis ini juga mudah dan ringan digunakan pada sistem operasi yang berbasis  LINUX.

  • Routerboard

Berikutnya Routerboard merupakan hardware jaringan yang telah diinstall sistem operasi Mikrotik RouterOS di dalamnya. Mikrotik RouterOS di dalam routerboard tersebut berfungsi sebagai untuk bandwidth management, Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS) server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan. Routerboard memiliki ukuran kecil yang terdiri dari processor, Random Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM), dan memory flash

Dengan menggunakan Routerboard, Anda tidak perlu bergantung pada komputer atau PC saat menjalankan router, seperti pada pembahasan sebelumnya karena fungsi router tersebut sudah tertanam di dalamnya. Routerboard lebih ekonomis dan hemat biaya karena hanya membutuhkan daya sekitar 2,5 watt untuk penggunaannya.Selain itu,  proses instalasi yang dilakukan cukup mudah, karena hanya mengatur router dan jaringan yang digunakan saja. Juga spesifikasi yang dibutuhkan oleh jenis mikrotik ini  tidak tinggi. 

Fungsi dari Mikrotik

Setelah mengetahui apa itu mikrotik dan mikrotik consultant, serta jenis-jenis, Anda dapat memahami fungsi-fungsinya yang kami sajikan di bawah ini.

  • Konfigurasi pada jaringan lokal

Mikrotik dapat melakukan pengaturan dan konfigurasi pada Local Area Network atau yang biasa disebut LAN.

  • Kemudahan mengelola jaringan 

Di mikrotik, konfigurasi jaringan internet dilakukan secara terpusat, sehingga memudahkan Anda dalam mengelola jaringan tersebut. 

  • Sebagai hotspot

Seperti pada poin 1, mikrotik dapat melakukan konfigurasi pada jaringan lokal. Selain itu juga dapat membagi bandwidth setiap jaringan komputer dan memisahkan traffic dari bandwidth tersebut dari data internasional maupun lokal.

  • Internet gateway pada jaringan lokal

Mikrotik memiliki beberapa fungsi sebagai internet gateway, antara lain sebagai penghubung beberapa jaringan LAN, mengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar dengan router, serta pengatur konten dari internet yang dapat dilihat oleh klien.  

  • Pembuatan PPpoE server

Mikrotik ini dapat membuat Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPpoE) yang berfungsi dalam enkapsulasi Point-to-Point Protocol frame di dalam frame Ethernet. 

  • Jembatan atau penghubung antar jaringan

Seperti pada pembahasan sebelumnya, mikrotik merupakan salah satu sistem operasi untuk mengoperasikan router. Sehingga melalui router tersebut, mikrotik dapat berfungsi sebagai jembatan atau penghubung antar jaringan serta menentukan jalur terbaik dan tercepat ke alamat tujuan. 

Cara Pengaturan Mikrotik

Untuk dapat menghubungkan mikrotik dengan internet, Anda harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu terhadap IP address, default route, Network Address Translation (NAT) masquerade, DNS server, bridging, dan DHCP server.

Setelah konfigurasi telah dilakukan, langkah selanjutnya Anda dapat mengatur IP address pada interface atau tampilan antar muka yang terhubung dengan ISP, kemudian masukkan IP address di dalamnya. Jika sudah dilakukan, Anda dapat melakukan tes dengan melakukan PING pada IP ISP. 

Engineer

Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan cara berikut, yaitu masuk ke menu Terminal lalu ketik PING dan IP address. Lalu konfigurasi default route dengan ISP IP address. Selanjutnya, Anda dapat kembali ke menu Terminal untuk pengujian koneksi internet. 

Setelah selesai, Anda dapat mengatur DNS server ke server Google, kemudian masukkan IP address Anda. Langkah terakhir, lakukanlah kembali pengujian dengan melakukan PING pada keseluruhan pada Uniform Resource Locators (URL).

Jasa Mikrotik Consultant dari Xpertindo

Pada pembahasan sebelumnya pada cara pengaturan mikrotik, terlihat cukup merepotkan dengan langkah-langkah yang panjang tersebut. Jika Anda tidak ingin repot dan langsung dapat menggunakannya dengan mudah, Anda dapat menggunakan jasa mikrotik consultant untuk menangani permasalahan yang dimiliki. 

Xpertindo hadir dengan memberikan solusi kepada Anda untuk jasa mikrotik consultant dengan profesional serta terpercaya. Dengan Xpertindo mikrotik consultant dapat menangani permasalahan yang Anda miliki terkait mikrotik  dan mendapatkan hasil yang maksimal. Anda tidak perlu repot-repot memusingkan proses konfigurasi mikrotik. 

Kenapa Menggunakan Jasa Mikrotik Consultant dari Kami? 

Xpertindo memiliki tim mikrotik consultant yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai pekerjaan konfigurasi mikrotik, mulai dari warnet, RT RW NET, kos-kosan, kantor swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu kami juga telah memiliki sertifikasi resmi oleh mikrotik dari MTCNA hingga MTCINE (expert level). 

Kami juga dapat melakukan sharing knowledge dan tanya jawab jika Anda membutuhkannya hingga Anda merasa  puas dan telah menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Kami akan memberikan garansi selama satu bulan kepada Anda jika menggunakan jasa kami. Jadi, percayakanlah mikrotik consultant kepada kami. Nah itulah pembahasan dari kami mengenai mikrotik consultant untuk Anda. 

Xpertindo di bawah naungan PT Apixnet Global Teknologi bergerak di bidang IT Network Solution, mikrotik consultant dan telah memiliki pengalaman dalam menangani proyek jasa setting mikrotik, jasa setting peralatan IT / Jaringan Komputer baik di dalam dan luar negeri. Jika Anda tertarik untuk menikmati layanan kami, Anda dapat menghubungi kontak kami pada website xpertindo.

Related Posts