Jasa Setting Server

by admin
jasa setting server

Kehidupan dewasa ini sekarang sudah serba digital baik dalam kehidupan keluarga hingga bisnis skala besar, sehingga jasa setting server sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Jasa ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin data perusahaan Anda terlindungi dengan baik, mengawasi data dengan penyimpanan dengan kapasitas lebih luas, dan lain-lain.

Pengertian Server

Dalam dunia komputer, server adalah suatu komputer (hardware) atau program komputer yang menyediakan kegunaan untuk program lain atau benda yang disebut dengan “klien”.

Server bisa menyediakan kegunaan yang sangat banyak. Istilah lainnya adalah “servis”. Contohnya adalah menyebarkan data kepada banyak klien, dan melakukan komputasi untuk klien.

Jasa Setting Server

Satu server bisa melayani banyak “klien” dan satu “klien” bisa menggunakan banyak server.

Contoh-contoh server yang biasa jasa ini sediakan adalah server database, server file, server print, server mail, server jaringan, server permainan, dan server aplikasi.

Jenis-Jenis Server yang Bisa Dipasang oleh Jasa Setting Server

  • Server database

Server database adalah server yang menggunakan aplikasi database yang menyediakan “servis” database kepada program lain pada komputer.

DBMSs (Database management system) menyediakan kegunaan database-server secara berkala, dan DBMSs seperti MySQL yang biasa digunakan analis data bergantung khusus kepada model client-server untuk akses database.

  • Server file

Dalam komputasi, server file adalah komputer yang terikat dengan jaringan yang menyediakan lokasi untuk akses yang disebarkan, contohnya file di storage komputer seperti gambar, suara, teks, dan video) yang bisa diakses oleh workstation yang bisa menjangkau komputer yang berbagi akses melalui jaringan komputer.

  • Mail server

Mail server atau dengan kata lain message transfer agent adalah perangkat lunak yang mentransfer pesan surat elektronik dari komputer kepada komputer lain dengan SMTP.

Pesan yang saling bertukar pada suatu jaringan dipindahkan antara mail servers, termasuk data-data lampiran seperti gambar, teks, dokumen.

  • Print server

Print server dalam komputasi adalah jenis server yang menghubungkan printer kepada komputer “klien” pada suatu jaringan.

Server ini menerima pekerjaan percetakan dari komputer dan mengirim pekerjaan ini ke printer yang benar, membuat antrian pekerjaan untuk mengakomodasikan jika pekerjaan lebih cepat daripada kapasitas printer.

  • Web server

Web server adalah perangkat lunak komputer dan underlying hardware yang menerima permintaan lewat HTTP. Protokol jaringan diciptakan untuk mendistribusikan konten jaringan.

Browser memulai komunikasi dengan meminta resource spesifik dengan menggunakan HTTP.

  • Server permainan

Server permainan atau biasa disebut host adalah server yang pemerintah dalam video game yang memiliki banyak pemain (multiplayer).

Server tersebut akan mentransmisi data yang cukup sesuai dengan keadaan internalnya agar klien bisa terhubung bisa mempertahankan versi akurat dari dunia permainan untuk ditampilkan kepada pemain.

  • Server aplikasi

Seperti server permainan. Server aplikasi adalah server yang menjadi host, hanya saja untuk server aplikasi berperan menjadi host dalam suatu aplikasi.

Manfaat dari Jasa Setting Server

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa penyetingan server untuk bisnis Anda, antara lain:

  • Terjaminnya keamanan data bisnis Anda

Server bisa menjaga keamanan data bisnis Anda karena Anda bisa mengawasinya setiap saat. Selain itu jika Anda membutuhkan datanya dengan cepat, Anda cukup mengakses servernya saja. 

Server

Di zaman sekarang dimana data disebut “new oil” sudah sepantasnya Anda harus menjamin keamanan data bisnis Anda.

  • Mengurangi biaya

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pebisnis dari jasa setting server adalah bisa menghemat pengeluaran lain.

Anda tidak perlu repot-repot membeli perangkat penyimpanan data seperti flashdisk, hard-disk portable karena server sudah menyediakan kapasitas penyimpanan lebih besar daripada alat-alat tersebut.

  • Kemudahan dalam manajemen data

Data bisnis tentunya tidak main-main, sehingga perlu penanganan tepat. Server bisa membantu Anda mengelola data tersebut.

Dengan sistem berbasis awan atau cloud, data bisnis Anda bisa disimpan lebih banyak lagi. 

  • Kerja tim/kolaborasi antar tim makin apik

Sudah pasti dalam bisnis pegawai Anda harus bekerja dalam tim.

Jasa setting server bisa membantu tim/pegawai Anda berkolaborasi dengan baik karena server membantu pekerjaan yang dilakukan secara remote atau daring.

Pemasangan server sudah pasti akan meningkatkan produktivitas tim Anda, sehingga profit bisnis Anda kemungkinan besar akan meningkat.

Kerugian jika Anda Tidak Menggunakan Jasa Setting Server

Jika Anda memasang server sendiri, banyak kerugian yang didapatkan jika dibandingkan dengan memakai jasa. 

Anda tentunya ingin berhemat atau mengurangi biaya operasional, tetapi lebih bijak untuk mengeluarkan kocek lebih untuk bertahan lebih lama.

Lebih baik membeli mesin 1000 dolar yang bertahan dua tahun daripada membeli mesin 200 dolar yang hanya bertahan 2 bulan saja.

  • Kelihatan hanya murah di awal

Karena memasang sendiri, Anda tidak perlu tukang atau jasa untuk dibayar. Tetapi, sebenarnya hal ini sangat memakan banyak waktu, pikiran, dan tenaga.

Ibarat dalam organisasi, jika Anda mengurus sendiri penyetingan server, itu sama saja Anda mengurus tiga departemen sekaligus. Pastinya Anda akan kewalahan.

Dengan memakai jasa penyetingan server, Anda bisa menghemat tenaga dan tidak perlu capek-capek mengerjakan hal-hal berbau teknis. Anda mendelegasikan tugas tersebut kepada fully managed server seperti cloud.

  • Banyak prosedur/konfigurasi yang kompleks

Banyak sekali hal yang harus Anda lakukan jika memutuskan untuk menyeting server sendiri. Contohnya adalah menetapkan alamat IP, mengatur DNS, menginstal server jaringan, menginstal perangkat lunak, dll.

Hal tersebut memakan waktu dan tenaga Anda yang lebih baik fokus mengurusi bisnis.

  • Harus update sendiri

Bagian ini justru yang paling merepotkan. Bukannya Anda mengurus bisnis Anda, justru Anda harus direpotkan dengan mengurusi update server bisnis Anda sendiri.

Berbeda dengan sistem yang sudah otomatis. Jika Anda menyeting sendiri, Anda harus rajin melakukan pengecekan versi terbaru perangkat lunak, keamanan server Anda dari serangan hacker, dll.

Tunggu apalagi? Menggunakan jasa setting server adalah keharusan

Sudah jelas dari penjelasan di atas, Anda perlu menggunakan jasa penyetingan server agar bisnis Anda bisa berkembang.

Banyak sekali jenis-jenis server seperti server database, server file, mail server, print server, web server, server permainan, dan server aplikasi.

Menggunakan jasa penyetingan server untuk menyeting server tersebut sangat membantu bisnis Anda karena keamanan data bisnis Anda terjamin, mengurangi biaya, waktu dan tenaga yang dikeluarkan, kemudahan dalam manajemen data dengan MySQL, dan bisa meningkatkan kolaborasi antar tim.

Banyak sekali kerugian yang dialami jika melakukan penyetingan server sendiri, sehingga lebih baik menggunakan jasa.

Xpertindo.net adalah jasa setting server profesional yang siap memajukan bisnis Anda dengan penyetingan server terbaik pada tiap jenisnya. Ayo pakai jasanya sekarang untuk meningkatkan laba usaha Anda.

Related Posts