Setting Router Cisco untuk Internet

by admin

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama, termasuk memasang wifi. Bagi Anda yang ingin memasang jaringan wifi dan setting router Cisco untuk internet bisa menggunakan layanan dari Xpertindo.

Xpertindo merupakan salah satu IT Network Solution yang berpengalaman selama bertahun-tahun dan ahli dalam setting router Cisco. 

Kami telah menyelesaikan banyak project jaringan komputer dan IT baik di dalam maupun luar negeri seperti Saudi Arabia, Bangladesh, Vietnam, Papua New Guinea dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini akan membahas lebih detail mengenai apa itu router Cisco, fungsi dan kelebihan router Cisco untuk internet. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Layanan Setting Router Cisco untuk Internet

Apa Anda sudah mengetahui apa itu router Cisco? Router Cisco adalah seperangkat alat yang digunakan untuk jaringan WAN (Wide Area Network).

Jika menggunakan peralatan jenis ini, maka informasi seperti data, audio, gambar dan lainnya dapat disalurkan atau disampaikan ke berbagai macam alamat yang jaraknya berjauhan.

Setting Router Cisco untuk Internet

Saat dioperasikan, Router Cisco ini menggunakan protokol dan tabel yang sangat berperan dalam mengatur lalu lintas data internet seperti yang ada di komputer. Seperti komputer, Router Cisco juga memakai CPU (Central Processing Unit) untuk memproses lalu lintas datanya.

Sebagai perusahaan besar pertama dalam dunia jaringan, Cisco menjadi pemimpin dalam dunia networking, termasuk dunia maya atau internet. Cisco memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi meskipun terhalang jarak dan waktu, selain itu juga bisa membantu transfer data dan mengirim data dengan mudah, cepat dan akurat.

Tidak semua orang memahami dan menguasai dunia IT, itu sebabnya kebanyakan orang memilih memakai layanan jasa setting Router Cisco mereka dalam menunjang pekerjaan atau core bisnis.

Xpertindo dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memakai layanan bagus dan terpercaya untuk jasa  setting Cisco.

Semua jenis atau tipe perangkat Cisco dapat dikerjakan dengan baik oleh tim ahli yang berpengalaman. Apa sajakah yang termasuk perangkat Cisco dalam melakukan setting Router Cisco?

  • Router Enterprise
  • Router Service Provider
  • Switch
  • Access Point
  • Cisco Firewall ASA
  • Cisco ACI

Jika Anda membutuhkan jasa instalasi, konfigurasi dan lainnya kami siap melayani, segera hubungi tim kami untuk mengatur jadwal sesuai dengan kebutuhan dan waktu Anda.

Tim Xpertindo terdiri dari tim engineer dan consultant yang telah tersertifikasi resmi dari Cisco dan diakui secara internasional, sehingga hasil kerja kami dapat dijamin terbaik dan professional.

Teknologi Setting Router Cisco untuk Internet

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang terdapat pada Cisco:

  • IOS atau Cisco Internetwork Operating System

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah Sistem Operasi Internet. Cisco telah mengembangkan teknologi canggih setiap tahunnya yang menjadikannya pemberi solusi untuk berbagai masalah terkait jaringan dan komunikasi.

Cisco memperkenalkan software keluarannya yang bernama Cisco IOS (Internetwork Operating System). IOS memiliki berbagai macam fitur yang diperlukan dalam melakukan optimalisasi jaringan.

  • DNA atau Cisco Digital Network Architecture

Arsitektur Jaringan Digital adalah teknologi terbaru dari Cisco. DNA (Digital Network Architecture) merupakan sistem yang terdiri dari perangkat keras maupun perangkat lunak yang akan membawa pelanggan menuju era baru dunia jaringan digital.

Tujuan DNA adalah agar pelanggan dapat bekerja dalam satu sistem yang bergerak cepat secara digital. Cisco juga mengklaim kemampuan otomasi, virtualisasi dan manajemen cloud dalam mendukung arsitektur DNA, yakni Otomasi DNA APIC-Enterprise Module (APIC EM) yang merupakan versi terbaru dari enterprise controller milik Cisco yang telah tersedia untuk umum.

  • SD Access atau Software Defined Access

Software Defined Acces memakai kebijakan segmentasi dan otomasi jaringan yang gunanya untuk menyederhanakan akses jaringan bagi para penggunanya.

Software Defined Access atau Akses yang ditentukan Perangkat Lunak mampu mempercepat waktu dalam beradaptasi dengan jaringan. Hal ini disebabkan karena adanya otomasi terhadap berbagai kegiatan operasional sehari-hari, misalnya penanganan masalah, konfigurasi dan troubleshooting.

Tak hanya itu saja, SDA (Software Defined Access) juga mampu memperbaiki dan menyelesaikan masalah yang estimasinya seminggu atau sebulan hanya menjadi beberapa jam saja serta dapat mengurangi akibat dari security breach atau pelanggaran keamanan.

Setelah mengetahui tentang pengertian dan teknologi yang terdapat pada Cisco, Anda juga harus mengetahui fungsi setting router Cisco untuk internet. Lebih lanjutnya, baca artikelnya di bawah ini:

  • RAM

Pada perangkat Cisco tertanam RAM yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan konfigurasi data saat berjalan dan sekaligus menjadi penyedia memori sementara. Ram juga berfungsi sebagai penyimpanan routing table yaitu pengelolaan antrian paket.

Setting Router Cisco

Namun, RAM akan kehilangan semua datanya jika router sumber dayanya mati atau off saat di restart.

  • NVRAM (Non Volatile RAM)

NVRAM berfungsi untuk menyimpan konfigurasi start-up. Tidak seperti RAM, isi data di NVRAM tetap tersimpan meskipun router kehilangan power.

  • FLASH MEMORY

Flash Memory berguna untuk menyimpan IOS. Ia merupakan jenis EEPROM (Electronically Erasable Programmable ROM) jadi walaupun router kehilangan power, isinya tetap ada.

  • ROM

ROM bekerja untuk menyimpan sistem bootstrap yang fungsinya adalah mengatur proses dan menjalankan POST (Power On Self Test) serta IOS Image.

  • Interface

Router memiliki elemen internal dan elemen eksternal. Interface merupakan elemen atau bagian eksternal dari sebuah router. Interface ini dapat dikatakan sebagai alat dan konsep yang mendasar pada titik interaksi antar komponen dan berlaku di tingkat hardware maupun software.

Penutup

Apabila Anda ingin memasang dan setting router Cisco untuk internet, Anda bisa mengunjungi situs resmi kami. 

Kami melayani berbagai kebutuhan Anda dengan menerapkan best practice sesuai pengalaman dan standar kerja dalam dunia IT.

Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara agar jaringan Anda selalu normal dan bekerja dengan baik, serahkan saja pada tim Xpertindo.

Selain menyediakan jasa instalasi jaringan dan setting router Cisco untuk internet, kami juga menyediakan layanan managed service yang terpercaya.

Keuntungan memakai jasa setting Cisco untuk internet dengan Xpertindo adalah Anda akan mendapat full remote support. Full remote support berarti kami akan membantu mengelola jaringan Anda secara penuh dengan sistem remote (jarak jauh).

Namun, apabila Anda lebih suka tim kami mengontrol on site, itu juga bisa. Kami bisa menyediakan tim yang mengelola dan mengontrol on site di tempat Anda. Selain itu service kami tersedia 24 jam dalam seminggu penuh. Tim kami akan selalu siap stand by dan membantu Anda dalam 24 jam nonstop.

Nah, kalau Anda sudah memutuskan ingin memakai jasa setting router Cisco untuk internet di tempat Anda menggunakan layanan dari Xpertindo, Anda dapat menghubungi kami. Tim kami akan segera merespon dan membantu Anda sesuai kebutuhan.

Related Posts