Sertifikasi Mikrotik

by admin
sertifikasi mikrotik

Dikenal sebagai sertifikat bertaraf Internasional, membuat semua orang berusaha keras untuk mendapatkan sertifikasi mikrotik ini. Mengingat sekarang di dunia itu terdapat banyak sekali sertifikasi bertaraf internasional yang jika dimiliki akan menciptakan privilege terhadap seseorang tersendiri. Jika Anda memiliki salah satunya, tidak mungkin perusahaan atau organisasi menjadikan lamaran Anda terbuang begitu saja.

Terlebih jika Anda menyertakan sertifikat TOEFL dan IELTS dengan angka tinggi. Maka perusahaan tentu yang akan memburu Anda dengan kualifikasi yang sudah dimiliki tersebut. Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah dalam mendapatkan sertifikat mikrotik tersebut bukan merupakan suatu proses yang cukup mudah. Mulai harus belajar dengan giat, memenuhi semua persyaratan yang diminta, dan menjalankan setiap tesnya.

6 Jenis Sertifikasi Mikrotik

Bagi Anda yang hendak terjun di dunia IT, sangat direkomendasikan untuk mengejar 6 sertifikasi mikrotik di bawah ini sehingga dapat menjadikan Anda sebagai seorang IT yang bermartabat bahkan diandalkan kapanpun dan di manapun oleh suatu perusahaan. Sementara, jenis sertifikat mikrotik itu sendiri memiliki 6 tingkatan dengan rincian sebagai berikut :

  • MTCNA 

MTCNA atau Mikrotik Certified Network Associate merupakan sertifikat tingkat paling dasar. Itu sebabnya, Anda harus berhasil mendapatkan sertifikat jenis ini jika hendak melanjutkan misi selanjutnya dalam memperoleh sertifikasi mikrotik yang lain.

Paling tidak, dalam tahap memperoleh sertifikat MTCNA, Anda harus mengetahui semua fitur mikrotik, meskipun tidak secara mendalam. Hal wajib yang harus Anda ketahui sebelum mengikuti kelas jenis ini adalah dasar-dasar terkait TCP/IP.

sertifikasi mikrotik

Di mana protokol tersebut merupakan gabungan dari protokol TCP atau Transmission Control Protocol serta IP atau Internet Protocol yang berperan sebagai sekelompok protokol dengan peran guna mengatur komunikasi data dalam suatu proses tukar-menukar data yang terjadi antara satu komputer dengan komputer lain di dalam suatu jaringan internet.

Peranan dari keduanya yakni guna memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Selain itu, Anda juga harus mengetahui terkait cara mengkoneksikan mikrotik dan juga terkait teknik trouble shooting hingga tools dari mikrotik itu sendiri.

  • MTCRE 

MTCRE atau Mikrotik Certified Routing Engineer berperan sebagai sertifikasi perangkat mikrotik di tingkatan kedua. Dalam tingkatan ini, Anda dapat dikatakan sebagai seorang yang mahir di tahap sebelumnya. Namun, Anda harus tahu bagaimana cara bekerja routing dan switching.

Nah, ilmu atau pengetahuan mendasar terkait routing atau switching tersebut sangat dibutuhkan sebelum nantinya Anda mengikuti kelas ini guna mendapatkan sertifikasi yang diinginkan.

Sedangkan rincian pengetahuan dasar lainnya yang perlu Anda kuasai seperti static routing secara teori serta praktiknya sekaligus, konsep routing dinamis, multiple gateway, hingga dasar serta cara konfigurasi OSPF atau Open Shortest Path First. Di mana, OSPF sendiri menjadi sebuah routing protokol standar jenis terbuka yang sudah diimplementasikan oleh banyak vendor jaringan di dunia.

  • MTCTE

Sertifikasi mikrotik selanjutnya adalah MTCTE atau Mikrotik Certified Traffic Control Class. Sertifikat satu ini umumnya menyediakan kelas yang diperuntukan kepada perusahaan. Di dalamnya, perusahaan akan mendalami terkait Farewell dan QoS atau limitasi bandwidth dengan lebih fokus yang membuat para pesertanya bisa memiliki kemampuan untuk memanipulasi paket yang berada di dalam router.

Perlu Anda ketahui bahwa kelas jenis ini tergolong sebagai kelas tersulit di antara jajaran kelas mikrotik lainnya. Akan tetapi, sertifikasi satu ini menjadi jenis sertifikasi mikrotik yang sangat berguna dan penting. Dengan memilikinya, Anda sudah pasti diterima dimanapun perusahaan yang diinginkan.

Perusahaan yang Anda bidik dan inginkan tersebut tentunya tidak akan menolak lamaran yang disertai dengan sertifikasi MTCTE sebab menganggap bahwa pelamar sudah siap kerja.

Selain itu, hal penting lainnya yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan sertifikasi perangkat mikrotik jenis MTCTE adalah terkait web proxy dilengkapi dampaknya, konsep QoS lengkap dengan tipe-tipenya, hingga dasar-dasar file lengkap dengan cara konfigurasinya.

Jika Anda berhasil menguasai materi-materi tersebut maka dijamin dalam tes sertifikasi satu ini Anda sudah pasti lulus untuk mendapatkan sertifikat impian yang sangat berguna di masa depan.

  • MTCUME

Sertifikasi mikrotik MTCUME disebut juga sebagai Mikrotik Certified User Management. Sesuai dengan namanya, sertifikasi MTCUME akan mengatur pengguna user serta memberikan radius lengkap dengan batas penggunaannya kepada sebuah hotspot.

Nah, dalam mendapatkannya, tentu Anda harus mengetahui seputar dunia Hotspot secara mahir. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus menguasai PTP tunnel sebagai protokol jaringan yang mampu merubah paket PPP menjadi IP datagram dengan tujuan transmisi melalui internet.

mikrotik

Guna memperoleh sertifikasi jenis ini Anda juga harus menguasai seputar security yang lengkap dengan konsep radio sekaligus. Dengan menguasai beberapa hal yang disebutkan tadi maka sertifikasi perangkat mikrotik jenis MTCUME bisa Anda peroleh dengan mudah.

Sementara, jika Anda merasa sulit atau merasa pesimis dengan kemampuan yang Anda miliki, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menguasai beragam materinya adalah melalui andil di setiap kelas pelatihan secara penuh.

Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan materi dan pengetahuan terkait hal-hal yang dibutuhkn untuk memperoleh sertifikat MTCUME. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk dapat mendalami materi yang disebutkan tadi adalah dengan belajar mandiri kepada ahlinya.

  • MTCWE

Selain beberapa sertifikasi mikrotik di atas, sebagai seseorang yang mendalami dunia IT, Anda juga sangat direkomendasikan untuk memiliki sertifikat MTCWE atau Mikrotik Certified Wireless Engineer.

Tahukah Anda, ketika seseorang memiliki sertifikat jenis ini, maka orang tersebut sudah bisa dikatakan sebagai Network engineers tingkat internasional? Di mana, network engineer tingkat internasional yang dimaksud bisa memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di perusahaan go internasional seperti Google.

Namun, untuk berhasil di dalam tingkatan satu ini, Anda harus mengetahui materi-materi terkait metode nirkabel secara mahir dilengkapi dengan penerapannya sekaligus pada mikrotik.

  • MTCINE

Sertifikasi mikrotik terakhir yang akan kami bahas adalah MTCINE atau Mikrotik Certified Inter Networking Engineer. Sebagai sertifikat tertinggi, pada tahap ini, Anda sudah resmi menjadi seorang Network Engineer dengan kualifikasi kemampuan melalui BGP atau Border Gateway Protocol. Di mana, BGP sendiri berperan sebagai inti dari protokol routing internet yang yang memiliki tugas sebagai perantara pertukaran informasi routing dengan sesama jaringan

Protokol satu ini juga berperan sebagai Backbone oleh jaringan internet yang ada di dunia serta bekerja melalui pemetaan sebuah tabel IP jaringan menuju network yang dicapai antar AS atau Autonomous System. Perlu diketahui juga bahwa di dalam tingkatan sertifikasi mikrotik satu ini, Anda harus mengetahui seputar MPLS atau Multiprotocol Label Switching sebagai teknologi penyampaian paket dari jaringan Backbone dengan kecepatan tinggi.

Xpertindo, Tim Berpengalaman dengan Sertifikasi Mikrotik

Dengan mengetahui beberapa jenis tingkatan dari sertifikasi mikrotik, tentu harus membuat Anda lebih semangat untuk mendapatkan salah satu atau semuanya. Sebab, sangat penting bagi karir atau masa depan Anda nantinya khususnya di dunia IT.

Xpertindo adalah salah satu jasa IT konsultan yang memiliki sertifikasi mikrotik dengan profesionalitas tingkat tinggi. Anda bisa menggunakan jasa setting mikrotik dan jaringan dengan harga terjangkau di tempat kami. Jadi, segera hubungi Xpertindo untuk kepentingan setting jaringan di tempat Anda.

Related Posts