Konstruksi Kabel Fiber Optik

by admin
konstruksi kabel fiber optik

Penggunaan kabel jenis fiber optik sudah semakin populer, tapi masih banyak orang yang belum memahami dengan baik seperti apa konstruksi kabel fiber optik ini.

Dari sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966, kabel fiber optik sudah banyak sekali mengalami perkembangan teknologi.

Hingga sekarang kabel jenis ini banyak dijadikan pilihan oleh para penyedia layanan komunikasi dan internet karena kemampuannya dalam melakukan transmisi data secara cepat.

Untuk mengetahui penjelasan sederhana terkait konstruksi kabel fiber optik dan prinsip kerjanya, pastikan untuk membaca artikel berikut. Karena kami akan menjelaskan secara mendetail!

Konstruksi Kabel Fiber Optik dan Penjelasannya

Membahas tentang konstruksi kabel fiber, berarti kita akan membahas tentang bagian-bagian di dalam kabel ini yang memiliki fungsinya masing-masing.

Bagian-bagian dan Konstruksi Kabel Fiber Optik

Banyak orang yang penasaran dengan bagian dalam dari kabel fiber optik ini karena walaupun ukurannya sangat kecil, bahkan bisa lebih kecil dari rambut manusia, tapi kemampuannya untuk melakukan transmisi data tidak bisa diragukan lagi.

Konstruksi Kabel Fiber Optik

Bagian dalam dari kabel fiber optik bisa dipisahkan menjadi 4 bagian, yaitu core atau inti, cladding atau lapisan utama, coating atau lapisan pelindung, dan bagian outer jacket dan strength member.

  • Core

Seperti namanya, bagian core dari kabel fiber optik ini bisa disebut juga sebagai bagian inti. 

Tugasnya adalah menjadi media yang menghantarkan atau melakukan transmisi cahaya atau foton dari pengirim hingga sampai ke penerima.

Bagian core dari kabel fiber optik ini terbuat dari serat kaca dengan diameter yang sangat kecil.

Ukuran dari bagian inti ini akan mempengaruhi kemampuannya dalam melakukan transmisi cahaya. Contohnya pada kabel fiber optik jenis single mode yang memiliki diameter inti kecil dan hanya mampu melakukan transmisi cahaya tunggal.

Diameter inti yang lebih besar, seperti pada jenis kabel fiber optik multimode, akan bisa melakukan transmisi cahaya yang lebih banyak.

  • Cladding

Cladding adalah bagian lapisan pelindung inti utama dari konstruksi kabel fiber. 

Tugasnya adalah melindungi supaya cahaya yang sedang ditransmisikan tidak sampai keluar dari bagian core atau inti.

Selain itu, bagian cladding juga berfungsi untuk memandu cahaya dengan cara merefleksikan semua cahaya kembali ke bagian core atau inti. Tugas cladding yang satu ini dikenal juga dengan proses total internal reflection atau pemantulan internal total.

Indeks bias cahaya yang dihasilkan oleh bagian cladding idealnya akan lebih kecil dari bagian core, hubungan antara indeks bias kedua bagian ini akan mempengaruhi proses transmisi cahaya yang dilakukan.

Diameter dari bagian cladding ini biasanya adalah sekitar 5-250 mikrometer. Sementara bahan penyusunnya biasanya terbuat dari silikon dengan komposisi yang sedikit berbeda dengan bagian inti.

  • Coating (Mantel)

Nama lain dari bagian coating ini adalah lapisan pelindung, dan tugasnya adalah sebagai pelindung mekanis yang melindungi kabel fiber optik dari berbagai gangguan dari luar.

Beberapa contoh gangguan fisik yang biasanya terjadi adalah adanya lengkungan atau tekukan pada kabel dan suhu atau kelembaban di luar yang mempengaruhi kelembaban udara di dalam kabel. Semua jenis gangguan fisik ini bisa mempengaruhi dan menyebabkan kerusakan pada bagian dalam kabel fiber optik yang rawan.

Bagian coating ini merupakan lapisan terluar ketiga dalam konstruksi kabel fiber optik, setelah core dan cladding. Bahan penyusunnya adalah berupa plastik yang elastis.

Kabel fiber optik memiliki komponen-komponen yang mudah rusak di bagian dalamnya, sehingga diperlukan perlindungan yang berlapis-lapis supaya performanya bisa tetap optimal.

Untuk memudahkan dalam proses penyusunannya, bagian coating biasanya memiliki warna yang yang beragam.

  • Outer Jacket dan Strength Member

Bagian konstruksi kabel fiber optik yang selanjutnya adalah bagian lapisan terluar yang menjadi pelindung utama dari kabel fiber optik, yaitu bagian outer jacket dan strength member.

Kedua lapisan terluar ini bertugas melindungi bagian dalam kabel fiber optik dari gangguan fisik yang muncul secara langsung.

Prinsip Kerja Kabel Fiber Optik 

Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang terbuat dari material plastik atau kaca yang sangat halus.

Dalam melakukan transmisi data, kabel fiber optik memanfaatkan prinsip kerja dari transmisi cahaya. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah berupa cahaya LED atau laser.

Pertama-tama, karena prinsip kerja kabel fiber optik ini tidak menggunakan arus listrik, maka aliran tau sinyal listrik akan sebelumnya dikonversi menjadi aliran cahaya. 

Aliran cahaya inilah yang nantinya akan dialirkan antar jaringan komputer yang terhubung melalui material serat kaca yang halus.

Material kaca bisa merefleksikan cahaya dengan baik sehingga agak sangat membantu proses transmisi cahaya supaya bisa lebih cepat.

Keunggulan Menggunakan Kabel Fiber Optik

Berdasarkan uraian di atas, Anda pasti sudah menangkap bahwa kabel fiber optik dalam fungsinya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis kabel lainnya, yaitu:

  • Tidak memerlukan arus listrik

Keunggulan yang satu ini membuat kabel fiber optik tidak akan terpengaruh interferensi dari gelombang elektromagnetik saat melakukan transmisi cahaya. Inilah yang membuatnya lebih unggul dari jenis kabel lainnya dengan fungsi sejenis. Salah satu contoh gangguan yang bisa dihindari dengan menggunakan kabel fiber optik adalah terjadinya korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

Kabel Fiber Optik

  • Ukurannya kecil, ringan, dan fleksibel

Karena ukuran kabel fiber optik yang ringan dan memiliki diameter yang kecil, proses penanganannya pun akan lebih mudah dibandingkan dengan kabel sejenis lain yang memiliki ukuran sangat besar.

  • Bandwidth lebih besar

Kabel fiber optik memiliki kapasitas bandwidth yang besar, sehingga akan lebih mampu untuk mengirimkan lebih banyak data.

  • Bahannya penyusunnya tidak akan berkarat

Bahan penyusun kabel fiber optik adalah berupa plastik dan kaca yang tidak mungkin berkarat, sehingga akan bisa lebih awet dalam waktu yang lama.

  • Kecepatan transmisinya tinggi dan bisa mencapai jarak yang lebih jauh

Kecepatan transmisi data melalui kabel fiber optik bisa mencapai 1 GB per detik. Jarak yang ditempuh juga bisa lebih jauh, mulai dari beberapa ratus meter hingga ratusan kilometer.

Solusi Masalah Jaringan Bersama Xpertindo

Xpertindo adalah bagian dari PT Apixnet Global Teknologi yang sudah berpengalaman menangani berbagai projek dan kebutuhan pelanggan seputar IT dan jaringan komputer, baik untuk pelanggan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Beberapa jasa yang kami sediakan di antaranya adalah:

  • Konsultasi seputar masalah jaringan atau network consultant
  • Sewa Mikhmon Mikrotik
  • Jasa setting Mikrotik, Fortigate, Huawei, HP, Juniper, Cisco, dan berbagai produk lainnya
  • Corrective and preventive maintenance
  • Managed services
  • Troubleshooting jaringan
  • Sewa VPN Remote Mikrotik
  • Jasa Instalasi Jaringan
  • Dan sebagainya

Jika Anda memiliki masalah yang berhubungan dengan konstruksi kabel fiber optik atau permasalahan jaringan lainnya, tidak perlu ragu lagi dan segeralah hubungi kami. Anda bisa mengunjungi website Xpertindo untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts