Jasa Setting Mikrotik Profesional

by admin
jasa setting mikrotik profesional

Keamanan jaringan sistem operasi pada sebuah perangkat merupakan suatu hal yang sangat penting. Baik itu perangka lunak maupun perangkat keras tetap membutuhkan sistem keamanan yang baik. Salah satunya dengan menggunakan perangkat mikrotik sebagai pengamannya. Jika Anda takut tak bisa menggunakannya, sewa saja jasa setting mikrotik profesional!

Setting mikrotik sesuai kebutuhan merupakan suatu keharusan yang perlu Anda lakukan. Namun terkadang proses setting tersebut sulit untuk dilakukan dan butuh tenaga profesional untuk melakukannya.

Kini Anda bisa gunakan layanan jasa setting mikrotik profesional yang telah dilengkapi dengan engineer tersertifikasi handal. Dengan begitu sistem operasi pada perangkat Anda jadi lebih aman. Untuk informasi layanan secara detail, simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Layanan Jasa Setting Mikrotik Profesional

  1. Setting mikrotik internet gateway

Salah satu produk mikrotik yang paling populer adalah mikrotik router. Pada router ini dapat digunakan sebagai internet gateway pada jaringan komputer.

  1. Setting mikrotik VPN

Setting mikrotik VPN tersedia dalam berbagai pilihan sesuai kondisi jaringan atau alamat IP. Untuk alamat IP publik maka bisa menggunakan semua jenis VPN.

  1. Setting mikrotik hotspot

Hotspot menjadi fitur menarik dari mikrotik yang digunakan sebagai manage user pada sebuah jaringan. Pada fitu ini biasanya harus log in dulu ke web. Kelebihan dari fitur ini tak terbatas pada jaringan wifi.

  1. Setting mikrotik BGP

Bording Gateway Protokol atau BGP merupakan jaringan internet yang terbentuk dari routing protocol. Biasanya jaringan internet terbentuk dari perusahaan ISP (Internet Service Provider) dan perusahaan konten lainnya.

Pada jaringan internet routing protocol ini masing-masing harus memiliki ID khusus. Hal ini untuk membedakan jaringan satu dengan yang lainnya.

Wifi router

Meningkatkan Keamanan Mikrotik Melalui Setting Mikrotik

Mikrotik merupakan sebuah perangkat yang digunakan sebagai sistem operasi router jaringan. Biasanya mikrotik digunakan pada jaringan komputer baik skala besar maupun kecil. Kini mikrotik sudah dilengkapi sistem wireless sehingga tanpa perlu menggunakan LAN.

Terkadang masih banyak yang mempercayai bahwa penggunaan mikrotik kurang begitu aman. Padahal dengan adanya mikrotik justru lebih mengamankan sistem operasi pada sebuah perangkat. Anda hanya perlu menggunakan jasa setting mikrotik profesional untuk meningkatkan keamanan mikrotik.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan serangan dari hacker atau malware dari luar yang mencoba masuk ke mikrotik Anda. Dapatkan keamanan dan kenyamanan ini dengan menghubingi jasa setting mikrotik profesional dan terpercaya.

Jasa Setting Mikrotik Profesional Membantu Menyiapkan Operasional Fungsi Mikrotik

Perlu Anda ketahui bahwa apabila Anda membeli mikrotik baru harus dilakukan setting terlebih dahulu. Hal ini karena pada mikrotik baru masih belum ada settingan apapun. Melalui jasa setting mikrotik profesinal, Anda bisa meningkatkan fungsi mikrotik agar bekerja dengan baik.

Berikut inilah beberapa fungsi mikrotik baik secara umum dan khusus yang harus Anda tahu.

  1. Menghubungkan Jaringan

Salah satu fungsi utama dari mikrotik adalah sebagai router yang menghubungkan setiap jaringan. Melalui fungsi router ini dapat menghubungkan beberapa jaringan yang dapat memudahkan pengguna dalam mengirimkan data melalui jaringannya ke jaringan lainnya.

  1. Mentransmisikan Informasi

Melalui fungsi router dapat digunakan sebagai transmisi jaringan. Kinerja sistem ini hampir sama dengan Bridge yang mentransmisikan informasi setiap jaringan dengan mudah.

  1. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Mikrotik memiliki fungsi router yang berfungsi sebagai penghubung jaringan ke DSL (Digital Subscriber Line). Keuntungan menggunakan router ini adalah Anda tidak perlu menggunakan LAN. Melainkan menggunakan wireless yang lebih mudah dan praktis.

  1. Membatasi Bandwidth

Mikrotik memiliki fungsi untuk membatasi bandwidth. Dengan membatasi bandwidth ini bertujuan sebagai penstabil jaringan. Pembatasan bandwidth dilakukan dalam ketentuan tertentu oleh admin jaringan.

Dalam sebuah jaringan pasti membutuhkan suatu aturan dalam pembagian bandwidth. Melalui mikrotik inilah dapat digunakan sebagai pembatasan bandwidth agar kebutuhan internet menjadi lebih merata.

  1. Membangun VPN Server

Jaringan VPN digunakan sebagai pembangun interkoneksi perangkat komputer antar jaringan WAN. Dengan begitu jaringan di luar perangkat dapat memanfaatkan jaringan seperti printer sharing, sharing file, database dan lainnya.

jasa setting mikrotik profesional

  1. Firewalling

Fungsi firewalling pada mikrotik adalah sebagai filter acces atau filter rule. Dalam hal ini firewalling membutuhkan aturan tertentu agar dapat bekerja dengan baik. Parameter yang digunakan diantaranya adalah chain parameter yang bermanfaat dalam menentukan jenis traffic yang diatur.

Selain itu fairwaling juga berfungsi dalam memblokir dan mengijinkan jaringan yang masuk dari dalam dan luar. Selain itu server ini akan menjaga sistem dari serangan hacker dari luar jaringan.

  1. Load Balancing / Failover

Load balancing pada mikrotik berfungsi sebagai pengganti jaringan yang down dengan jaringan lainnya yang berfungsi. Maka dari itu pada perangkat ini dapat menggunakan dua jaringan atau lebih yang digunakan sebagai backup.

  1. Address per Mac

Setting mikrotik melalui Address per Mac memiliki fungsi untuk mencegah duplikasi Mac address komputer yang terhubung dengan mikrotik. Pada alamat Mac ini hanya boleh diisikan dengan satu alamat IP saja.

  1. DHCP Relay

DHCP Relay memiliki fungsi tertentu pada perangkat mikrotik. Yaitu sebagai metode yang digunakan untuk distribusi alamat IP ke perangkat komputer melalui DHCP server ke server lainnya.

Dalam hal ini DHCP relay hanya akan meneruskan pemintaan DHCP dari komputer ke DHCP server. Dengan adanya server ini sangat membantu menghubungkan perangkat jika tidak terhubung dalam satu network.

  1. Domain Name System (DNS)

Pada perangkat mikrotik terdapat fungsi Domain Name System yang merupakan Distribute Database System yang biasa dipakai untuk pencarian nama komputer dengan TCP/IP.

DNS adalah layanan aplikasi yang berfungsi sebagai penerjemah domain ke alamat IP dengan menggunakan internet web browser. DNS juga bisa digunakan sebagai analogi untuk mendapatkan nomor alamat IP yang diinginkan.

Jenis Jenis Mikrotik

Jenis-jenis mirotik dikembangkan menjadi dua router yaitu RouterOS dan RouterBoard. Kedua router ini memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

  1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS merupakan sistem perangkat lunak berbasis UNIX. Perangkat ini membuat komputer biasa menjadi komputer dengan fitur perangkat jaringan seperti router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan yang lainnya.

  1. RouterBoard

Sementara mikrotik RouterBoard merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh mikrotik. Berbeda dengan RouterOS, pada RouterBoard ini hanya mampu menghadirkan sistem operasi mikrotik RouterOS hanya dalam presentase yang kecil.

Setelah mengetahui jenis-jenis mikrotik, kini Anda bisa memanfaatkan layanan jasa setting mikrotik profesional dari Xpertindo. Kami telah berpengalaman di bidang IT sejak lama dan telah memiliki enginer tersertifikasi resmi MTCNA hingga MTCINE.

Dapatkan berbagai keuntungan menarik setelah menggunakan jasa kami. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa tanyakan langsung pada customer service kami. Segera hubungi kami untuk mendapatkan layanan setting mikrotik terbaik!

Related Posts