Cloud Consultant

by admin

Cloud Consultant merupakan suatu pekerjaan yang erat kaitannya dengan proses cloud komputer. Seorang Cloud Consultant dapat memenuhi kepentingan perusahaan untuk menyimpan salinan program maupun materi di komputer masing-masing dan bisa secara jarak jauh. 

Dalam memilih Cloud Consultant untuk perusahaan Anda, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal. Dan sebelum itu, Anda juga perlu memahami mengenai cloud computing terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda!

Apa itu Cloud Consultant?

“Cloud” mengacu pada server yang diakses melalui internet dan perangkat lunak juga basis data yang berjalan pada server tersebut. Dengan memakai cloud computing atau komputasi awan ini, perusahaan dan pengguna tidak perlu mengelola server fisik sendiri atau menjalankan sendiri aplikasi perangkat lunaknya pada mesin. 

Untuk cloud computing, ini merupakan ketersediaan sumber daya sistem komputer yang sesuai dengan permintaan, terutama pada penyimpanan data serta daya komputasi tanpa pengelolaan aktif oleh pengguna.

cloud consultant

Pada umumnya, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan pusat data yang tersedia untuk banyak pengguna melalui internet. Cloud Consultant sendiri adalah seorang spesialis yang bekerja dengan metode cloud computing.

Cloud Consultant inilah yang kemudian menganalisis data untuk memastikan solusi mana dari cloud yang paling baik atau layak dengan keperluan para pelanggan. Seorang Cloud Consultant akan membuat rekomendasi yang berdasarkan analisis mereka.

Jika memang Anda sudah sangat dekat dengan dunia komputer, tentu tidak akan asing lagi dengan namanya Cloud Consultant yang sudah terpercaya. Banyak orang yang mengenal cloud sebagai tempat untuk penyimpanan data virtual tanpa menggunakan hard drive dari device tersebut.

Fungsi Cloud Computing pada Jasa Cloud Consultant

Sebelum memilih jasa Cloud Consultant, Anda perlu mengetahui sebenarnya apa fungsi dari cloud computing ini. Berikut adalah beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui:

  • Cloud computing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cloud computing mengedepankan kemudahan dan kenyamanan untuk para penggunanya. Caranya dengan pengoperasian yang sederhana, fitur dan teknologi terbaru yang canggih, serta teknologi cloud dapat memastikan pengguna agar dapat bekerja secara fleksibel kapan saja dan dimana saja.

  • Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan cloud yang digunakan untuk web hosting dan bisa digunakan untuk menyimpan data-data dan file pada website Anda pada server cloud. Disamping itu, cloud hosting juga bisa menjaga waktu uptime suatu website dan bisa menyeimbangkan beban distribusi servernya.

Metode yang satu ini disebut juga dengan shared hosting, sistem ini menggunakan berbagai macam server dengan resource dari berbagai sumber yang terpusat, hingga apabila terdapat server yang error, server lain pun tidak akan terpengaruh dan akan tetap berjalan secara normal.

Cloud hosting sendiri mempunyai keunggulan waktu dengan uptime yang tinggi, mudah dalam hal scaling dan mempunyai dedicated alamat IP serta resource.

  • Cloud database

Data-data yang tersimpan dan terkumpul pada server cloud disebut dengan cloud database. Jadi, cloud database sendiri merupakan tempat yang mana data-data dikumpulkan, disimpan hingga diolah pada platform cloud.

Sistem ini bisa diolah secara independen atau pribadi atau bisa juga diserahkan pada provider penyedia layanan cloud. Anda bisa mengakses database pada cloud secara pribadi atau melalui cloud provider. Data-datanya disimpan secara sistematis hingga saat user ingin mengambil data untuk diolah, data tersebut akan mudah diakses.

  • Cloud backup

Cloud backup adalah suatu metode pencadangan data dengan storage penyimpanan di server cloud. Cloud backup memakai storage virtual, bukan fisik seperti berbentuk hardware.

Cloud hardware dapat memberi kemudahan dalam upgrade kapasitas cloud storage, memudahkan dalam proses pemindahan serta penyalinan data. Backup dapat dijadwalkan serta di otomatisasi, data pun bisa kapan saja, dimana saja dan oleh media apa saja.

  • Cloud networking

Sistem yang satu ini adalah salah satu infrastruktur IT yang mana sebagian maupun seluruh sumber daya jaringan yang mencakup virtual router, bandwidth, firewall dan software manajemen networking yang di hosting pada platform public cloud atau private cloud.

Selain beberapa fungsi diatas, cloud computing juga berfungsi sebagai cloud API (Applications Programming Interfaces), Cloud Security dan Internet of Things (IoT).

Tips Memilih Konsultan Untuk Bisnis Anda

Jika Anda sudah memutuskan untuk mempercayakan perusahaan Anda pada Cloud Consultant, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah tips-tips dalam memilih perusahaan Cloud Consultant.

  • Kebutuhan organisasi atau perusahaan

Anda sebagai pengguna tentu harus memiliki tujuan dalam beralih menggunakan cloud computing. Apabila tidak ingin menghabiskan waktu dan uang demi layanan cloud yang tidak sesuai, Anda harus mengetahui lebih banyak mengenai kebutuhan dan ekspektasi Anda untuk menghemat biaya.

Cloud technology

Dengan demikian, Anda harus membuat daftar tujuan terlebih dahulu sebelum akhirnya memilih Cloud Consulting.

  • Keamanan data

Saat hendak beralih menggunakan Cloud Consulting, Anda perlu memperhatikan berbagai keamanan  data yang ditawarkan. Apakah sistem cloud tersebut disertai dengan anti virus, firewall, enkripsi data, multifactor user authentication serta audit keamanan secara rutin atau tidak.

Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari serangan cyber. Anda juga bisa mendiskusikan tentang kompensasi disaster recovery centernya dengan Cloud Consultant, jika hal ini dibutuhkan demi menghindari kehilangan data-data.

  • Perhatikan performa server dan jaringan

Selanjutnya, hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih cloud provider, yakni perhatikan performa server dan jaringan dari cloud tersebut. Jika memang Anda ingin mendapatkan akses yang cepat ke aplikasi yang tersimpan pada cloud. 

Anda harus mengetahui lokasi aplikasi yang disimpan pada end user, jaringan di pusat cloud serta kecepatan diantara lapisan server dengan kapasitas yang digunakan.

Dengan begitu, Anda bisa menghitung performa dari cloud service provider sebelum menggunakannya nanti.

  • Dapat memonitor layanan dan keamanan

Apabila Anda akan beralih menggunakan layanan cloud, seluruh sistem yang Anda gunakan akan dimonitor oleh penyedia layanan secara berkala. Biasanya mereka akan melakukan cara ini, bukan hanya oleh sistem namun juga oleh pusat operasional yang dapat membantu.

Dengan begitu, Anda perlu bertanya apakah penyedia layanan juga akan memonitor terkait dengan keamanan cyber, dan pastikan juga bahwa Anda memperoleh laporan bulanan terhadap layanan yang dipakai. 

Sehingga Anda pun dapat memastikan bagaimana transparansi layanan yang diberikan oleh mereka.

  • Menawarkan Service Level Agreement (SLA)

Saat ini banyak beberapa layanan cloud yang menawarkan SLA tinggi kepada para pelanggannya. Hal tersebut dilakukan untuk memberi pengalaman layanan cloud terbaik.

Pada banyak kasus, SLA dihitung saat sistem layanan cloud mengalami kegagalan, bukan ketika ketersediaan layanan sedang berjalan. Dengan begitu, Anda harus menemukan cloud service provider yang bisa menjelaskan rencananya untuk memenuhi SLA kepada pelanggan dalam memastikan kompetensi layanan cloud.

Jika Anda akan beralih ke sistem cloud, seluruh sistem yang  dipergunakan akan dimonitor secara berkala oleh penyedia layanan. Untuk itu, Anda harus bertanya apakah penyedia layanan juga dapat memonitor terkait keamanan cyber dan perlu dipastikan bahwa Anda akan memperoleh laporan bulanan terhadap layanan yang digunakan.

Untuk itu, Anda perlu memilih layanan Cloud Consultant Indonesia yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Jika Anda masih bingung mencari layanan ini, kami rekomendasikan untuk Anda mempercayakannya pada Xpertindo.

Kami adalah layanan yang bergerak di bidang IT Network Solution da telah berpengalaman dalam mengerjakan project serta training IT. Terpenting, kami juga bisa membantu Anda sebagai Cloud Consultant.

Related Posts