Jasa Setting Mikrotik

by admin
jasa setting mikrotik

Jasa setting mikrotik melayani berbagai setup mikrotik dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan menggunakan jasa ini dapat membantu berbagai permasalahan jaringan internet kantor dan sebagainya.

Tentunya saat memilih jasa setting mikrotik tidak hanya memperhatikan soal harga saja melainkan tenaga ahli profesional yang dimilikinya. Dengan begitu, setiap jenis instalasi atau konfigurasi mikrotik yang Anda butuhkan dapat berjalan dengan baik.

Jasa Setting Mikrotik dari Xpertindo

Mikrotik merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1995 di Latvia.Mikrotik termasuk perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras dan perangkat lunak. Dengan adanya perusahaan ini dapat mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.

Awalnya, mikrotik ditujukan untuk pelanggan yang menggunakan teknologi nirkabel atau wireless yaitu pada perusahaan jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).

Namun seiring dengan perkembangan zaman, mikrotik telah memberikan layanan untuk pelanggan ISP nirkabel agar bisa menikmati layanan akses internet di berbagai negara termasuk di Indonesia. 

Mengingat mikrotik adalah salah satu komponen penting dalam hal instalasi jaringan, kami menyediakan jasa setting mikrotik terpercaya. Xpertindo merupakan salah satu jasa setting mikrotik yang memiliki pengalaman lebih di bidang ini. 

jasa setting mikrotik

Tim kami sangat berpengalaman, sehingga mampu membantu proses instalasi dan pengaturan mikrotik yang useful bagi operasional jaringan. Bila Anda membutuhkan jasa kami, segeralah menghubungi admin Xpertindo untuk kerjasama lebih lanjut. Kami menawarkan harga yang terbaik serta fasilitas prima untuk para klien yang ingin menggunakan jasa tim Xpertindo. 

Dengan pengalaman selama belasan tahun, kami mampu memberikan pelayanan terbaik bagi klien yang menginginkan pengaturan mikrotik di tempatnya. Pastikan untuk menggunakan jasa Xpertindo, karena kami memberikan pelayanan terbaik. 

Manfaat Menggunakan Mikrotik

Seperti yang kita tahu bahwa mikrotik memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Saat Anda melakukan setting atau konfigurasi mikrotik melalui jasa profesional akan semakin meningkatkan fungsi dari mikrotik sendiri.

Adapun beberapa manfaat dari mikrotik adalah dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan seperti berikut ini :

  • Sebagai pengatur bandwidth management

Manfaat dari mikrotik yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pengatur bandwidth management, dimana pada setiap jaringan internet memiliki peraturan atau rules dalam setiap pembagian bandwidth management dari ISP.

Pengaturan bandwidth management ini sangat cocok untuk mencukupi kebutuhan akses internet pada sebuah perusahaan. Bisa Anda bayangkan sendiri apabila di dalam perusahaan tidak memiliki pengaturan ini, pasti akan menghambat jaringan internet itu sendiri.

Seperti misalnya, jika perusahaan memiliki bandwidth internet sebesar 10 Mbps dan terdapat 20 karyawan yang sedang menggunakan akses internet. Sementara ada satu karyawan yang menggunakan komputer untuk mendownload file maka bisa saja bandwidth sebesar 10 Mbps tersebut habis digunakan untuk 1 komputer saja.

Maka dari itu, pembagian bandwidth ini sangat penting untuk menunjang segala keperluan penting seperti mengirim email, download attachment, akses aplikasi dan sebagainya.

Melalui pengaturan bandwidth management pada sebuah mikrotik ini dapat memberikan konektivitas internet secara merata pada sebuah perusahaan. Atau pengaturan bandwidth yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti direktur dan admin.

  • Sebagai load balancing

Manfaat berikutnya dari mikrotik adalah digunakan sebagai load balancing atau Failover. Fungsinya adalah jika dalam sebagai perusahaan terdapat dua ISP atau lebih maka mikrotik ini dapat berperan sebagai backup atau kebutuhan internet yang lebih besar.

Jadi apabila terjadi downtime internet maka masih terdapat ISP berikutnya yang menggantikan. Selain itu, mikrotik juga dapat menjalankan beberapa ISP sekaligus dalam satu jaringan yang sama. Oleh karena itu, downtime jaringan pun dapat diatasi dengan baik.

  • Sebagai DHCP

Mikrotik dapat digunakan sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) yang merupakan service pada sebuah perangkat yang dapat mendistribusikan IP address di dalam jaringan secara otomatis. 

Melalui DHCP pada mikrotik dapat mengatur IP Address dengan segmenting dan subnetting. Oleh karena itu, jaringan dapat diatur untuk digunakan atau diakses secara bersamaan oleh 1000 user atau lebih.

Selain itu, DHCP juga dapat digunakan untuk membantu distribusi informasi netmask, default gateway, konfigurasi DNS NTP server serta masih banyak lagi. DHCP pun bisa digunakan secara bersamaan yaitu DHCP server dan DHCP Client.

  • Sebagai firewall

Pada mikrotik RouterOS terdapat fitur firewall yang merupakan sebuah fitur populer yang digunakan untuk melakukan filtering akses (Filter Rule), forwarding (NAT) dan dijadikan sebagai tanda koneksi dari trafik data yang melewati router.

Dalam fitur firewall ini terdapat rule yang harus ditambahkan agar fungsinya bekerja secara optimal. Parameter yang digunakan untuk menentukan jenis trafik sesuai dengan fungsinya disebut dengan Chain.

setting mikrotik

Perlu diketahui bahwa pada setiap jenis trafik pada fitur firewall seperti filter Rule, NAT dan Mangle memiliki pilihan chain yang berbeda pula. Parameter yang digunakan biasanya mengacu pada skema traffic flow dari router. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui jenis traffic yang akan di manage melalui firewall.

  • Sebagai pemecah link internet

Salah satu manfaat mikrotik yang paling populer adalah sebagai pemecah link internet lokal dan international traffic. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pencarian data di perusahaan secara lokal maupun data international.

  • Sebagai billing hotspot

Berikutnya, mikrotik dapat dimanfaatkan sebagai billing hotspot yang tersedia dalam bentuk voucher internet. Dengan begitu, mikrotik dapat digunakan untuk akses internet di wilayah tertentu saja.

  • Sebagai Vlan

Mikrotik dapat digunakan sebagai Vlan yang dapat menghubungkan koneksi jaringan antar jaringan komputer di tempat yang berbeda hingga antar pulau dan negara. Hal ini dapat memudahkan pengguna dalam melakukan akses data melalui jaringan komputer.

  • Sebagai Wifi

Pada mikrotik dilengkapi dengan fitur wireless yang dapat digunakan sebagai acces point pada jaringan wifi. Dengan menggunakan wifi dapat memudahkan akses konektivitas internet yang lebih lancar dan stabil sesuai dengan kecepatannya.

  • Sebagai limitasi IP

Mikrotik digunakan sebagai limitasi IP serta dapat membatasi download file extension. Seperti misalnya dalam sebuah perusahaan, tidak semua karyawan dapat mendownload semua jenis file. Ada beberapa karyawan yang hanya bisa mengakses file tertentu saja.

  • Dapat memblock port game

Penggunaan mikrotik untuk membloking port game seperti Dota, Pubg, Mobile Legend dan sebagainya juga dapat berfungsi untuk memisahkan antara traffic game dan browsing. Sehingga tidak akan mengganggu saat mendownload game maupun melakukan pekerjaan browsing lainnya.

Gunakan Jasa Setting Mikrotik Kami

Nah, itulah berbagai manfaat jika Anda melakukan instalasi mikrotik. Pastikan Anda memanfaatkan jasa setting mikrotik terpercaya seperti kami untuk melakukan setting instalasi maupun setting mikrotik. 

Sebelum Anda memasang Mikrotik untuk kebutuhan internet. Pastikan Anda mengetahui jenis-jenis mikrotiknya terlebih dahulu. Jika butuh bantuan untuk penjelasan mikrotiknya, konsultasikan sekarang dengan tim kami.

Kami akan membantu Anda untuk melakukan instalasi dan pengaturan mikrotik agar jaringan bisa langsung dipergunakan untuk bertukar data. Gunakan jasa kami sekarang juga!

Related Posts