Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

by admin
konfigurasi firewall pada mikrotik

Mungkin Anda adalah orang yang belum mengerti tentang IT atau berbagai hal tentang teknologi yang rumit. Terlebih lagi pada hal seperti cara konfigurasi firewall pada mikrotik. 

Namun Anda tidak perlu bingung, berikut akan dijelaskan cara-cara mudah untuk mengkonfigurasi firewall pada Mikrotik. Bahkan, jika cara dibawah tidak membantu karena dirasa masih rumit, Anda bisa mempercayakan Xpertindo sebagai solusinya.

Mengenal Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Sebelum Anda mengetahui cara konfigurasi mikrotik, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang firewall. 

Firewall memiliki definisi sebagai perangkat yang digunakan untuk memeriksa atau mengganti jaringan dari paket data. Sedangkan fungsinya berguna untuk melindungi sebuah jaringan dari jaringan lain atau outside network. Keamanan yang ada di dalamnya dapat mengelola data menggunakan router.

Firewall sendiri memiliki keterkaitan dengan keamanan jaringan komputer. Dengan demikian,  konfigurasi firewall pada mikrotik bisa dikatakan sangat penting untuk dilakukan.

Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Jaringan lokal Anda akan dapat dilindungi dari serangan internet, termasuk melindungi host firewall. Sistem keamanan jaringan ini melindungi komputer dengan memberi otorisasi pada setiap lintasan jaringan. Sehingga firewall dapat mencegah terjadinya kesalahan jaringan pada komputer Anda.

Firewall bisa berbentuk sebagai perangkat lunak atau aplikasi, bisa juga berbentuk sebagai perangkat keras. Firewall sejatinya digunakan untuk meminimalisir resiko keamanan pada jaringan. Jika digunakan dengan cara yang benar, firewall akan mendapatkan peran penting untuk menjaga keamanan.

Fungsi dari firewall akan dapat berjalan dengan baik jika menambahkan beberapa rule. Misalnya seperti Chain, parameter yang berguna untuk memanage fitur pada firewall agar tetap berjalan dengan baik. Termasuk untuk membantu konfigurasi firewall pada mikrotik berjalan dengan baik.

Terdapat beberapa jenis trafik dalam firewall, misalnya Filter Rules, Forward, Input, Output, NAT (Network Address Translation), Prerouting, Postrouting, Mangle dan lainnya. Beberapa jenis trafik tersebut sangat penting dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Akan terdapat beberapa masalah yang ada dalam firewall. Saat mendeteksi masalah yang ada dalam jaringan ketika Anda menguji perangkat atau aplikasi dengan pemberian izin atau akses.

Langkah Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik

Firewall mengontrol dan mengawasi akses jaringan pada Alamat IP komputer dan Port TCP/UDP serta tujuannya. Informasi mengenai hasilnya akan secara otomatis tersimpan. File Transfer Protocol juga dikendalikan oleh firewall agar file tidak terkirim ke jaringan lain walaupun tidak disengaja.

Sementara Mikrotik adalah sebuah sistem operasi atau bisa juga disebut sebagai perangkat lunak. Mikrotik digunakan untuk menjadi router network pada komputer.  Terdapat berbagai macam konfigurasi firewall.

  1.     Forward

Forward digunakan sebagai alat untuk memproses trafik pada paket data lewat router. Misalnya saat melakukan pencarian atau browsing, trafik komputer akan dimanaged oleh firewall menggunakan forward.

  1.     Input

Input digunakan sebagai alat untuk memproses trafik melalui interface yang ada dalam router. Misalnya saat Anda mengakses router menggunakan webfig dan lainnya. Input ini memiliki tujuan seperti alamat IP yang terdapat pada router.

  1.     Output

Output adalah alat yang digunakan untuk memproses trafik yang keluar dari router. Misalnya saat Anda melakukan ping pada IP Google dari new terminal Winbox.

firewall

Cara untuk mengkonfigurasi firewall pada Mikrotik pada dasarnya mudah. Anda bisa bertanya atau belajar pada orang lain yang berpengalaman di bidang IT untuk membantu Anda. Bisa juga dengan belajar secara otodidak pada buku atau video tutorial yang banyak diberikan oleh orang-orang.

Berikut adalah cara konfigurasi firewall di mikrotik yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

  • Login pada Winbox

Pertama, Anda harus login terlebih dahulu pada Winbox. Layar akan menampilkan UI Winbox beberapa detik kemudian, pastikan signal atau internet Anda dalam keadaan baik. Setelah itu buka navigasi IP pada layar.

  • Klik Firewall

Setelah Anda membuka navigasi IP, layar akan menampilkan pilihan Firewall yang harus Anda klik atau pilih. Tampilan akan berubah dan langsung buka pada pilihan Layer 7 Protocols. Setelah itu klik tombol plus atau tambah (+) berwarna biru untuk menambahkan yang baru.

  • Konfigurasikan

Masukkan nama dan masukkan juga alamat website pada kolom Regexp. Setelah memastikan Anda mengisi dengan benar, klik tombol Apply dan OK. Data yang telah Anda isi akan langsung tersimpan.

  • Buka Filter Rules

Setelah membuka Filter Rules, klik tombol plus (+) untuk menambahkan rule. Setelah itu akan terbuka tampilan untuk New Firewall Rule. Konfigurasikan dengan cara klik pilihan Action kemudian klik Drop.

  • Klik Advanced

Akan muncul tampilan Layer 7 Protocols dan tab Advanced, klik dan masukkan nama Firewall Layer 7 Protocols. Setelah itu akan ada tab General pada menu Chain, kemudian klik Forward. Jika sudah selesai, klik Apply dan OK agar data tersimpan.

Cara konfigurasi firewall di mikrotik di atas sudah selesai dan Anda dapat melakukannya dengan mudah. Hanya saja lakukan dengan benar agar data yang tersimpan valid. Ikuti tutorialnya dengan benar agar Anda tidak perlu mengulanginya karena melakukan kesalahan.

Xpertindo, Solusi Jaringan Anda

Anda tidak perlu khawatir jika tidak mau repot untuk mengkonfigurasi firewall sendiri, atau mungkin tidak bisa melakukannya. Xpertindo bisa melakukannya untuk Anda, karena Xpertindo juga menyediakan jasa tersebut dengan pelayanan yang profesional.

Banyak keunggulan yang bisa Anda peroleh jika mempercayakan jasa setting mikrotik di tempat kami, yakni di Xpertindo. Beberapa keunggulan dari layanan kami di antaranya adalah :

1. Jasa Setting Mikrotik yang Tersertifikasi

Tim Xpertindo telah bersertifikasi resmi secara internasional dan memiliki banyak pengalaman dalam dunia IT Jaringan. Mereka bisa dengan mudah melayani berbagai jenis setting Mikrotik termasuk layanan konfigurasi firewall pada mikrotik.

Beberapa sertifikasi Mikrotik yang dimiliki Xpertindo adalah :

a)      Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA)

b)      Mikrotik Certified User Management Engineer (MTCUME)

c)      Mikrotik Certified IPV6 Engineer (MTCIPV6E)

d)      Mikrotik Certified Routing Engineer (MTCRE)

e)      Mikrotik Certified Traffic Control Engineer (MTCTCE)

f)       Mikrotik Certified Wireless Engineer (MTCWE)

g)      Mikrotik Certified Security Engineer (MCSE)

h)      Mikrotik Certified Enterprise Wireless Engineer (MTCWE)

i)       Mikrotik Certified Inter-Networking Engineer (MTCINE)

2. Memberikan Layanan Terbaik

Terdapat banyak layanan yang bisa sangat bermanfaat bagi Anda, seperti jasa setting bergaransi. Xpertindo memberikan garansi dan konsultasi selama 1 bulan. Layanan instalasi jaringan dan managed services Xpertindo akan sangat membantu Anda.

3. Tim Berpengalaman

Pelayanan terbaik diberikan karena engineer Xpertindo sudah berpengalaman di bidang pelayanan mikrotik termasuk konfigurasi firewall di mikrotik. Tim engineer kami akan terus melihat perkembangan Anda karena ingin memberikan kepuasan Anda dalam pelayanan.

4. Mudah Dihubungi

Selain pelayanannya yang baik, pihak kami mudah dihubungi sehingga siap membantu pelayanan konfigurasi mikrotik yang Anda butuhkan. Bukan hanya itu saja, pelayanan yang kami sediakan selalu mengedepankan prinsip ramah kepada klien sehingga tidak perlu sungkan untuk menyampaikan apa yang harus kami bantu.

Dengan mempercayakan konfigurasi firewall pada mikrotik di tempat kami, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait profesionalitas yang diberikan. Mengingat konfigurasi cukup penting bagi keamanan jaringan Anda, maka kami sebagai tim dari Xpertindo akan menjalankan tugas kami untuk melakukan konfigurasi firewall di mikrotik secara maksimal sesuai dengan yang Anda inginkan.

Related Posts