Apa Itu Jaringan Komputer

by admin
apa itu jaringan komputer

Apa itu jaringan komputer? Banyak orang yang bertanya-tanya demikian, karena merasa bahwa istilah itu santer digunakan, namun masih belum jelas dipahami oleh orang awam. Jaringan komputer sendiri berarti sekelompok komputer yang berhubungan satu sama lain, sehingga nantinya bisa digunakan untuk bertukar data atau hal lain yang bersifat digital.

Pengertian tentang  jaringan komputer memang harus dipahami secara luas oleh para pembaca. Karena dengan mengetahui pengertian, manfaat, dan jenis jaringan komputer, nantinya akan bisa mengimplementasikan di dunia nyata. Untuk mengetauhui informasi selengkapnya, baca ulasan berikut!

Apa Itu Jaringan Komputer, Ini Info Lengkapnya!

Jaringan komputer merupakan salah satu jaringan yang penting untuk dipahami, yang melibatkan unit komputer satu dengan yang lainnya. Jumlah unit komputer minimal yang harus disediakan sebagai salah satu syarat untuk mengadakan jaringan komputer yaitu 2 buah. Dan memang Anda perlu mengetahui apa itu jaringan komputer agar nantinya bisa menerapkannya di dunia nyata.

switch and router

Menurut Wikipedia, jaringan komputer merupakan jaringan antara komputer satu sama lain yang terkoneksi secara nirkabel maupun dengan perantara kabel untuk melakukan pertukaran data. Jaringan komputer memang lumrah ditemui di sekitar kita. Terutama di unit perkantoran, gedung pemerintahan, dan lain sebagainya.

Adanya jaringan komputer sangat membantu proses pertukaran data secara lebih aman. Dengan data-data yang berukuran kecil maupun besar, yang akan dikirimkan ketika interface atau antarmuka beberapa komputer yang terkoneksi pada jaringan telah berinteraksi. Dan untuk menjaga keamanan proses pertukaran data komputer, ada data yang harus dienkripsi oleh komputer-komputer yang telah tersambung tersebut.

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer, Anda juga perlu mengetahui 2 pihak yang berinteraksi dalam jaringan komputer. Kedua istilah untuk pihak-pihak yang terkoneksi dengan jaringan komputer yaitu :

  1. Pihak Client

Pihak client atau klien pada sebuah jaringan pada umumnya merupakan sebutan untuk komputer yang menerima data. Biasanya, pihak klien melakukan download data pada pihak komputer yang menjadi server. Singkatnya, pihak inilah yang nantinya menerima layanan yang merupakan fitur dari sebuah jaringan komputer.

  1. Pihak Server

Pihak server atau penyedia pada sebuah jaringan pada umumnya merupakan pihak yang menyediakan layanan atau data. Nantinya, pihak server bertugas untuk melakukan transfer data agar nantinya bisa didownload oleh pihak klien. Server dan client selalu terkoneksi satu sama lain, sehingga tercipta kinerja yang baik di antara keduanya.

Itulah kedua pihak yang sangat berperan untuk proses penyusunan koneksi jaringan komputer. Kedua pihak tersebut akan menciptakan sinergi yang baik untuk mencapai tujuan dari konektivitas itu sendiri. Yaitu kelancaran proses transfer data.

Apa Itu Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya

Umumnya dalam jaringan komputer menggunakan tanda pengenal yang unik yaitu alamat IP atau alamat Media Acces Control untuk menunjukan sumber atau tujuan transmisi. Pada tujuan titik akhir atau endpoint data dapat mencakup server, komputer pribadi dan berbagai jenis hardware jaringan.

Jaringan perangkat ini sangat mungkin untuk dibuat dengan menggunakan perpaduan teknologi kabel dan wireless. Sementara untuk perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless.

Jaringan komputer dapat diatur sebagai perangkat private maupun publik. Biasanya untuk mengakses jaringan private membutuhkan user untuk memasukan kredensial. User bisa didapatkan melalui administrator jaringan atau melalui kata sandi yang diperoleh langsung. Sementara untuk jaringan publik tidak memerlukan batasan akses.

 

 

apa itu jaringan komputer

Perlu Anda ingat bahwa setiap jaringan memiliki perbedaan yang signifikaan. Maka dari itu penerapannya juga berbeda-beda sesuai dengan fungsi masing-masing. Sehingga setiap jaringan pun memiliki sifat-sifat yang berbeda.

Sebelum Anda mengetahui jenis-jenis jaringan komputer sebaiknya Anda mengerti tentang sifat-sifat dasar jaringan komputer ada 4, yaitu :

  • Scalability

Jaringan komputer dapat digunakan sesuai kebutuhan baik dalam skala perkembangan luas dan besar maupun kecil.

  • Resource Sharing

Jaringa komputer digunakan untuk berbagi atau sharing melalui sumber daya seperti software dan hardware.

  • Connectivity

Jaringan komputer memiliki sifat yang mudah terhubung ke semua pengguna lainnya melalui perangkat seperi switch, modem, router, hub, wireless, smartphone dan lain sebagainya.

  • Reability

Dalam hal ini jaringan komputer diartikan memiliki kehandalan dalam memberikan layanan keada penggunanya. Yaitu melalui paket data yang memudahkan proses transfer data.

Sementara untuk jenis-jenis jaringan komputer yang paling banyak ditemukan, diantarnya sebagai berikut.

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan komputer LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang memiliki jarak relatif pendek. Pemanfaatan LAN sering digunakan pada sebuah gedung kantor, sekolah hingga rumah. Biasanya masing-masing berisi satu atau beberapa LAN kecil.

Seringkali dalam penggunaannya, jaringan komputer LAN dikendalikan dan dikelola secara pribadi maupun oleh organisasi. Tak jarang yang menggunakan jaringan ini untuk konektivitas tertentu seperti Ethernet dan Token Ring.

Tak hanya itu, kini pemanfaatannya juga menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi, yaitu WLAN (Wireless Local Area Network).

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jenis jaringan komputer yang dapat mennghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya yang berada yang berada dalam jaringan satu kota yang sama. Penerapan jaringan MAN ini biasanya digunakan saat jaringan LAN sudah tidak mampu membangun jaringan. Karena jaringan MAN lebih besar dari jaringan LAN.

  1. WAN (Wide Area Network)

Jaringan komputer WAN merupakan kumpulan dari jaringan LAN yang tersebar secara geografis. Melaui perangkat jaringan “router” yang dapat menghubungkan LAN ke WAN. Routertersebut akan menyimpan alamat LAN dan alamat WAN dalam sebuah jaringan IP.

Dalam beberapa hal penting WAN dan LAN memiliki sebuah perbedaan. Tidak semua WAN seperti internet dimiliki oleh satu organisasi saja namun dikelola secara kolektif. Jaringan ini biasanya menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarank jauh.

  1. PAN (Personal Area Network)

Berbeda dari jaringan sebelumnya, PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk wilayah yang lebih kecil. Jaringan ini lebih sering digunakan untuk keperluan internet maupun printer. Biasanya hanya digunakan seperti di kantor atau rumah. Jaringan ini pun tak memerlukan resurce yang besar.

  1. CAN (Campus Area Network)

Jenis jaringan komputer CAN hampir sama dengan MAN. Akan tetapi jaringan ini hanya digunakan pada ruang lingkup terbatas yaitu di kampus atau akademisi. Biasanya digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas dan sebagainya.

Demikianlah pengertian mengenai apa itu jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Anda yang kesulitan melakukan instalasi jaringan komputer bisa menghubungi kami.

Related Posts