Sistem Parkir Elektronik

by admin
sistem parkir elektronik

Baru-baru ini, sistem parkir elektronik atau yang bisa juga disebut e-parking menjadi salah satu inovasi sistem perparkiran yang tengah dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia. Sistem parkir elektronik dibuat untuk mengatasi berbagai permasalahan perparkiran yang ada di masyarakat.

Sistem e-parking memiliki banyak keuntungan untuk para pengendara dan pemilik area parkir. Jika Anda tertarik untuk menggunakan e-parking ini, Xpertindo melayani jasa pemasangan sistem parkir otomatis untuk gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, gedung apartemen, maupun perumahan.

Xpertindo, IT Network Solution yang Tepat untuk Anda

Dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang IT Network Solution, Xpertindo telah memiliki banyak pengalaman selama bertahun-tahun dan telah dipercaya oleh para pelanggan dengan kinerja yang memuaskan.

Kami telah menangani berbagai masalah jaringan, mulai dari instalasi jaringan, managed services, Network Consultant, serta layanan lainnya yang berkaitan dengan jaringan komputer. Bersama dengan teknisi ahli di bidangnya, semua permasalahan jaringan dapat tertangani dengan baik serta dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Xpertindo dapat membantu Anda dalam pemasangan sistem parkir elektronik serta komponen-komponen lain yang dibutuhkan. Kami senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik agar Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan jasa dari Xpertindo.

Kelebihan Menggunakan Sistem Parkir Elektronik

Dalam penerapannya, sistem parkir elektronik memanfaatkan uang elektronik atau e-money untuk transaksi pembayaran ongkos parkir. Namun ada beberapa e-parking yang menyediakan pembayaran secara tunai, di samping pembayaran non tunai.

sistem parkir elektronik

Selain itu, apa saja kelebihan menggunakan sistem e-parking ini?

  1.     Tarif Parkir yang Jelas

Kelebihan pertama dari sistem parkir elektronik yang dijalankan secara otomatis ini adalah tarif parkir yang ditentukan jelas dan tepat.

Selama ini, mungkin banyak dari pengguna parkir yang mengalami kecurangan oleh petugas parkir terkait masalah tarif parkir. Tak jarang petugas menarik biaya lebih kepada pengguna parkir dengan berbagai alasan, salah satunya karena tidak ada uang kembalian.

Ketidakpastian dalam ongkos parkir ini tentu dapat merugikan para pengguna parkir. Karena itu, sistem e-parking hadir dengan inovasi yang lebih menguntungkan.

Dalam parkir elektronik, tarif parkir telah ditentukan, ongkos parkir akan diakumulasi berdasarkan durasi parkir dan jenis kendaraan yang diparkir. Nantinya, sistem yang akan mengakumulasi ongkos yang harus dibayarkan oleh pengguna parkir setelah menggunakan layanan parkir.

Karena dioperasikan secara elektronik dan otomatis, alat pembayaran yang paling banyak digunakan adalah pembayaran non tunai, dapat berupa kartu parkir yang telah bekerja sama dengan pihak bank, kartu debit, serta uang elektronik atau e-money.

Dengan menggunakan alat pembayaran non tunai, Anda bisa membayar tagihan parkir dengan jumlah uang pas, sehingga dapat menghindari kecurangan petugas parkir yang menarik biaya lebih.

  1.     Penggunaan Waktu Lebih Efisien

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam pengembangan sistem e-parking ini adalah penggunaan waktu yang efisien. Apalagi pada zaman yang serba cepat ini, penggunaan perangkat elektronik dikenal sangat mudah dan praktis sehingga dapat menghemat waktu lebih banyak.

Pada sistem parkir elektronik dengan menggunakan perangkat elektronik ini, pengguna parkir dapat melakukan proses parkir yang lebih praktis, dibantu dengan kecanggihan komponen-komponen parkir.

Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan tiket parkir, karena pada sistem parkir elektronik, Anda cukup menggunakan kartu pembayaran yang akan ditempelkan ketika akan masuk dan keluar area parkir.

Sistem parkir konvensional tidak efisien dan praktis dalam penggunaan waktu, karena terkadang ketika membayar tagihan parkir, petugas parkir masih harus mengambil tiket parkir, menghitung nominal uang yang dibayarkan, dan memberikan uang kembaliannya.

Tentu dalam hal ini, e-parking lebih unggul karena semua prosesnya dijalankan secara otomatis, hanya perlu sekali dua kali tap, pengendara pun bisa langsung memarkirkan kendaraan dengan mudah.

  1.     Jaminan Keamanan untuk Pengguna Parkir

Kecanggihan pada sistem parkir, tidak hanya terdapat pada proses parkir kendaraan saja, namun juga pada keamanan dan kenyamanan dalam sistem parkir.

Parkir tidak hanya menitipkan kendaraan untuk sementara saja, tetapi pemilik kendaraan juga memiliki hak untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika menggunakan area parkir.

Untuk itu, agar dapat memberi jaminan keamanan pada pemilik kendaraan, pada sistem e-parking biasanya akan dipasang CCTV di beberapa titik guna memudahkan petugas parkir dalam memantau area parkir.

CCTV nantinya akan dipasang di titik-titik yang rentan dan penting, contohnya pada sudut-sudut area parkir, jalur masuk dan keluar area parkir, dan beberapa titik lainnya.

Pemasangan CCTV pada pintu masuk dan keluar area parkir juga bertujuan untuk merekam aktivitas kendaraan selama menggunakan area parkir. Jadi jika biasanya barang yang hilang akan menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan, maka pada sistem e-parking ini, petugas parkir juga ikut bertanggung jawab.

  1.     Layanan Pemesanan Slot Tempat Parkir

Keunggulan lain yang sangat menguntungkan bagi para pengguna parkir adalah adanya layanan pemesanan slot tempat parkir pada sistem e-parking ini. Artinya, para pengendara yang hendak pergi ke suatu tempat dan menggunakan area parkir di tempat tersebut, dapat memesan slot tempat parkir dari jarak jauh, bahkan ketika masih di rumah.

Beberapa e-parking telah dilengkapi dengan aplikasi pada ponsel yang dikembangkan untuk memudahkan para pengguna dalam mencari area parkir dan membayar tagihan parkir. Salah satu fitur yang disediakan adalah memesan slot tempat parkir, meskipun tidak banyak aplikasi yang telah mendukung layanan ini.

Komponen dan Cara Kerja Sistem Parkir Elektronik

Setelah membahas apa saja kelebihan yang ditawarkan, kini Xpertindo akan memberikan gambaran secara umum apa saja komponen yang ada dan bagaimana sistem e-parking ini bekerja.

  • Pintu Masuk Area Parkir

Yang pertama adalah pintu masuk area parkir. Pada pintu masuk e-parking, terdapat beberapa komponen, seperti Dispenser Tiker, Scanner E-Money, Barrier Gate, Palang Parkir, dan Kamera Sensor.

Untuk cara kerjanya, ketika kendaraan memasuki pos pintu masuk area parkir, Meta Detector akan mendeteksi kendaraan, selanjutnya Anda akan disapa oleh pemandu otomatis yang akan mengarahkan Anda selama proses memasuki area parkir.

e-parking

Selanjutnya pengemudi akan menempelkan kartu pembayaran atau kartu e-money pada Scanner, kemudian sistem akan secara otomatis memulai akumulasi tagihan parkir untuk kendaraan Anda.

Kamera Sensor akan merekam tampilan depan kendaraan beserta nomor plat kendaraan. Informasi nomor plat kendaraan akan tersimpan pada sistem.

Setelah selesai, palang parkir akan terbuka secara otomatis dan kendaraan dapat memasuki area parkir. Setelah kendaraan masuk, palang parkir akan tertutup kembali secara otomatis dan pos pintu masuk siap melayani kendaraan selanjutnya.

  • Pintu Keluar Area Parkir

Selanjutnya adalah cara kerja pintu keluar area parkir pada sistem e-parking. Komponen yang ada pada pintu keluar tidak jauh berbeda dengan pintu masuk, yakni Dispenser Tiker, Scanner E-Money, Barrier Gate, Palang Parkir, dan Kamera Sensor.

Pada beberapa tempat parkir, pintu keluar memiliki pos parkir yang dioperasikan oleh petugas parkir. Di sini juga petugas parkir dapat memantau secara real time keadaan area parkir.

Ketika akan keluar dari area parkir, langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengemudi adalah menempelkan kartu pembayaran atau kartu e-money pada Scanner. Setelah kartu ditempelkan, informasi kendaraan yang telah terekam di pintu masuk tadi akan dimunculkan bersama dengan jumlah tagihan parkir.

Setelah tagihan dibayarkan, pengemudi akan mendapatkan slip tagihan dan palang parkir akan terbuka secara otomatis. Selanjutnya kendaraan dapat keluar dari area parkir.

Jasa Pemasangan Sistem Parkir dari Xpertindo

Hubungi Xpertindo untuk menggunakan jasa pemasangan sistem e-parking pada gedung perkantoran, apartemen, dan lainnya. Kami akan senantiasa melayani dengan sepenuh hati mulai dari sesi konsultasi, hingga pemasangan sistem parkir selesai dilakukan.

Anda bisa mengkonsultasikan sistem parkir elektronik yang ingin Anda gunakan, karena sekali lagi cara kerja sistem parkir di atas hanya gambaran umumnya saja. Anda dapat merancang sendiri sistem parkir yang sesuai dengan keperluan dan membicarakannya bersama Xpertindo agar proses pemasangan dapat berjalan lancar.

Related Posts