Setting Dasar Mikrotik

by admin
setting dasar mikrotik

Mikrotik memiliki fungsi sebagai hotspot, pengelolaan sistem jaringan yang mengatur serta mengkonfigurasikan pada LAN (Local Area Network). Penggunaan mikrotik menjamin keamanan jaringan internet sehingga banyak orang yang menggunakannya. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan mikrotik yakni setting dasar mikrotik. Sebaiknya dalam melakukan setting dasar mikrotik, Anda harus menggunakan jasa setting mikrotik untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Sebelum menggunakan internet, Anda perlu melakukan setting mikrotik. Biasanya mikrotik digunakan di berbagai pusat kegiatan seperti kantor, pusat perbelanjaan hingga restoran.  Namun, sebelum menggunakan mikrotik, Anda perlu mengetahui jenis-jenis mikrotik.

Jenis dan Cara Setting Dasar Mikrotik

Terdapat dua jenis mikrotik yang biasa digunakan, diantaranya:

  • Mikrotik RouterBoard

Mikrotik RouterBoard menggunakan perangkat keras yang berukuran kecil sehingga dapat digunakan dengan mudah dan praktis. Harga satu perangkat router ini juga terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konfigurasi RouterBoard dengan RouterOS.

  • Mikrotik RouterOS

Mikrotik ini menggunakan sistem operasi UNIX. Dengan menggunakan RouterOS, Anda dapat membangun router sendiri. Tak heran, jika dulu banyak orang yang menggunakan router ini untuk keperluan internet di warnet maupun tempat rental PS.

Di era pandemi seperti sekarang ini, mayoritas masyarakat Indonesia bekerja dari rumah. Dengan bekerja dari rumah, maka akses internet dengan jaringan yang baik memiliki peran penting dalam suatu pekerjaan. 

setting dasar mikrotik

Hal ini menyebabkan banyaknya permintaan terhadap jasa setting mikrotik. Dengan menggunakan jasa setting mikrotik, maka kualitas internet terjamin sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Selain pekerja, akses internet yang baik juga dibutuhkan oleh siswa yang belajar dari rumah serta pelaku usaha yang kini memasarkan produknya via online. Mengingat di keadaan pandemi Covid-19 ini, semua pekerjaan dikerjakan dari rumah.

Jadi, pastikan Anda menggunakan jasa setting mikrotik profesional dan berpengalaman sehingga akses internet dapat berjalan dengan lancar dan baik serta tidak terjadi error saat melakukan setting. Karena Kesalahan dalam melakukan setting dasar mikrotik dapat berakibat fatal dan bisa menyebabkan mikrotik router mengalami kerusakan. 

Untuk itu, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara setting dasar mikrotik dengan benar.

Cara Setting Dasar Mikrotik dengan Benar

Bagaimana cara setting dasar mikrotik dengan benar?

Yuk, simak penjelasan mengenai setting dasar mikrotik dibawah ini.

Buka Windows Box

Hal yang pertama kali harus dilakukan saat akan setting mikrotik adalah dengan login ke Windows Box atau biasa disebut Winbox kemudian klik connect. Setelah sudah masuk Winbox, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan topologi jaringan. 

Buat Topologi Jaringan

Anda perlu membuat topologi jaringan untuk menentukan wilayah mana saja yang akan mendapatkan akses yang bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Setelah itu, tambahkan DHCP.

Tambah DHCP Client

Untuk menambahkan DHCP Client, klik terlebih dahulu IP kemudian pilih DHCP Client. Kemudian pilih Ether 1 dan klik ceklis pada kolom Use Peer DNS dan Use Peer NTP. Lalu pilih yes di bagian Add Default Route. 

Sekarang, lanjut ke IP Address.

Setting IP Address

Pertama klik IP, lalu pilih Addresses kemudian pilih tanda (+). Setelah itu, masukkan IP Address dan pilih ether2 pada kolom interface.

Lakukan Konfigurasi DNS dan NAT

DNS merupakan singkatan dari kata Domain Name Server atau lebih mudahnya disebut sebagai nama server domain. Dengan melakukan konfigurasi DNS, maka saat Anda melakukan pencarian di Google Anda bisa dengan mudah dengan hanya menuliskan kata domainnya saja.

Langsung saja klik IP, pilih DNS kemudian centang kolom Allow Remote Request. Sebagai percobaan, coba tes ping ke Google.

Lanjut ke menu IP, lalu pilih DHCP Server dan pilih DHCP Setup. Selanjutnya, pilih interface yang terhubung ke PC Anda saat ini.

network

Selanjutnya, untuk langkah terakhir segera konsultasikan setting dasar mikrotik kepada Xpertindo. Karena Xpertindo merupakan jasa setting mikrotik terbaik dan sudah berpengalaman menangani berbagai permasalahan terkait instalasi jaringan internet. Jadi, percayakan segala permasalahan jaringan internet Anda kepada kami.

Keuntungan Menggunakan Jasa Setting Mikrotik di Xpertindo

Dengan menggunakan jasa setting mikrotik dari Xpertindo, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti berikut:

  • Kualitas Internet Terjamin

Kualitas koneksi internet bisa saja terganggu jika Anda asal-asalan melakukan setting mikrotik sendiri atau menggunakan jasa setting mikrotik yang belum terbukti memiliki kinerja yang bagus. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan jasa setting mikrotik yang berpengalaman dan profesional agar kinerja Anda tidak terhambat karena koneksi internet Anda mengalami masalah.

Internet lemot saja membuat kesal, apalagi jika terjadi masalah pada mikrotik Anda yang mengakibatkan banyak masalah lainnya bermunculan. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan jasa setting mikrotik dari kami. Karena kami akan menjamin kualitas internet Anda selalu dalam performa terbaik.  

  • Hemat Waktu dan Bebas Resiko

Sebagian orang terkadang merasa dirinya bisa melakukan banyak hal termasuk dalam hal setting mikrotik. Padahal informasi dan tutorial yang beredar di internet belum tentu bisa diandalkan. Untuk menghemat waktu dan memperkecil resiko, sebaiknya Anda menyerahkan pekerjaan dasar setting mikrotik kepada ahlinya.

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari banyak resiko yang bisa saja terjadi.  Lebih baik mengantisipasi hal yang tidak pasti terjadi daripada harus menanggung resiko yang bisa saja terjadi kapan saja. Selain itu, dengan menggunakan jasa setting mikrotik Xpertindo, Anda juga bisa berkonsultasi kepada kami jika terdapat suatu hal yang Anda butuhkan atau terjadi suatu masalah yang tidak Anda ketahui dari mikrotik Anda.

  • Bergaransi

Pilihlah jasa setting mikrotik yang bergaransi. Karena penyedia jasa yang memiliki kinerja buruk tidak akan memberikan garansi pada customernya. Jadi, sebagai konsumen yang pintar dan bijak, Anda harus memilih jasa setting mikrotik yang profesional dan berani memberikan garansi pada customernya.  

Jadi, itu tadi tiga manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa setting mikrotik di Xpertindo. Jangan sampai menyesal karena tidak menggunakan jasa setting mikrotik di Xpertindo. 

Xpertindo menjadi salah satu pilihan jasa setting terbaik dan profesional serta memiliki hasil kerja yang bagus. Tak heran, banyak customer kami yang menggunakan jasa kami berkali-kali. Jadi, hingga kini kami telah memiliki banyak pelanggan setia di beberapa daerah.

Selain menerima jasa setting dasar mikrotik, kami juga juga menerima jasa instalasi Cisco, Server, sistem parkir mall, palang pintu otomatis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer. Kami juga salah satu distributor mikrotik di Indonesia yang banyak dicari dan diminati oleh banyak orang. Yuk, agar tidak didahului orang lain, segera konsultasikan segala kebutuhan Anda kepada kami. 

Jadikanlah Xpertindo menjadi pilihan terbaik Anda dalam mengatasi segala permasalahan mengenai jaringan komputer. Lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website resmi kami dan lihatlah sendiri hasil kerja kami. Jika Anda berminat menggunakan jasa setting mikrotik dari kami, segera hubungi kami melalui kontak yang tertera.

Related Posts