Managed Service Providers

by admin
managed service provider

Apa itu MSP? Setiap perusahaan biasanya memiliki sistem jaringan yang mumpuni untuk menyimpan atau membagikan data kepada karyawannya dalam proses pengelolaan bisnisnya. Namun, tidak semua perusahaan mampu membuat jaringan internetnya sendiri karena tentu saja dibutuhkan ahli yang terpercaya. Nah, para ahli layanan informartika inilah yang dinamakan dengan Managed Service Providers atau biasanya disingkat menjadi MSP.

Managed Service Providers dan Pengertiannya

Perusahaan informatika yang memberikan layanan berupa pemasangan jaringan, aplikasi perusahaan yang terstruktur, server untuk kebutuhan organisasi bisnis maupun individu inilah yang disebut dengan Managed Service Providers atau MSP.

Kebanyakan dari MSP sudah memiliki infrastruktur back-end yang sangat lengkap dan menyediakan layanan sumber daya yang mumpuni bagi penggunanya. Hal ini dilakukan demi mengakses internet jarak jauh. MSP  sendiri tugasnya untuk mengawasi dan melindungi jaringan dalam aplikasi selama proses ataupun prosedur outsourcing dari klien.

managed service provider

MSP sendiri memiliki infrastruktur tertentu secara khusus, sertifikat industri, dan SDM. Juga layanan berupa pemantauan 24 jam serta layanan tambahan lainnya kepada klien. Lalu, ada juga MSP yang memiliki fasilitas lengkap berupa pusat data yang sangat luas.

Hal itu dilakukan dengan mengorganisasikan berbagai macam aplikasi web, perangkat lunak, dan jaringan interkoneksi paralel. Sistemnya melalui jaringan pribadi secara virtual ke berbagai individu dan organisasi yang dituju.

Peran Managed Service Providers Dalam Bisnis

Peran Managed Service Providers sendiri dalam bidang bisnis yang memiliki sumber daya terbatas sangat penting. Hal ini karena dengan menggunakan MSP, perusahaan dapat fokus terhadap pengembangan bisnis mereka.

Dalam membangun infrastruktur secara mandiri pun juga jauh lebih murah ketika menggunakan teknologi cloud. Hanya karena jumlah MSP yang cukup banyak di pasaran, perusahaan Anda harus berhati-hati dalam memilih MSP sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi MSP dari website official mereka.

Jenis-Jenis MSP Dalam Bisnis

MSP sendiri memiliki tiga jenis sesuai dengan layanan yang Anda butuhkan. Apa saja? Yuk, cek penjelasan berikut.

  1. Lower Level, Pure Play MSP

Jenis MSP yang pertama ini memiliki layanan yang berada di tingkat terendah. Biasanya mereka hanya fokus untuk memantau jaringan dan performa jalannya aplikasi. Dukungan pada layanan ini pun sangat terbatas, yakni berupa laporan pemantauan jaringan dan atau memberi peringatan apabila layanan Anda mengalami gangguan.

  1. Mid Level, Value Added MSP

MSP jenis kedua ini termasuk dalam layanan tingkat menengah. Sehingga Anda tidak hanya mendapatkan pemantauan dan laporan saja. Biasanya mereka menawarkan proses untuk backup dan restore. Selain itu juga terdapat peningkatan perangkat lunak atau software upgrade.

  1. High Level, Outsourced MSP

MSP jenis ini memiliki layanan terbanyak dan berada di kasta tertinggi. Anda cukup memikirkan perkembangan bisnis saja dan MSP yang akan mengurus secara kesuluruhan jaringan Anda.

Manfaat Penggunaan MSP Dalam Sebuah Perusahaan

Dalam penggunaan layanannya, Managed Service Providers juga memiliki banyak manfaat MSP, yaitu :

  1. Investasi yang baik terhadap kelangsungan bisnis

Dengan memanfaatkan MSP demi pembuatan jaringan dengan harga yang lebih murah, tentu saja akan memberikan manfaat yang lebih bagi bisnis Anda. Hal ini bisa menjadi investasi demi mewujudkan pelaksanaan bisnis setingkat lebih tinggi.

  1. Efisiensi

Perusahaan menjadi lebih fokus terhadap pengelolaan bisnis karena untuk masalah IT sudah diurus oleh MSP.

  1. Meningkatnya produktivitas

Ketika perusahaan sudah tidak perlu lagi mengurus urusan IT karena sudah dialihkan kepada MSP, maka tenaga kerja yang lain dapat dialihkan untuk urusan lain yang lebih penting lagi.

  1. Terhindarnya Anda terhadap pelanggar keamanan

Keamanan informasi perusahaan dalam sisi infrastruktur pun lebih terjamin keamanananya. Sehingga perusahaan cukup fokus pada keamanan yang bersifat non teknik, seperti awarness pengguna.

  1. Mendapat dukungan dari tenaga ahli

Perusahaan tidak perlu lagi khawatir terhadapnya berkurangnya tenaga IT karena MSP berisi tenaga ahli yang sudah terpercaya.

  1. Layanan berbasis cloud

Dengan menggunakan teknologi berbasis cloud, tentu saja akan memudahkan klien untuk mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja.

  1. Up tim menjadi lebih baik

Karena MSP sendiri terikat dengan perjanjian terhadap klien, tentu saja MSP bertanggung jawab terhadap layanan jaringan agar selalu berjalan normal. Sehingga membuat sistem online setiap saat. Hal ini tentu saja sangat disukai oleh klien Anda nantinya.

  1. Meningkatnya daya saing bisnis Anda

Dengan fokusnya perusahaan terhadap pengembangan bisnis, maka perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan lebih banyak dari bisnisnya.

  1. Investasi kembali terhadap bisnis Anda

MSP membantu Anda mengalihkan kelebihan dana yang sebelumnya untuk operasional jaringan saja menjadi untuk mengembangkan bisnis Anda secara lebih baik.

Server

Bagaimana Cara Menemukan MSP Terbaik?

Tentunya terdapat cara-cara tertentu agar Anda dengan mudah dapat menemukan layanan MSP terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih layanan MSP.

  1. Responsif

Ketika memilih MSP, pilihlah MSP dengan fasilitas Help Desk untuk perusahaan. Sehingga perusahaan dapat dengan mudah meminta bantuan ketika memerlukannya.

  1. Keterjangkauan

Yang dimaksud dalam keterjangkauan ini tentu saja dalam hal harga. Anda bisa memastikan terlebih dulu model bisnis dari MSP tersebut yang menarik bagi Anda. Terutama ketika harganya tak terlalu tinggi.

  1. Keamanan

Pada zaman ini, tentu saja keamanan informasi menjadi kebutuhan nomor satu sehingga penting sekali bagi MSP agar dapat memastikan keamanan informasi klien.

  1. Keandalan

Pastikan juga bahwa MSP yang akan Anda gunakan memiliki tenaga ahli dalam timnya sehingga dapat menyelesaikan kendala yang dialami oleh perusahaan.

Xpertindo, MSP Terbaik untuk Anda!

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai Managed Service Providers beserta kegunaan dan cara memilihnya. Apabila Anda membutuhkan Managed Service Providers yang tepat, Anda bisa menghubungi kami salah satu provider dengan pelayanan terbaik di Indonesia. Website kami ini berada di bawah naungan PT. Apixnet Global Teknologi.

Kami memiliki pengalaman dalam menangani berbagai macam projek dan training IT atau jaringan komputer di dalam maupun di luar negeri. Beberapa projek yang pernah kami tangani adalah Port Moresby dari Papua Nugini, Jeddah dari Saudi Arabia, Dhaka dari Bangladesh, Ho Chi Minh dari Vietnam, dan masih banyak yang lain lagi.

Related Posts