Cara Setting Cisco

by admin
cara setting cisco

Sebuah jaringan internet yang ada di rumah. Tentunya ada beberapa perangkat keras yang terhubung untuk membentuk suatu jaringan yang kompleks, terutama pada jaringan kantor. Pada jaringan kantor umumnya terdapat modem, router, dan access point. Selain itu, ada beberapa hardware yang harus terkoneksi secara bersamaan supaya memperoleh jaringan internet yang baik. Berikut info cara setting cisco dengan mudah sebagai sistem operasi jaringan internet. 

Gateway menjadi salah satu solusi dimana jaringan internet dapat terkoneksi dengan baik. Untuk mengirim data antara satu perangkat dengan perangkat lainnya yang dapat  diandalkan. Jika Anda memilih produk dari Cisco, kualitasnya tidak akan diragukan lagi. Adanya wireless gateway dengan performa tinggi dan metode setup yang mudah dan cepat akan membuat Anda merasa puas dengan adanya Cisco ini.

Mengenal Cara Setting Cisco 

Cisco adalah gateway nirkabel yang paling kompatibel untuk penggunaan jaringan kecil, contohnya rumah atau kantor kecil. Cisco ini termasuk gateway rumah yang memiliki kinerja tinggi dalam menghubungkan modem kabel, router, dan titik akses nirkabel ke satu perangkat, serta memberikan solusi jaringan hemat biaya untuk rumah maupun kantor kecil.

Cisco saat ini telah menyediakan koneksi yang jauh lebih cepat ke Internet dengan menghubungkan delapan saluran hilir terikat bersamaan dengan empat saluran hulu terikat. 

cara setting cisco

Saluran berikut ini bisa memberikan kecepatan data sebesar 400 Mbps lebih dan kecepatan data hulu sebesar 120 Mbps. Untuk pengunduhannya bisa sampai delapan kali lebih cepat daripada modem kabel pada saluran tunggal konvensional.

Cara Setting Cisco & Fungsinya

Router terintegrasi Cisco mempunyai server yang Network Address Translation (NAT), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), dan Network Address and Port Translation (NAPT), serta Stateful Packet Inspection (SPI). 

Fitur-fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk berbagi satu koneksi Internet publik dengan kecepatan tinggi. Serta berbagi file dan folder melalui perangkat di jaringan rumah dengan menggabungkan beberapa perangkat kabel dan nirkabel.

Tata Cara Masuk 

Sebelum Anda membeli Cisco sebaiknya Anda mengetahui cara loginnya, yaitu : 

  • Pertama, bukalah browser web Anda (contohnya : chrome, firefox, Opera, atau browser lainnya). Lalu ketiklah nomor 192.168.0.1 (IP default untuk mengakses admin) pada bilah alamat browser internet Anda.
  • Selanjutnya, Anda dapat melihat 2 bidang teks dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Lalu periksalah bagian bawah router Anda dan temukanlah kredensial login Anda. Jika tidak ada, lihatlah manual router Anda.
  • Kemudian, masukkanlah nama pengguna dan kata sandi, dengan menekan “Enter”. Saat itu juga Anda akan melihat panel kontrol router. 

Cara Memeriksa Keamanan Router

Selanjutnya akan dibahas bagaimana cara memeriksa keamanan router Cisco, simak informasinya dibawah ini !

  • Ubahlah Login dan Kata Sandi Default Cisco

Keamanan jaringan memang yang paling penting. Dengan mengubah login dan Kata Sandi Default router Cisco akan membuat data pribadi Anda lebih aman.

  • Adanya Kata Sandi Router

Pilihlah kata sandi yang rumit dan sulit ditebak untuk cara setting cisco Anda. Sehingga tidak banyak orang yang tahu dan hanya Anda yang bisa mengingatnya. 

router cisco

Kata sandi yang dibuat haruslah bersifat pribadi, misalnya losemyvirginity@30, sehingga Anda lebih mudah mengingatnya. 

  • Jumlah Perlindungan

Jumlah perlindungan secara langsung tergantung pada kesulitan kata sandi serta upaya yang dilakukan untuk melindungi kata sandi router Cisco Anda.

  • Penggunaan utama

Berikanlah kata Sandi untuk router Cisco Anda yang bisa Anda ingat (usability first). Hal ini dilakukan agar Anda bisa membuat kata sandi hash yang kuat dengan karakter khusus, baik itu angka, yunani, dan latin. 

Namun, Anda juga harus menulis di sticky dan meletakkannya di router, contohnya Asdqawsed123!@#. 

Cara Mengubah Setting Cisco yang Benar

Dibawah ini cara mengubah Cisco yang benar, yakni : 

  • Ubahlah Cisco default WiFi Name (SSID) dan kata Sandi WiFi. Selanjutnya, aktifkan Enkripsi Jaringan. Jika tidak berdampak pada keamanan, Anda bisa mengubah nama WiFi Default (SSID) lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mana yang mereka sembunyikan.
  • Carilah Network Name (SSID), ini merupakan nama Cisco WiFi Router Anda. Jangan sampai Anda gunakan nama, alamat rumah, atau informasi pribadi lainnya didalam nama SSID.
  • Sesudah itu, Anda bisa memasukkan nama untuk jaringan. Kemudian, Anda harus mengaktifkan enkripsi WPA2-PSK pada router Cisco Anda. Ini merupakan standar enkripsi terkuat yang tersedia pada jaringan rumah.
  • Masukkanlah kunci Pra-Berbagi WPA atau kata Sandi WiFi baru, yang merupakan kata sandi untuk terhubung ke WiFi rumah Anda. Simpanlah 16-20 karakter dan ingatlah. Janganlah gunakan kata sandi yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya untuk masuk ke router Cisco.
  • Perbaruilah firmware router di cara setting Cisco dan aktifkanlah Pembaruan Otomatis. 

Biasanya perangkat lunak router mengandung bug kritis dan kerentanan keamanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengaktifkan pembaruan Firmware Otomatis dan memperbarui router Cisco Anda. 

Jika Anda ingin mengaktifkan Pembaruan otomatis, maka bisa langsung masuk ke router Cisco dan carilah bagian yang berisi Pembaruan otomatis, kemudian hidupkan “ON”

Apabila router ingin melakukan pembaruan otomatis, maka periksalah sesekali untuk memastikan itu benar-benar berfungsi dan firmware router telah diperbarui.

  • Keamanan Untuk Proses yang Berkelanjutan

Ingatlah jika Anda ingin mengubah kata sandi setidaknya dalam 6 bulan sekali pada cara setting Cisco Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pada cisco Anda. Selain itu, untuk menghindari ketidaktahuan, kelalaian, ataupun kemalasan.

Cara Mengatur Ulang Router Cisco Ke Default Pabrik

  • Pertama, Anda bisa menyalakan router Cisco terlebih dahulu. Kemudian, carilah tombol reset. Nantinya akan ada beberapa router yang mempunyai lubang jarum dan beberapa router yang mempunyai tombol reset.
  • Lalu tekanlah tombol Reset Pabrik dengan pin penjepit kertas yang diluruskan atau melalui lubang jarum dan tahanlah selama sekitar 15 detik (hal itu dilakukan sampai Anda melihat semua lampu berkedip).
  • Kemudian, router Cisco akan reboot secara otomatis. Unit ini sudah direset dan siap digunakan. Anda bisa memulainya dari Langkah 1 dalam paduan yang sudah disiapkan.

Dari informasi diatas, Anda pasti sudah tahu bahwa cisco ini sangat handal. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa setting Cisco bisa langsung ke Xpertindo. Anda akan memperoleh gateway dan router yang multi fungsi dan cara setting Cisco yang mudah.

Anda juga akan memperoleh harga yang murah dan terpercaya. Hal ini dikarenakan Xpertindo merupakan official partner Cisco Indonesia yang sudah berpengalaman.

Pastikan untuk sesegera mungkin menghubungi admin kami jika ingin menyewa jasa cara setting Cisco terbaik dari kami. Dijamin harga jasa yang kami tawarkan akan memuaskan Anda. Yuk, hubungi tim ahli Xpertindo sekarang juga!

Related Posts