Jenis Kabel Fiber Optik

by admin
jenis kabel fiber optik

Jenis kabel fiber optik adalah yang sekarang ini paling banyak dimanfaatkan untuk mengirimkan data dalam bentuk suara, pesan, atau gambar dengan lebih cepat.

Fiber optik sendiri adalah salah satu jenis kabel yang berfungsi untuk melakukan komunikasi atau transmisi data antar jaringan. Cukup menarik, bukan?

Banyak penyedia jasa internet, komunikasi, dan TV kabel yang memanfaatkan jaringan fiber optik ini untuk menyediakan layanan komunikasi dan internet yang lebih cepat bagi para pelanggannya.

Mengenal Jenis Kabel Fiber Optik 

Jenis kabel fiber optik yang terbuat dari serat kaca dan berukuran sangat kecil ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis kabel yang lain, seperti:

  • Mampu mengirimkan data dengan kecepatan tinggi
  • Memiliki bandwidth yang besar dan pelemahan yang rendah
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi
  • Ukurannya lebih tipis dan ringan
  • Bahan tidak akan berkarat
  • Tidak mempunyai arus listrik
  • Mampu mengirimkan data dalam bentuk digital
  • Mampu mengirimkan data lebih banyak dengan kabel yang lebih sedikit
  • Mampu melakukan transmisi dalam jarak yang lebih jauh

Keberadaan kabel ini diketahui sudah semakin menggantikan fungsi kabel tembaga dalam industri telekomunikasi.

Jenis Kabel Fiber Optik

Perbedaan yang mendasar antara keduanya adalah pada sinyal listrik diubah menjadi cahaya terlebih dulu sebelum ditransmisikan.

Walaupun memanfaatkan proses transmisi cahaya, kecepatan transmisi yang melalui kabel ini  tidak benar-benar setara dengan kecepatan cahaya sungguhan, ini dikarenakan lapisan kaca pada komponen kabel ini yang lebih padat.

Meskipun begitu, kecepatannya tetap terhitung cukup tinggi, yaitu hanya sekitar 30% lebih lambat dibandingkan kecepatan cahaya. Ini sudah jauh lebih tinggi dibandingkan berbagai pilihan kabel fiber optik lainnya.

Berdasarkan fungsinya, ada dua jenis kabel fiber optik, yaitu kabel fiber optik single mode atau mode tunggal dan kabel fiber optik multimode.

Mode Tunggal (Single Mode)

Jenis fiber optik yang pertama ini diberi nama mode tunggal atau single mode karena hanya memiliki transmisi tunggal.

Artinya, hanya bisa menyebarkan atau dilewati satu cahaya (tunggal) dalam satu waktu.

Kabel fiber optik jenis single mode melakukan transmisi data dengan menggunakan jenis cahaya laser yang ditransmisikan secara lurus melewati inti. 

Di dalam konstruksi kabel fiber optik, bagian inti adalah yang bertugas melakukan transmisi cahaya, dan ukurannya akan mempengaruhi kemampuannya untuk mentransmisikan cahaya.

Bagian inti dari kabel fiber optik jenis ini berukuran kecil, diameternya hanya sekitar 9 mikrometer. Sementara selubung intinya adalah yang paling tebal dibandingkan kabel fiber optik lainnya, yaitu jenis multi-mode.

Karena diameternya lebih kecil dan hanya mampu membawa satu cahaya atau cahaya tunggal dengan arah transmisi yang lurus, maka pantulan cahaya yang muncul akan semakin sedikit dan pelemahan bisa dikurangi. 

Inilah sebabnya kabel fiber optik jenis single mode ini lebih cocok dan aman digunakan untuk memfasilitasi pengiriman data atau komunikasi dalam jarak yang lebih jauh, hingga ratusan kilometer.

Contoh pemanfaatan dari kabel optik single mode ini adalah untuk kabel bawah laut yang bertugas menghubungkan komunikasi dan pengiriman data antar negara-negara di dunia.

MultiMode

Jenis yang kedua adalah kabel fiber optik multimode yang memiliki transmisi lebih banyak.

Artinya, jenis fiber optik yang satu ini bisa menyebarkan banyak sumber cahaya sekaligus dalam satu waktu, sehingga memungkinkan untuk mewadahi lebih banyak aliran data saat proses pengiriman.

Setiap sumber cahaya yang ditransmisikan di dalam kabel jenis multi-mode ini memiliki sudut pantulan yang berbeda-beda.

Ukuran diameter bagian intinya juga lebih besar dan tebal dibandingkan dengan kabel jenis single mode, yaitu sekitar 625 mikrometer.

Jika dibandingkan dengan kabel jenis single mode, jenis multi-mode ini memiliki pantulan cahaya yang lebih banyak dan bandwidth dan jarak transmisi yang lebih rendah, yaitu hanya beberapa ratus meter saja.

Meskipun begitu jenis kabel yang satu ini mampu mengirimkan lebih banyak data dalam waktu bersamaan, karena itulah kabel jenis multi-mode lebih cocok digunakan untuk pengiriman data atau komunikasi jarak dekat.

Kelemahan Menggunakan Kabel Fiber Optik

Di awal sudah dibahas sedikit tentang kelebihan dari menggunakan kabel fiber optik, tapi walaupun memiliki cukup banyak kelebihan, penggunaan jenis kabel yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan tersendiri, seperti:

  • Proses Instalasinya Cenderung Sulit

Sebelum bisa digunakan, kabel fiber optik terlebih dulu harus melalui proses instalasi yang cukup sulit. Secara keseluruhan prosesnya membutuhkan banyak proses penggalian dan instalasi yang harus dilakukan oleh banyak pekerja ahli yang sudah terampil, karena itulah biaya yang dibutuhkan cukup besar.

fiber optik

Hal ini jugalah yang menyebabkan kabel fiber optik lebih banyak dijadikan pilihan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan komunikasi yang besar dan siap mengeluarkan budget lebih untuk memastikan akses yang lebih cepat bagi pengguna layanannya.

  • Biaya Perawatannya Lebih Mahal

Dari segi fungsinya, kabel ini memang terkenal lebih awet dan tidak mudah mengalami gangguan dibandingkan jenis kabel yang lain. Tapi, jika sampai mengalami kerusakan, biaya yang diperlukan juga akan lebih besar.

Bentuk fisik kabel ini lebih tipis dan ringan sehingga lebih rawan terpotong atau mengalami kerusakan dibandingkan kabel jenis lain. Jika tidak hati-hati dalam proses instalasi dan tidak memberikan perlindungan yang cukup setelah kabel terpasang, biaya yang dikeluarkan untuk pemulihannya bisa sangat mahal.

Biaya yang cukup besar ini diperkirakan sebagian besar berasal dari peralatan khusus yang diperlukan untuk melakukan perawatan dan memperbaiki kabel fiber optik yang rusak.

  • Harus Dipasang di Jalur yang Berbelok

Karena proses transmisi datanya sangat bergantung pada transmisi cahaya, fungsi kabel fiber optik akan lebih maksimal jika dipasang pada jalur yang berbelok atau memiliki sudut yang melengkung.

Pemasangan yang seperti ini bisa membuat gelombang cahaya berjalan dengan lebih lancar dan tanpa hambatan, sehingga memaksimalkan kelancaran dan kecepatan proses transmisi data melalui transmisi cahaya.

Walaupun memiliki beberapa kelemahan seperti di atas, penggunaan kabel ini tetap menjadi pilihan yang menjanjikan dengan kualitas transmisi datanya yang jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan jenis kabel lainnya.

Jasa Instalasi Berbagai Jenis Kabel Fiber Optik dari Xpertindo

Khusus untuk Anda, kami dari Xpertindo menyediakan jasa instalasi dan penarikan berbagai kabel fiber optik ataupun UTP. 

Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jasa instalasi jaringan dan konfigurasi seperti berikut:

  • Access point
  • Switch
  • Router service provider
  • Router enterprise
  • Cisco ACI
  • Cisco Firewall ASA

Tim ahli yang sudah bersertifikat internasional dari Xpertindo akan membantu menyelesaikan segala masalah jaringan Anda dengan cepat dan profesional.

Untuk instalasi jaringan dan berbagai jenis kabel fiber optik, jangan ragu untuk segera menghubungi kami di link berikut.

Related Posts