Alat Penyambung Kabel Fiber Optik

by admin
alat penyambung kabel fiber optik

Teknisi jaringan membutuhkan berbagai macam alat dalam kerjanya, baik berupa perangkat lunak maupun perangkat keras (software dan hardware). Alat penyambung kabel fiber optik juga diperlukan oleh para teknisi jaringan.

Alat fiber optik adalah seperangkat alat instalasi yang digunakan untuk memasang kabel fiber optik dengan komponen lainnya. Xpertindo adalah perusahaan yang bergerak di dunia setting IT dan jaringan, salah satunya adalah jasa fiber optik . Adapun beberapa peralatan fiber optik yang dibutuhkan dalam penyambungan kabel fiber tersebut.

Alat – alat Penyambung Kabel Fiber Optik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya dalam menyambungkan kabel fiber optik, ada beberapa alat yang diperlukan. Tanpa alat – alat tersebut, akan sulit untuk dilakukan penyambungan. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang penting dan wajib ada untuk menyambungkan kabel fiber optik.

  • Fusion Splicer

Alat pertama yang wajib ada ialah fusion splicer atau bisa juga disebut penyambung fiber optik. Guna dari alat ini ialah untuk menyambungkan inti core serat optik dengan bahan kaca yang akan diubah menjadi media sinar berupa laser.

Sinar laser yang kami sebut tersebut berfungsi untuk memanaskan serat optik yang terputus pada core, dan bisa tersambung dengan tepat. Akurasi yang tinggi harus dimiliki oleh alat ini guna mendapatkan proses penyambungan terbaik.

Alat Penyambung Kabel Fiber Optik

Saat penyambungan akan terjadi peleburan kaca dan menghasilkan media yang tersambung utuh tanpa celah. Serta akan mengandung senyawa yang sama.

  • Stipper (Miller)

Alat selanjutnya yang juga wajib digunakan dalam penyambungan kabel fiber optik ialah stipper. Yang mana berguna untuk memotong atau mengupas kulit maupun daging dari kabel.

  • Cleaver

Cleaver tools adalah alat selanjutnya yang diperlukan. Guna alat ini ialah untuk memotong core dengan kulit kabel yang terkelupas. Dengan menggunakan alat ini, core akan terpotong dengan rapi dan dapat diteruskan pada tahap jointing.

  • Optical Power Meter Atau OPM

OPM adalah alat yang berguna untuk mengetahui kekuatan daya sinyal cahaya yang masuk dalam fiber optik. OPM ini dipasang untuk menghubungkan dengan pathcore FC. Jadi Anda bisa mengukur kekuatan daya sinyal optik dengan mudah.

  • Optical Time Domain Reflectometer Atau ORDR

OTDR berguna untuk mendeteksi komunikasi atau himpunan dari suatu kabel berserat optik dalam jarak tempuh tertentu. Jadi, ketika menentukan troubleshooting, akan lebih mudah bagi teknisi untuk mengetahui di mana letak ganggungan terjadi.

Selain itu, OTDR juga digunakan untuk mendeteksi kabel crack, kemudian putusnya core yang tidak diketahui lokasi putusnya, serta terputusnya kabel yang terjadi saat melakukan bending.

  • Optical Light Source

Selanjutnya, dalam penyambungan kabel fiber optik, teknisi juga perlu menggunakan optical light source. Alat ini berguna untuk memancarkan sinyal optik yang berupa laser. Selain itu juga berfungsi untuk memberikan sinyal ke jalur yang nantinya akan dilalui.

  • Optical Fiber Identifier

Optical fiber identifier merupakan salah satu alat yang juga sangat penting untuk menyambungkan kabel fiber optik. Di mana berguna untuk mengetahui arah dari sinyal menggunakan penunjuk arah serta besaran daya yang akan dilewati nantinya.

  • Visual Fault Locator Atau Senter Fiber Optik

Alat yang satu ini juga bisa disebut sebagai laser fiber optik yang memiliki kegunaan untuk mengetes core fiber optik. Laser fiber optik akan sampai pada titik tujuan ketika core tidak bermasalah.

Pengetesan core ini sangat penting sebelum dilakukan penyambungan, agar tidak sampai selesai dilakukan penyambungan tetapi core malah tidak berfungsi dengan baik.

  • Bit Error Rate Test

Untuk mengecek koneksi jaringan time division multipleks atau TDM, teknisi memerlukan alat ini. Dalam proses pengecekan, akan dilakukan pengiriman paket yang berisikan tx dan rx error. Dengan begitu akan diketahui seberapa besar error rate yang ada.

Nah, itulah seperangkat alat penyambung kabel fiber optik yang wajib dimiliki dan diperlukan dalam menyambung kabel fiber optik. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari seperangkat alat di atas, bisa jadi penyambungan yang dilakukan tidak akan berjalan dengan lancar.

Bahkan bisa saja terjadi masalah yang menyebabkan error atau kerusakan pada kabel fiber optik yang disambungkan tersebut. Oleh karena itu, gunakan jasa Xpertindo dalam hal ini, agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dan sesuai dengan standar operasionalnya.

Gunakan Jasa Expertindo Dengan Alat Penyambung Kabel Fiber Optik Lengkap!

Xpertindo adalah perusahaan yang bergelut di bidang jasa setting peralatan IT dan juga jaringan terbaik yang bisa Anda percaya. Dengan pengalaman yang panjang kami bisa mengerjakan segala macam setting yang berhubungan dengan peralatan IT dan juga jaringan yang Anda butuhkan.

crimpers

Salah satunya ialah menyambungkan kabel fiber optik. Dalam proses penyambungannya tersebut, kami selalu menggunakan alat penyambung kabel fiber optik lengkap. Anda pasti akan mendapatkan hasil terbaik dari kerja kami.

Selain seperangkat alat lengkap, kami juga menggunakan tenaga kerja yang sudah ahli dan memiliki sertifikasi masing – masing. Jadi hasil penyambungan kabel fiber yang kami lakukan pasti sempurna dan tidak ada sedikitpun kesalahan yang akan terjadi.

Anda sebagai pelanggan sudah pasti akan sangat puas dengan kerja dari tim yang kami kami kirim. Kepuasan Anda adalah prioritas bagi kami. Jika setiap pelanggan merasa puas akan kerja profesional yang diberikan oleh tim Xpertindo, sudah pasti akan semakin banyak pelanggan yang datang dan menggunakan jasa kami.

Lalu bagaimana cara untuk menggunakan jasa Xpertindo? Berikut adalah ulasan yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan jasa kami. Simaklah dengan seksama!

Cara Menggunakan Jasa Xpertindo

Untuk mendapatkan jasa setting mikrotik dan jaringan terbaik dari Xpertindo, Anda tak perlu bingung atau merasa pusing. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Xpertindo. Di dalam sana ada berbagai macam informasi yang Anda butuhkan.

Mulai dari informasi mengenai jaringan, alat – alat IT, dan masih banyak lainnya. Anda juga bisa mendapatkan kontak kami yang bisa langsung Anda hubungi sesuai dengan arahan yang ada. Anda juga bisa menemukan berbagai pelayanan yang sudah kami sediakan.

Ketika Anda menghubungi kami, sudah pasti Anda tak akan merasa kecewa. Pelayanan yang hangat dan bersahabat akan langsung menyambut Anda dengan baik. Anda bisa menyampaikan apa yang menjadi keluhan dan keperluan Anda. 

Kami siap untuk segera meluncur ke lokasi yang Anda berikan alamatnya. Guna melakukan setting yang menjadi kebutuhan Anda. Satu tim dengan kualifikasi penuh pada setiap orangnya sudah pasti bisa Anda percaya untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Lalu apalagi yang masih Anda tunggu? Segera hubungi kami dan gunakan jasa Xpertindo untuk dapatkan kepuasan dari pelayanan terbaik.

Penyambungan kabel fiber optik dengan seperangkat alat penyambung kabel fiber optik lengkap, dijamin akan Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Bahkan Anda juga bisa melakukan diskusi untuk mendapatkan harga yang paling pas. Dapatkan pula penawaran – penawaran terbaik dari Xpertindo sekarang juga.

Related Posts