Kelas IP Address

by admin
Kelas IP Address

Komputer merupakan salah satu alat yang dimanfaatkan sebagai perantara komunikasi jarak jauh maupun jarak dekat. Layaknya rumah, masing-masing komputer baik itu PC maupun laptop juga memiliki alamat supaya terhubung dengan orang yang dituju. Nah, alamat jaringan yang dimaksud tadi dikenal dengan alamat IP yang terdiri dari beragam kelas IP address.

Sebagai salah satu komponen dari komputer, alamat IP dikenal memiliki lingkup yang cukup luas. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk mendalaminya saat hendak belajar terkait dunia alamat IP itu sendiri. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dibahas terkait apa itu alamat IP disertai dengan macam-macam kelas dari alamat IP.

Kelas IP Address dan Pengertian Alamat IP Gadget

Mungkin beberapa orang kurang menyadari atau bahkan tidak peduli terkait bagaimana dirinya bisa terhubung dengan kerabat atau teman yang berada sangat jauh dari tempatnya sekarang.

Selain itu, Anda juga dapat melihat ketika para gamers bermain game online dengan orang-orang yang berada di luar negeri. Konsep kerja yang dilakukan, yakni dengan memanfaatkan alamat IP dari masing-masing pemain yang saling terhubung, sehingga bisa berkomunikasi satu sama lain.

Kelas IP Address

IP  digunakan dimanapun Anda ingin terhubung dengan komputer yang lainnya. dengan demikian, alamat IP memiliki definisi sebagai sebuah alamat pada komputer yang menciptakan kemungkinan antara satu komputer dengan komputer lain Menyelesaikan tujuannya tanpa tertukar dengan komputer yang tidak bersangkutan.

IP address juga memiliki definisi sebagai alamat yang ada pada komputer dan digunakan sebagai identifikasi dalam suatu jaringan komputer itu sendiri. Sementara, awal mula munculnya alamat IP yakni di tahun 1969. Di mana waktu itu ARPANET sebagai Advance Research Project Agency Network sedang membutuhkan suatu alat guna menghubungkan satu alamat dengan alamat lainnya.

Usai menyelesaikan beberapa Project, akhirnya terbentuk IMP atau Interface Message Processor yang dikenal sebagai nenek moyang dari IP address. Dari sini lah perkembangan terjadi hingga muncul IP address di tahun 1977-1979 yang kita kenal sekarang.

Alamat IP yang muncul bukanlah IP versi 1 itu yang di dibayangkan oleh semua orang. Melainkan IP versi 4 yang ternyata saat diselidiki, IP versi 4 tersebut merupakan IP yang digunakan secara luas di jaringan komputer modern. Dalam perkembangannya, barulah muncul IP Versi berikutnya seperti IP versi 5 hingga 6 yang sekarang digunakan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini hadir banyak sekali alamat-alamat setiap komputer di dunia. Bahkan seolah seperti nomor telepon yang tidak ada satupun kesamaan antar para penggunanya.

Alamat IP juga memiliki pembagian kelas dengan fungsi berbeda-beda ada. Kelas IP address memiliki definisi sebagai opsi pembagian yang membedakan kualitas jaringan satu dengan lainnya.

Sementara, pembagiannya sendiri akan kami bahas di bawah ini. Namun sebelum itu kita akan mengenal terlebih dahulu terkait fungsi alamat IP dan jenis-jenisnya.

Fungsi Kelas IP Address

  • Identitas alamat perangkat

Fungsi alamat IP yang pertama adalah sebagai identitas dari suatu alamat yang melekat dalam setiap perangkat jaringan untuk melakukan komunikasi terhadap perangkat lainnya. Dalam hal ini, alamat IP berguna ketika perangkat komputer mulai mengakses internet.

Bukan hanya itu saja, ketika Anda sebagai pengguna hendak mengetahui alamat perangkat, Anda juga dapat melihat pengaturan jaringan yang berada di browser.

  • Sebagai alat identifikasi

Baik alamat IP maupun masing-masing dari kelas alamat IP memiliki fungsi sebagai alat identifikasi interface atau host. Nantinya perangkat komputer yang Anda gunakan dalam jaringan akan disebut sebagai host. Pra pengguna alamat IP harus berbeda dalam setiap host atau perangkat yang hendak digunakan.

IP Address

Jenis Alamat IP Berdasarkan Cakupannya

  • IP address private

secara umum, diketahui terdapat dua versi alamat IP yang digunakan yaitu IP versi 4 dan ip versi 6. Sementara, alamat IP private menjadi jenis alamat IP berdasarkan cakupannya yang biasa digunakan pada komputer untuk jaringan dengan skala lokal. Alamat IP satu ini memungkinkan pengguna alamat yang sama dengan an-nas erat serta jaringan lainnya tidak saling berhubungan di jaringan lokal.

  • IP address publik publik

Berbeda dengan alamat IP private, alamat IP publik berkecimpung dengan jaringan yang bisa saja dimiliki oleh semua perangkat untuk ditujukan kepada khalayak umum atau publik. Nah, contoh penerapan alamat IP publik seperti server ML, website, router wi-fi.

Macam-Macam Klasifikasi Alamat IP

Setelah mengetahui beberapa hal di atas terkait alamat IP, selanjutnya Anda akan mengetahui kelas IP address yang dijelaskan melalui pembahasan dibawah ini.

  • Kelas A

Kelas pertama dalam alamat IP terdapat kelas A. Di mana pada kelas A sendiri tergolong ke dalam kelas yang mengandung jaringan berukuran sangat besar. Dengan rincian, 8 B Pertama merupakan Network ID dan 24 bit selanjutnya merupakan host id. Sementara, kelas A memiliki Network ID dimulai dari 0 sampai 127.

  • Kelas B

Kelas IP Address jenis kelas B merupakan kelas yang difungsikan untuk  jaringan berukuran sedang sampai besar. Dalam kelas B ini, 16 bit pertama merupakan Network ID dan dilanjutkan 16 bit selanjutnya yang merupakan host ID. Berbeda dengan kelas A, kelas B dalam alamat IP memiliki Network ID dari 128 sampai 191.

  • Kelas C

Di dalam kelas C, terdapat 24 bit pertama sebagai Network ID dan 8 bit selanjutnya sebagai host ID dengan cakupan Network ID dari 192 sampai 223. Sementara, fungsi dari kelas C pada alamat IP sendiri adalah diperuntukkan kepada jaringan berukuran kecil.

  • Kelas D

Kelas alamat IP selanjutnya adalah kelas D yang digunakan untuk keperluan dalam hal multicasting dan tidak mengenal adanya host ID maupun net ID. Dalam arti lain, penggunaan kelas D diartikan sebagai penggunaan aplikasi yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa komputer. Sementara, IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255.

  • Kelas E

Berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya khususnya dengan kelas D, kelas E sendiri memiliki range dari 240.0.0.0 sampai 254.255.255.255. Nah dalam penerapannya kelas E digunakan sebagai tujuan eksperimental oleh pihak-pihak tertentu atau yang membutuhkan.

Peran Klasifikasi Alamat IP Berdasarkan Kelasnya

Nah, berdasarkan pembahasan di atas maka kini Anda sudah tahu bahwa kelas IP address sangatlah penting.  Dan yang perlu diingat adalah, bahwa alamat IP komputer tentunya akan berbeda dengan alamat IP komputer yang terhubung ke dalam internet sebelumnya.

Sebab, ketika terhubung ke internet router nantinya akan memberikan alamat IP berbeda dan memungkinkan komputer terhubung ke jaringan internet. Selain memberikan alamat IP guna terhubung ke internet router, juga berfungsi sebagai media yang mempermudah pemberian alamat IP kepada sejumlah komputer yang tidak mungkin melakukan setting sendiri secara manual.

Itulah pembahasan terkait klasifikasi alamat IP lengkap dengan kelas IP Address sekaligus. Jangan lupa kunjungi terus website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya yang Anda butuhkan.

Related Posts