Cara Setting Modem Cisco

by admin
cara setting modem cisco

Internet adalah kebutuhan utama dari setiap orang di masa yang serba canggih ini. Untuk mendapatkan jaringan internet yang kuat dan cepat untuk mengakses banyak hal, diperlukan modem dengan setting yang pas untuk WiFi di rumah Anda. Cara setting modem Cisco terbaik akan Anda dapatkan dengan mudah di Xpertindo!

Modem merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penerjemah sinyal yang diterima untuk mengakses internet. Oleh sebab itu sangat penting untuk memberikan setting terbaik dari layanan yang terpercaya.

Apa dan Bagaimana Cara Setting Modem Cisco?

Sebelum kami mulai mengulas mengenai bagaimana setting modem Cisco, alangkah lebih baiknya untuk mengulas terlebih dahulu apa itu modem? Agar Anda bisa lebih tahu secara mendalam mengenai modem yang berguna untuk memperlancar jaringan internet.

Modem atau Modulator Demodulator ialah sebuah komponen perangkat keras atau hardware yang mana menghubungkan perangkat lainnya seperti router agar dapat terkoneksi dengan internet.

Cara Setting Modem Cisco

Cara kerja modem ialah dengan melakukan pengubahan atau memodulasi sinyal analog yang diterima dari telepon atau kabel ke dalam data berbentuk digital yang dapat dikenali oleh komputer atau laptop.

Bentuk dari modem biasanya kotak berwarna putih. Dan ukurannya cukup kecil dan dipasangi berbagai macam kabel sebagai penghubung antar perangkat keras yang akan mengatur laju sinyal dalam koneksi internet.

Apa Sih Fungsi Dari Modem?

Setelah mengetahui mengenai apa itu modem, Anda juga perlu mengetahui apa fungsinya terlebih dulu. Sebelum nantinya kami berikan ulasan mengenai seperti apa cara setting Cisco yang baik untuk memperlancar laju sinyal untuk koneksi internet Anda.

Umumnya, modem memiliki fungsi yang cukup kompleks. Tidak sesederhana menyambungkan komputer atau laptop dengan jaringan internet saja. Dalam mengubah sinyal digital menjadi analog maupun sebaliknya, ada proses pengiriman data. Yang disebut modulasi dan demodulasi.

Selain itu, modem juga memiliki fungsi untuk mengerjakan komunikasi serta pemeriksaan paket data yang ada, sehingga Anda bisa terhubung dan mengakses internet. Setiap data yang dikirimkan oleh modem akan di-compress, kemudian dikirimkan melalui sinyal.

Apa Sih Jenis Modem yang Biasa Digunakan?

Jenis – jenis modem juga perlu Anda ketahui sebagai informasi tambahan yang akan mendukung keperluan Anda untuk mengakses internet dengan koneksi yang lancar. Adapun jenis – jenis modem tersebut telah kami sediakan di bawah ini untuk Anda!

  • Modem Internal

Jenis modem yang pertama akan kami ulas adalah modem internal. Modem ini akan langsung dipasangkan di dalam komputer dan sudah terinstall dengan rapi. Tetapi, tidak semua komputer dilengkapi dengan modem internal. Atau bisa jadi modem internalnya mengalami kerusakan.

Tetapi ada kelebihan dari modem jenis ini. Yaitu tidak membuat Anda repot untuk menyediakan tempat di luar komputer. Bahkan, daya yang digunakan adalah catu daya dari komputer itu sendiri.

  • Modem Eksternal

Untuk jenis ini, sebenarnya mirip dengan yang sebelumnya. Hanya saja tidak ditanamkan langsung di dalam komputer. Biasanya akan dipasangkan kabel serial atau USB untuk menghubungkan komputer dengan modem. Dan memerlukan daya dari eksternal komputer pula.

  • Modem GSM

Telepon seluler akan digunakan untuk mentransfer data dari modem GSM ini. Yang mana menerapkan segala jenis koneksi, asalkan jenis providernya adalah GSM.

  • Modem CDMA

Untuk modem CDMA, memiliki sistem yang serupa dengan modem GSM. Bahkan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau serta mudah untuk diinstall. Frekuensi EVDO REV-A yang setara dengan jaringan 3G digunakan dalam modem jenis ini. Bahkan di masa sekarang sudah ada juga yang menggunakan EVDo REV-B dengan kecepatan yang lebih.

Setting Modem

Selain keempat jenis modem di atas, masih ada jenis lainnya yang bisa Anda coba. Seperti modem ISDN, modem ADSL, modem analog, dan wireless modem. Semuanya memiliki sistem yang serupa, hanya ada sedikit – sedikit saja perbedaan yang dimiliki masing – masing.

Cara Setting Modem Cisco Dengan Baik Dan Tepat!

Berikut ini, kami akan mengulas mengenai bagaimana cara setting modem Cisco terbaik dan paling tepat. Yang ada beberapa tahapan, seperti yang kami jelaskan di bawah ini!

  • Login ke Modem Cisco

Untuk melakukan login ke modem Cisco, Anda harus menemukan terlebih dahulu alamat IP atau Internet Protocol dari router. Yang sudah kami sediakan tahapannya berikut ini!

  1. Temukan domisili IP untuk router, seperti 192.168.0.1. Tetapi bisa diubah untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
  2. Pada komponen belakang router, biasanya ada penjelasan mengenai Ip gateway dan user, serta password untuk melakukan login ke halaman konfigurasi.
  3. Anda bisa melanjutkan untuk menggunakan ipconfig di command prompt. Jika sudah, salin domisili IP pada kolom Default Gateway yang digunakan. Dan ketikan IP angka bukan yang berupa gabungan seperti pada langkah pertama.
  4. Terakhir periksa komputernya, apa menggunakan setting IP dynamic ataukah menggunakan Network and Sharing Center.
  • Lakukan Login pada Router Dengan User yang Berlaku

Tahapan ini perlu Anda lakukan untuk menerima hak jalan masuk secara penuh guna mengontrol router. Dan pada tahapan ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut penjelasannya!

  1. Anda harus berhati – hati dalam memasukkan data login. Router akan melakukan pemblokiran pengguna yang memaksa masuk hingga lebih dari 3x atau 5x ketika salah.
  2. Jika tak ada nama pengguna dan password yang diterapkan, bisa coba dengan melakukan hard reset. Tetapi untuk langkah kedua ini jangan sampai dilakukan jika kamu mendapatkan router dari ISP. Bisa jadi konfigurasinya akan terhapus.
  • Mengkonfigurasikan Router

Untuk tahapan ketiga ini, ada beberapa langkah pula yang harus Anda lakukan agar bisa menyelesaikan setting modem Cisco dengan sempurna. Berikut langkah – langkahnya!

  1. Kendalikan WLAN dan Ethernet hingga blacklist hak jalan masuk pada device yang mencurigakan mulai terhubung pada jaringan router.
  2. Jika perlu, jalankan reboot melalui router. Tetapi jangan sampai menekan tombol fisik ketika sudah memiliki hak akses. Proses reboot ini bisa dilakukan untuk menyelesaikan banyak masalah, terutama masalah jaringan internet yang mulai lambat.
  3. Pemblokiran juga bisa dilakukan menggunakan MAC-Address filter.
  • Periksalah Koneksi Internet

Jika sudah menyelesaikan ketiga tahapan sebelumnya, bisa langsung dilanjutkan ke tahapan berikut ini. Yang mana merupakan tahapan paling akhir dalam cara – cara setting modem Cisco.

  1.  Perhatikan dengan baik indikator LED yang ada pada router di komponen internet. Pastikan dalam keadaan menyala.
  2. Selanjutnya periksa pula apakah IP conflict sudah terjadi di dalam router. Jangan sampai diganti dari setting bawaan ISP.

Itulah ulasan yang dapat kami berikan untuk informasi bagi keperluan memperlancar arus koneksi internet Anda. Jika Anda membutuhkan tenaga profesional, bisa langsung menghubungi Xpertindo.

Xpertindo adalah tenaga ahli yang menyediakan layanan untuk setting perangkat IT, jasa setting cisco dan jaringan internet. Yang jelas menggunakan cara setting modem Cisco terbaik dan paling tepat untuk memaksimalkan perangkat yang Anda gunakan.

Related Posts