Apa Itu LAN Beserta Fungsi dan Manfaatnya

by admin
apa itu lan

Apa itu LAN? Sering nggak sih Anda bertanya-tanya, mengapa kalau lagi nebeng wifi di kafe, mall, sekolah, kuliah, atau di tempat lainnya suka menemui jaringan internet yang susah dijangkau? Misalnya saja di teras kafe. Hal ini karena jaringan internet tersebut dibatasi jangkauannya. Misalnya saja hanya di dalam bangunan. Nah, itulah yang disebut dengan jaringan LAN.

Apa itu LAN?

LAN atau kepanjangan dari Local Area Network adalah jaringan yang terbatas pada sebuah wilayah kecil berupa kompleks atau bangunan tertentu. Contohnya saja kafe, perkantoran, mall, restoran, dan lain lain. Local Area Network juga bisa diartikan sebagai sistem komunikasi komputer yang jaraknya tidak sampai berpuluh kilometer dan memiliki kecepatan tinggi dari 2 sampai 100 Mbps lebih.

Oh iya, selain Wifi, contoh Local Area Network lain yang juga menggunakan jaringan dinamakan Ethernet.

Apa Itu LAN, Komponen, dan Prinsip Kerjanya

Selain pengertian apa itu LAN, jaringan ini sendiri memiliki beberapa komponen dan prinsip kerja tertentu. Local Area Network sendiri memiliki 2 komponen utama dalam jaringannya, yaitu

  • Node

Node adalah titik yang dapat menghasilkan atau menerima input data, juga bisa melakukan keduanya. Node ini bentuknya berupa komputer yang saling terhubung satu sama lain.

  • Link

Link sendiri merupakan jalur informasi atau transformasi data dari satu node ke node yang lain. Jadi, link ini menyambungkan setiap node pada sebuah jaringan yang terbentuk.

apa itu lan

Lalu untuk prinsip kerja Local Area Network sendiri tergantung pada bentuk pola atau topologi dari LAN itu. Ada dua pola pada Local Area Network, yaitu pola tidak terpusat dan pola terpusat. Bagi yang menggunakan pola tidak terpusat, biasanya setiap komputer yang terhubung dinamakan host. Sedangkan bagi yang menggunakan pola terpusat, maka akan ada istilah yang dinamkan server dan workstation.

  • Server

Ketika berusaha mengenal LAN, Anda juga harus mengenal apa itu server. Server dalam Local Area Network adalah pusat dari jaringan yang dapat mengendalikan transmisi data. Misalnya saja mengatur banyak komputer yang ada dalam workstation ketika mengakses internet.

Contohnya saja memblokir situs yang tidak diinginkan seperti porn web, kekerasan, cyber, dan lain-lain. Selain itu server juga dapat mengatur perangkat lainnya yang tersambung seperti printer, disk, dan lain lain.

  • Workstation

Selain itu, ketika berusaha mengenal LAN, Workstation adalah satu atau beberapa komputer yang yang tersambung dengan server. Komputer-komputer ini terhubung dengan bantuan switch atau hub satu sama lain sehingga dapat bertukar data antara satu komputer dengan komputer lain atau komputer dengan server itu sendiri.

Ketika server dan workstation terhubung, maka akan membentuk sebuah link atau jaringan. Lalu printer yang terhubung dengan komputer server pun juga dapat terhubung dengan komputer yang menjadi workstation dengan bantuan hub.

Karakteristik LAN dan Bedanya dengan MAN & WAN

Selain pengertian apa itu LAN, ada juga sebutan lain untuk jaringan yang lebih luas jangkauannya, yaitu MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Nah, untuk membedakan dari 2 jaringan itu, Local Area Network memiliki karakteristik tersendiri, yaitu

  • LAN terdapat dalam ruang lingkup yang cukup kecil dan sempit seperti gedung, perkantoran, sekolah, kafe, restoran, dan lain-lain).
  • Perpindahan data dalam jaringan Local Area Network memiliki tingkat kecepatan yang lebih tinggi.
  • LAN sendiri tidak harus memiliki jaringan data telekomunikasi seperti akses internet. Atau malah tidak memerlukan akses internet sama sekali.

Komponen Jaringan LAN

Dalam memahami pengertian apa itu LAN, Local Area Network sendiri juga memiliki beberapa macam komponen yang membangun jaringannya, yaitu :

  1. Workstation adalah suatu node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
  2. Server, biasanya berbentuk perangkat keras yang berfungsi sebagai pengatur jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. Lalu perangkat lainnya yang juga bekerja pada workstation seperti printer, disk, dan lain-lain juga bekerja di bawah server.
  3. Link, merupakan hubungan antara Workstation dan server agar sebuah perangkat dalam jaringan bekerja dengan baik.
  4. NIC (Network Interface Card) meruakan sebuah rangkaian elektronika yang dibuat untuk menangani network protokol, fungsinya untuk menghubungkan workstation satu sama lain. Sehingga tidak menggunakan kabel jaringan ataupun transceiver
  5. Network Software, fungsinya untuk menjalankan jaringan sesuai dengan keinginan kita.

Inilah Fungsi LAN

Dalam pengertian apa itu LAN, jaringan ini juga memiliki fungsinya sendiri. Berikut ini fungsi Local Area Network yang harus Anda ketahui.

  1. Dalam suatu wilayah kecil dapat menghubungkan beberapa komputer
  2. Untuk melakukan komunikasi dengan beberapa komputer atau perangkat-perangkat lain. Contohnya saja seperti sharing data atau program software yang dijalankan bersama.
  3. Dapat mempercepat proses berbagi data dan program di komputer dalam sebuah jaringan.
  4. Dapat menghemat biaya operasional untuk pemakaian perangkat yang digunakan secara bersamaan (printer, disk, server, dan lain-lain)

network

Keuntungan dan Kerugian Local Area Network

Di artikel pengertian apa itu LAN ini, kami juga akan membahas mengenai keuntungan dan kerugian LAN. Dalam menggunakan Local Area Network, hal ini juga terdapat beberapa keuntungan dan kerugian selama prosesnya. Apa saja? Yuk langsung simak penjelasan keduanya di bawah ini

  • Keuntungan Local Area Network
    1. Memudahkan terjadinya pertukaan data berupa file apa pun yang disharing.
    2. Memudahkan kita untuk menggunakan printer bersama dengan komputer lainnya di suatu ruangan (Printer Sharing).
    3. Dapat mengontrol file data yang keluar atau masuk melalui server
    4. Dapat menjalankan proses backup data menjadi lebih mudah
    5. File data dapat disimpan di dalam server sehingga dapat diakses oleh semua komputer yang digunakan oleh semua karyawan. Tentu saja diatur berdasarkan organisasi yang terstruktur di dalam sebuah perusahaan sehingga keamanan datanya terjamin.
    6. Kehilangan data akibat virus menjadikan resikonya semakin kecil.
    7. Memudahkan komunikasi antar karwayan menggunakan e-mail maupun chat biasa.
    8. Akses internet menjadi lebih murah karena menggunakan server
    9. Informasi menjadi lebih mudah ditemukan.
    10. Bisa dijadikan workstation.
  • Kerugian Local Area Network
    1. Apabila salah satu komputer dalam jaringan terkena virus maka dikhawatirkan akan merembet ke komputer yang lain
    2. Pencurian data dapat terjadi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, terutama yang memegang komputer di bagian server maupun workstation.

Gunakan Jasa Xpertindo sebagai IT Consultant Sekarang!

Nah, itu dia pengertian beserta penjelasan mengenai fungsi, komponen LAN, kerugian, dan keuntungan dalam penggunaan Local Area Network. Bagi Anda yang ingin menghemat biaya untuk usaha Anda seperti penggunaan satu printer pada warnet, Anda bisa menggunakan jaringan LAN ini sebagai solusinya.

Selain itu, Local Area Network sendiri juga mempermudah Anda untuk sharing data ke pegawai dan juga menghemat memori penyimpanan. Lalu, juga efektif dalam pengerjaan tugas yang dilakukan secara bersamaan.

Bagi Anda yang membutuhkan pemasangan jaringan LAN untuk keperluan usaha Anda, Anda bisa menghubungi kami, Xpertindo. Selain melayani pemasangan jaringan, kami juga menyediakan Managed Service, Troubleshooting Jaringan, Network Consultant, dan lain-lain.

Related Posts