Instalasi Jaringan Komputer

by admin
instalasi jaringan komputer

Instalasi jaringan komputer LAN (Local Area Network) menjadi salah satu sistem jaringan komputer yang memberikan banyak manfaat, yaitu dapat menghubungkan informasi pada komputer-komputer di sebuah ruangan.

Ruang lingkup LAN sangat terbatas yaitu hanya pada satu daerah atau lokasi seperti perusahaan, perkantoran, warnet, cafe dan lain sebagainya. Dengan adanya LAN dapat memungkinkan pertukaran informasi atau data melalui folder sharing yang bisa diakses bersama-sama melalui jaringan komputer lokal.

Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara instalasi jaringan komputer LAN, apa saja manfaatnya hingga komponen dari LAN. Yuk, simak informasi lebih lengkapnya!

Cara Instalasi Jaringan Komputer LAN

Sebelum mengetahui cara instalasi jaringan komputer LAN, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi LAN, diantaranya adalah :

  • Kabel UTP

Kabel UTP digunakan untuk mentransmisikan data yang dilengkapi dengan pelindung. Kabel ini memiliki warna yang berbeda-beda yaitu warna biru dan putih, oranye dan oranye putih, hijau dan hijau putih.

instalasi jaringan komputer

  • Konektor RJ-45

Konektor RJ-45 merupakan konektor kabel ethernet yang sering digunakan dalam topologi jaringan LAN dan tipe jaringan lainnya. Terdapat 8 pin yang bisa menghubungkan kabel ke PC atau Hub.

  • Tang Crimping

Tang crimping merupakan jenis tang khusus yang digunakan untuk memasakng konektor RJ-45 ke kabel UTP. Tang ini juga digunakan untuk meratakan ujung kabel UTP agar tersambung dengan pin konektor RJ-45 dengan tepat.

  • LAN Card

LAN Card atau kartu jaringan digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan. Alat ini biasanya ditancapkan pada slot motherboard. Melalui kartu ini akan dibuat nomor IP lokal pada jaringan LAN.

  • HUB/ Controller

HUB merupakan perangkat yang digunakan untuk menyatukan komputer client dengan komputer server. Fungsinya adalah untuk membentuk jaringan komputer. 

Setelah mengetahui perlengkapan instalasi jaringan komputer LAN, berikut inilah langkah-langkahnya :

  • Pengkabelan Kabel UTP

Karena LAN dapat menghubungkan data antar komputer maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah perangkat yang ingin disambungkan dan jenis perangkat yang digunakan. Hal ini sangat mempengaruhi cara pengkabelannya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu :

Metode Cross

Metode cross dipakai untuk menyambungkan 2 jenis perangkat yang sama seperti komputer dan komputer, switch dan switch, hub dan hub dan sebagainya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Kupas ujung luar kabel sepanjang 5 cm menggunakan tang crimping.
  • Urutkan warna kabel UTP sesuai aturannya.
  • Ratakan ujung kabel dan pasang pada konektor RJ-45 dengan hati-hati.
  • Jepit kabel UTP dengan tang krimping, jangan terlalu keras karena dapat merusak konektor.
  • Cek kabel tester, jika indikator lampu tidak menyala maka kabel UTP dan konektor tidak terkoneksi, begitu juga sebaliknya.
  • Sambung ke perangkat yang ingin disambungkan.

Metode Straight

Berbeda dengan metode cross, metode straight digunakan untuk menyambungkan 2 perangkat yang berbeda seperti komputer dan switch, komputer dan modem dan lai sebagainya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Kupas ujung luar kabel UTP sepanjang 5 cm menggunakan tang crimping.
  • Urutkan kabel UTP sesuai aturannya.
  • Ratakan ujung kabel dengan tang crimping dan pasang pada konektor RJ-45 secara hati-hati.
  • Tes kabel UTP yang sudah terpasang dengan kabel tester.
  • Lalu sambungkan ke perangkat yang diinginkan.
  • Setting LAN pada komputer

Apabila kabel UTP sudah terpasang pada perangkat yang diinginkan maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting. Jika pada operating system windows xp , caranya adalah klik start lalu kontrol panel, network dan internet connection.

  • Konfigurasi IP Address

Lakukan konfigurasi IP Address jika jaringan fisik pada komputer sudah diinstal. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan antar komputer yang diinginkan. Sesuaikan jaringan LAN yang digunakan dengan kelas yang ditentukan.

  • Folder dan Printer Sharing

Dalam instalasi jaringan komputer LAN, folder dan printer sharing digunakan secara bersama-sama, disebut dengan sharing. Cara membuat file sharing adalah klik kanan pada folder yang ingin di share lalu klik sharing dan pilih option share this for apply.

jaringan

Sementara untuk membuat printer sharing, caranya adalah klik control panel – printer and faxes. Setelah itu akan muncul lambang printer, klik kanan lalu pilih option sharing. Pilih share this printer, klik apply dan ok. Jika Anda ingin mencari file yang akan diprint maka ketik alamat IP komputer tujuan pada browser.

Manfaat Instalasi Jaringan Komputer LAN

Instalasi jaringan komputer LAN berperan penting dalam sebuah perusahaan atau perkantoran. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dengan adanya instalasi LAN semakin memudahkan pertukaran data atau file dengan lebih cepat dan efisien.
  2. Melalui LAN dapat melakukan kontrol jaringan dengan mudah.
  3. Instalasi LAN akan memudahkan proses back up data dan file penting.
  4. Instalasi LAN akan memudahkan pekerjaan sehingga kinerja menjadi lebih efektif.
  5. LAN memiliki fitur sharing yang sangat baik sehingga efisiensi waktu dan biaya menjadi lebih optimal.
  6. LAN dapat digunakan sebagai resource sharing yang memungkinkan penggunanya saat melakukan semua program pada jaringan tidak akan menunjukan pengaruh lokasi resource pemakai.
  7. LAN digunakan untuk memberikan koneksi jaringan internet pada sebuah ruangan.
  8. Dengan adanya LAN dapat mengatur data penting dan hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja.
  9. Memudahkan komunikasi antar karyawan di suatu perusahaan saat menggunakan email maupun chat.
  10. Meminimalisir resiko kehilangan data yang disebabkan oleh virus.

Komponen LAN

LAN terdiri dari berbagai komponen utama dan komponen pendukungnya. Adapun komponen dari LAN adalah sebagai berikut ini :

  • Node

Node merupakan suatu titik yang digunakan untuk menghasilkan data dan menerima data. Node adalah komputer yang saling terhubung.

  • Link

Link merupakan jalur transmisi yang digunakan pada antar node. Link menjadi hubungan antar satu node dengan node lainnya pada sebuah jaringan komputer.

  • Workstation

Workstation merupakan sistem komputer yang digunakan untuk menghubungkan server. Workstation berupa jumlah komputer yang saling terhubung, disebut dengan client. Client akan terhubung dengan adanya hub dan switch yang nantinya dihubungkan lagi dengan komputer server.

  • Server

Server merupakan komputer yang digunakan untuk mengendalikan, mengirim data hingga menerima data dari komputer workstation. Apabila LAN dihubungkan dengan modem maka bandwidth dapat diatur sesuai komputer workstation.

  • Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card merupakan suatu rangkaian elektronika yang telah dirancang khusus untuk menangani network protocol sehingga workstation saling terhubung tanpa menggunakan kabel jaringan ataupun tranceiver cable.

  • Network Software

Network software merupakan salah satu komponen yang sangat penting karena tanpa adanya software ini tidak akan membuat jaringan bekerja seperti apa yang kita inginkan.

Nah, itulah berbagai komponen LAN yang mendukung kinerja LAN secara lebih optimal. Apabila Anda tidak ingin melakukan instalasi LAN sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa instalasi jaringan komputer LAN terpercaya seperti Xpertindo. Yuk, gunakan jasa kami dan dapatkan penawaran harga menarik!

Related Posts