Sistem Parkir Manless

by admin
sistem parkir manless

Sistem Parkir Manless saat ini sudah banyak diaplikasikan di berbagai tempat-tempat besar, seperti halnya di mall, apartemen dan tempat-tempat lainnya. Dengan sistem ini memudahkan pengemudi untuk mengambil tiket parkir sendiri tanpa bantuan manusia.

Sistem yang satu ini menggunakan kabel sensor pada perlintasan yang dilalui kendaraan dengan mendeteksi badan kendaraan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami ulas penjelasan mengenai sistem parkir yang satu ini.

Apa Itu Sistem Parkir Manless?

Sistem Parkir Manless atau sistem parkir otomatis adalah suatu sistem parkir yang mempunyai kinerja secara otomatis tanpa bantuan manusia. Dikatakan Sistem parkir Manless, karena sistem ini merupakan sistem parkir otomatis yang berbasis aplikasi parkir, yang mana merupakan efektivitas operasional dan meminimalisir kebocoran pendapatan.

Sistem yang satu ini dimulai dari pintu masuk parkir yang memiliki dispenser tiket parkir, cukup dengan menekan tombol pada dispenser box, tiket masuk parkir pun tersedia dan sudah bisa keluar.

Selanjutnya, sistem pun akan membuka palang parkir untuk dapat dimasuki oleh kendaraan mobil atau motor. Kendaraan tersebut kemudian melintasi gerbang masuk sesudah menekan tombol dan palang parkir akan menutup dengan sendirinya. 

Sistem Parkir Manless

Sistem yang menutup palang parkir secara otomatis ini menggunakan kabel sensor pada perlintasan yang dilalui kendaraan dengan mendeteksi badan atau logam kendaraan. Dengan begitu, ketika kendaraan melewati sensor, sistem pun akan menutup palang parkir dengan sendirinya.

Sistem parkir manless dibuat untuk mengurangi sumber daya manusia yang bekerja. Sehingga dengan ini diharapkan agar sistem human error atau bebas dari kesalahan akan dapat terhindari. 

Kendala yang terjadi pada kesalahan sumber daya manusia bisa berkurang dari disediakannya sistem palang otomatis. Ini mewajibkan kendaraan-kendaraan mempunyai karcis maupun tiket parkir yang dikeluarkan oleh dispenser box parkir, ketika Anda berada di area perlintasan masuk kendaraan.

Kelebihan Sistem Parkir Manless

Disebut dengan Sistem Parkir Manless karena di sisi pintu masuknya, fungsi petugas operator diganti dengan perangkat yang terdapat pada box ticket dispenser. Fungsinya sendiri untuk mengambil data images, barcode scanner serta tapping RFID card untuk mempercepat dan memudahkan transaksi di pintu masuk.

Adapun kelebihan dari penggunaan sistem parkir ini diantaranya:

  • Memiliki tingkat keamanan/ secure yang baik

Zaman sekarang ini, keamanan dalam sistem perparkiran mutlak sangatlah penting. Dengan sistem yang satu ini, pastinya kendaraan yang masuk atau keluar akan terdapat proses identifikasi pengemudi dan jenis kendaraan, baik itu identifikasi data maupun visualnya.

  • Dapat menghemat biaya perawatan

Sistem parkir yang satu ini dapat menghemat biaya perawatan, karena berbagai perangkat yang digunakan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001 Mutu juga kualitas. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa rugi, investasi awal dana yang sudah dikeluarkan dan alat yang dimiliki tentunya tidak perlu dibersihkan maupun dikontrol setiap hari.

Dengan ini, Anda bisa menempatkan kamera pengawas dan hanya perlu langsung memperbaiki alat di waktu-waktu tertentu jika memang terjadi kerusakan darurat.

  • Dapat menghemat biaya operasional

Selanjutnya, sistem parkir ini bisa menghemat biaya operasional, karena hanya membutuhkan SDM manusia di sisi pintu out atau keluarnya saja. Sehingga, secara otomatis dapat mengurangi biaya operasional gaji operator, dengan kata lain “Jika hanya dapat dilakukan oleh satu orang kenapa mesti dengan dua orang”.

Petugas operator pun hanya perlu berada di pintu keluar sebagai proses identifikasi data serta identifikasi visual secara langsung.

  • Hasil laporan yang akuntabel

Dengan penggunaan Sistem Parkir Manless di perusahaan Anda, laporan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar, lebih akuntabel dan akan sulit jika ada petugas operator yang berbuat kecurangan. Sebab, sistem yang satu ini berbasis database offline dan online, Anda pun bisa memonitor laporan secara langsung dari gadget Anda.

Bukan hanya itu, laporan terkait real time waktu parkir setiap kendaraan juga sudah tercatat, sehingga membuat nilai parkir yang sudah ditetapkan semakin mudah untuk diakumulasikan.

Sistem Parkir

Jika Anda tertarik untuk menggunakan manless parking system ini, semua kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengandalkan penyedia jasa manajemen parkir yang tepat.

Anda bisa menggunakan sistem parkir yang satu ini untuk berbagai keperluan. Seperti yang bisa Anda temui di perparkiran rumah sakit, mall, bandara, stasiun dan sebagainya.

Cara Kerja

Menggunakan sistem parkir otomatis, memang lebih aman. Sebab, masing-masing kendaraan mempunyai tiket parkir yang perlu ditunjukkan kepada petugas saat akan keluar dari tempat parkir.

Adapun cara kerja dari sistem parkir yang satu ini, diantaranya:

  • Diaplikasikan untuk area yang memiliki akses terkontrol

Pada umumnya, sistem parkir otomatis ini dipasang pada area yang akses masuknya terbatas, itu artinya area parkir tidak dapat digunakan oleh sembarang orang. Mobil atau motor yang masuk akan menekan tombol dari mesin dispenser yang terdapat pada pintu masuk, kemudian tiket parkir akan keluar hingga secara bersamaan pintu parkir otomatis akan terbuka.

Saat di pintu keluar nanti, tiket parkir akan diberikan kepada petugas yang mana pengguna harus membayar sesuai dengan biaya parkir yang berlaku. Setelah itu, petugas pun akan menekan tombol untuk membuka pintu parkir agar mobil atau motor bisa keluar.

Terdapat beberapa macam jenis palang parkir otomatis yang saat ini digunakan. Paling umum, digunakan untuk pusat perbelanjaan, gedung-gedung fasilitas umum, apartemen dan sebagainya yakni palang parkir yang dikendalikan dengan memakai tombol.

Sedangkan untuk tempat yang lebih ketat akses masuknya, hanya berbagai kendaraan dengan tag tertentu yang dapat masuk. Sebab, palang untuk parkirnya menggunakan sistem sensor yang hanya dapat dibuka oleh kendaraan tertentu. 

Ada juga pintu palang parkir yang memakai sensor gerak, yang mana dapat mendeteksi apabila terdapat kendaraan yang mendekat.

  • Elemen yang terdapat pada sistem palang pintu parkir otomatis

Dibutuhkan yang namanya mesin pencetak tiket pada pintu masuk, atau disebut juga dengan dispenser tiket yang telah terhubung dengan sistem komputer. Dengan mesin ini, pengendara yang akan masuk hanya perlu menekan tombol cetak tiket, yang kemudian tiket akan keluar secara otomatis dan harus disimpan hingga kendaraan keluar dari area parkir.

Setelah tombol tiket ditekan, mesin pun akan memberi perintah kepada palang parkir untuk membukanya. Di palang parkir, terpasang detektor logam, yang mana selama masih dapat terdeteksi keberadaan kendaraan, palang tidak akan menutup.

Pada pintu masuk, biasanya palang juga memiliki kamera CCTV untuk merekam kendaraan serta nomor plat kendaraan. Sementara itu, untuk pintu keluarnya, elemen yang ada hampir sama. Hanya saja, dispenser tiket diganti dengan petugas parkir atau box operator.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja dari Sistem Parkir Manless ini. Anda bisa mengaplikasikannya untuk tempat atau perusahaan Anda agar lebih aman dan efisien. Anda bisa berkonsultasi dengan kami untuk proses pemasangan sistem parkir ini di Xpertindo.

Xpertindo sudah lama berpengalaman dan bergerak dalam bidang IT Network Solution dan segala hal mengenai jaringan network dan sistem lainnya bisa Anda peroleh bersama kami. Informasi lebih lanjut, Anda bisa berkunjung ke halaman penawaran kami dan bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui kontak yang tersedia secara gratis.

Related Posts