Jasa Instalasi Kabel LAN

by admin
jasa instalasi kabel lan

Pemasangan kabel LAN untuk menghubungkan dua perangkat elektronik yang berbeda, harus dilakukan secara hati-hati. Kabel UTP harus diurai serta disusun sesuai dengan standar internasional agar bisa menjadi kabel LAN yang konektivitasnya baik. Anda akan butuh jasa instalasi kabel LAN khusus untuk membuat topologi jaringan yang minim hambatan. 

Bagaimana jika menggunakan jasa dari Xpertindo? Tim dari perusahaan kami akan membantu proses pemasangan kabel LAN di tempat Anda dengan layanan yang baik dan profesional. Harga jasa instalasi kabel LAN per titik kami juga tak terlalu mahal. Pastikan untuk menghubungi kami sekarang juga!

Buat Topologi Jaringan Pakai Jasa Instalasi Kabel LAN Profesional 

Membuat jaringan LAN atau Local Area Network memang bisa dilakukan oleh para ahli secara mandiri. Akan tetapi jika Anda ingin membuat topologi jaringan LAN secara mandiri, pastikan untuk menghubungi pihak kami. Xpertindo sangat expert di bidang pemasangan kabel LAN, sehingga membentuk topologi jaringan sesuai yang dibutuhkan. 

Jika Anda membutuhkan topologi jaringan dengan instalasi kabel yang praktis dan minim resiko, pastikan untuk menggunakan jasa kami sekarang juga. Kami tak hanya profesional dalam hal pemasangan kabel LAN, namun juga melakukan penyusunan jaringan agar konektivitas antar perangkat pada jaringan berlangsung dengan baik. 

jasa instalasi kabel lan

Umumnya, jaringan LAN didirikan pada area dengan luas tak terlalu lebar. Seperti pada sekolah, kantor, rumah pribadi, dan lain sebagainya. Koneksi LAN bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer, komputer dengan router atau perangkat Wifi, atau komputer dengan jenis devices lainnya seperti printer. 

Tanpa instalasi kabel LAN dengan penataan yang baik, nantinya jaringan tidak bisa secara maksimal digunakan. Selain itu, lintasan jaringan yang tak dibuat berdasarkan pemasangan kabel LAN yang baik, pasti akan lambat dan mengganggu proses pemindahan data antar perangkat. Pastikan untuk sewa jasa Xpertindo demi kenyamanan proses pengkoneksian antara komputer dengan perangkat lainnya di tempat Anda. 

Jenis Topologi Jaringan LAN 

Dalam hal instalasi jaringan LAN, Anda pasti akan ditanya ingin membangun jaringan dengan bentuk seperti apa. Karena ada jenis-jenis topologi jaringan LAN dengan bentuk berbeda, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini berbagai jenis topologi jaringan dengan bentuk yang berbeda : 

  • Topologi Ring (Topologi Cincin) 

Topologi jaringan LAN yang paling terkenal yaitu topologi cincin atau topologi ring. Jenis topologi yang satu ini umumnya berbentuk lingkaran, serta terkoneksi satu sama lain dengan kabel LAN dengan koneksi yang tak terputus. Kelebihan mode topologi jaringan yang ini yaitu biayanya yang cukup terjangkau. 

  • Topologi Bus 

Berikutnya, bentuk topologi jaringan yang banyak dibuat agar koneksi antar perangkat semakin mudah yaitu topologi bus. Umumnya, jenis jaringan ini dibentuk dengan menggunakan kabel coaxial. Kelebihan dari tipe topologi jaringan yang satu ini yaitu biayanya yang terjangkau serta membutuhkan kabel dengan jumlah sedikit. 

  • Topologi Star (Topologi Bintang) 

Jenis lain dari topologi jaringan LAN lainnya yaitu topologi star atau topologi bintang. Ragam topologi yang satu ini umumnya bisa digunakan untuk mengkoneksikan antara hub dan switch para klien pada jaringan tersebut. Kelebihan dari sistem topologi yang satu ini yaitu tingkat keamanannya yang cukup tinggi, serta bisa lebih secure

  • Topologi Tree (Topologi Pohon)

Selanjutnya, yang termasuk dalam topologi jaringan LAN yaitu topologi Tree atau Topologi Pohon. Jenis topologi ini memang mirip seperti pohon, yang memiliki hierarki mengerucut serta koneksi antar bagian yang cukup kuat. Umumnya, kelebihan dari topologi ini adalah kemudahan dalam pembuatannya. 

  • Topologi Mesh 

Yang terakhir, tipe dari topologi yang banyak digunakan yaitu topologi mesh. Jenis topologi yang satu ini umumnya digunakan untuk mengkoneksikan komputer dengan perangkat lain dengan single cable. Keuntungan pemakaian topologi jenis ini yaitu kecepatan transfer datanya. 

Itulah kelima ragam topologi jaringan LAN yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai tipe topologi jaringan di atas, Anda bisa langsung memilih bentuk topologi jaringan sesuai dengan kebutuhan. 

Jika Anda masih belum mampu memilih salah satu di antaranya, usahakan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan pihak kami. Xpertindo akan membantu Anda membuat topologi jaringan LAN terbaik yang sesuai dengan kebutuhan gedung. 

Tipe-Tipe Susunan Kabel LAN 

Selain mengetahui jenis-jenis topologi jaringan LAN, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu tipe susunan kabel LAN. Berikut ini tipe susunan kabel LAN dari kabel UTP yang perlu Anda ketahui : 

  1. Tipe kabel Straight : yaitu dengan susunan kabel Oranye – Putih, kabel Oranye, kabel Hijau – Putih, kabel Biru, Kabel Biru – Putih, kabel Hijau, kabel Coklat – Putih, kabel Coklat. Umumnya, jenis kabel ini digunakan untuk mengkoneksikan komputer dengan komputer, unit Hub, Switch, atau Router.
  2. Tipe kabel Cross : yaitu dengan susunan kabel Hijau – Putih, kabel Hijau, kabel Oranye – Putih, kabel Biru, kabel Biru – Putih, kabel Oranye, kabel Coklat – Putih, kabel Coklat. Kabel Cross digunakan untuk mengkoneksikan komputer dengan komputer, unit Hub, atau Switch saja. 

kabel lan

Itulah berbagai tipe susunan kabel LAN yang harus dilakukan langsung pada kabel UTP yang telah dipotong dan diurai serat kabelnya. Dengan melakukan penyusunan kabel sesuai dengan arahan di atas, nantinya kabel bisa terkoneksi dengan konektor RJ45, yang akhirnya bisa difungsikan sebagai media pengiriman data. 

Jika Anda melakukan pemasangan kabel LAN sendiri, Anda akan bingung melakukan pemasangan kabelnya. Terutama jika area yang diberi pemasangan kabel LAN tersebut cukup luas. Belum lagi masalah konfigurasi IP Adress dan setting alamat komputer lainnya. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan jasa instalasi profesional seperti kami. 

Harga Jasa Instalasi Kabel LAN Profesional 

Anda berminat untuk menggunakan jasa pemasangan kabel LAN profesional dari Xpertindo? Beruntung sekali, karena Anda akan mendapatkan harga jasa instalasi kabel LAN yang tak terlalu tinggi. Kami sebagai jasa instalasi profesional menyediakan harga terjangkau untuk klien setia kami.

Biasanya harga jasa instalasi kabel LAN kami tergantung dari berapa titik kabel tersebut dipasang. Semakin banyak titik yang dipasang, proses pengiriman data antar komputer atau dari satu komputer ke perangkat lain akan semakin mudah. Namun, harga pemasangan kabel LAN yang harus Anda bayar juga semakin tinggi nantinya. 

Bagi Anda yang ingin melakukan pemasangan kabel LAN, jangan lupa untuk bermitra dengan pihak yang bertanggungjawab. Kami akan membantu Anda memasang kabel untuk membuat topologi jaringan Local Area Network yang minim resiko serta minim hambatan. Tentunya, tim kami akan melayani konsultasi dari pihak Anda terlebih dahulu nantinya. 

Pastikan untuk sesegera mungkin menghubungi admin kami jika ingin menggunakan jasa instalasi kabel LAN terbaik dari kami. Dijamin harga jasa yang kami tawarkan akan memuaskan Anda. Yuk, hubungi tim ahli Xpertindo sekarang juga!

Related Posts