Jasa Instalasi Data Center

by admin
jasa instalasi data center

Data center menjadi fasilitas yang digunakan serta dikelola sebagai suatu kebutuhan komponen dari sistem komputer seperti untuk penyimpanan data atau database. Jika Anda ingin membangun data center, maka ada baiknya menggunakan jasa instalasi data center.

Dengan begitu, proses pemasangan pun akan berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips memilih jasa pembuatan data center yang perlu Anda perhatikan.

Tips Memilih Jasa Instalasi Data Center Terbaik

Data center mencakup semua kebutuhan dalam hal infrastruktur, seperti firewall, router, network switches, subsistem penyimpanan, hingga pengaturan dan pemasangan rak dan kabel untuk mengatur peralatan IT yang diperlukan. 

Dalam hal ini, banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membangun sebuah data center, dan alangkah baiknya Anda mendiskusikan terlebih dahulu dengan penyedia jasa instalasi tersebut. 

Jasa Instalasi Data Center

Adapun beberapa tips memilih jasa instalasi ini diantaranya:

  • Lokasi data center

Hal pertama yang paling penting untuk Anda perhatikan untuk menjadi pertimbangan yakni lokasi untuk data center. Pemilihan lokasi ini dilihat dari segi geografis dan non geografisnya. 

Dari segi geografisnya, lokasi yang bisa Anda pilih diutamakan yang aman dari gempa, banjir, tanah longsor atau daerah berbahaya lainnya. Sedangkan dari sisi non geografisnya, lokasi yang dipilih harus terhubung dengan jaringan internet yang cukup stabil. 

Hal tersebut sangatlah penting, agar tidak ada kendala saat akan melakukan pengaksesan data secara online. Dengan Anda  menggunakan penyedia jasa instalasi ini, akan membuat pemilihan lokasi menjadi lebih cepat.

  • Memiliki sumber daya listrik yang baik

Tips kedua yakni memiliki sumber daya listrik yang baik. Sumber daya listrik yang baik adalah hal terpenting untuk data center, karena data center sendiri memerlukan supply daya yang cukup tinggi. 

Dengan memiliki sumber daya listrik yang baik inilah, memungkinkan untuk meminimalisir adanya gangguan pada listrik.

  • Memiliki sistem keamanan 

Selanjutnya, keamanan juga perlu Anda perhatikan saat membangun data center. Keamanan data center bisa dilakukan dengan akses fisik, seperti halnya konfirmasi identitas yang menggunakan biometrik dan video login.

  • Bandwidth

Semakin berkembangnya bisnis Anda, maka semakin besar juga bandwidth yang akan diperlukan. Segala macam kebutuhan, seperti halnya pendaftaran produk, pemasaran, fitur iklan dan sebagainya, tentu membutuhkan bandwidth data yang besar.

Oleh karena itu, bandwidth menjadi salah satu kebutuhan yang penting sebagai penunjang kebutuhan bisnis Anda.

  • IP provider

Tips yang perlu diperhatikan selanjutnya yakni IP provider. Pemilihan IP provider harus memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Hal ini diperlukan untuk Anda gunakan pada data server yang akan dibangun.

Dengan pengalaman penyedia jasa instalasi dalam memilih IP provider yang sesuai dengan area Anda, menjadikannya lebih mudah untuk dilakukan.

  • Perhatikan sistem penyimpanan dan pemrosesan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan yakni kecepatan dalam menyimpan serta memproses data. Hal ini sangatlah penting, karena itu sangat diprioritaskan untuk memilih processor yang mendukung multi core agar bisa memproses data lebih cepat.

Selain pemrosesannya, penyimpanan juga sangat diperlukan karena digunakan untuk alokasi data Anda. Semakin banyak data yang Anda miliki, semakin besar pula penyimpanan yang akan diperlukan.

Untuk membangun infrastruktur IT yang tujuannya untuk memajukan sebuah bisnis, membangun data center adalah prioritas yang utama. Faktor terpenting untuk suatu data center yakni adanya penyimpanan data serta jaringan komputer.

Jika terdapat gangguan yang terjadi pada data center, bisnis Anda tentu dapat mengalami gangguan dan hambatan. Adapun fungsi penting lainnya dari data center yakni sebagai penempatan server untuk website atau database.

Fungsi lainnya dari data center yakni sebagai sebuah pemrosesan, menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar, hingga menyebarkan data. Dengan memakai jasa instalasi data center, tentunya Anda akan lebih mudah dalam membangun data center yang sesuai dengan keperluan perusahaan yang Anda kelola.

Ruang Lingkup Jasa Instalasi Data Center

Untuk pemahaman Anda terkait jasa instalasi data center, jasa instalasi ini akan melakukan berbagai tugasnya, seperti:

  • Penataan sistem

Jasa instalasi akan melakukan tugasnya untuk menata serta memonitoring sistem secara terpusat pada data center.

  • Melakukan pengadaan perangkat

Layanan jasa instalasi juga akan melakukan proses perencanaan spesifikasi, serta pembelian perangkat yang akan digunakan untuk instalasi data center.

  • Sebagai pemusatan perangkat

Selanjutnya layanan ini akan menempatkan perangkat utama menjadi lebih terpusat. Seperti halnya server dan juga perangkat network.

  • Dapat melakukan pemilihan lokasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan lokasi sangatlah penting. Karena untuk menyimpan berbagai data penting perusahaan. Jasa ini akan membantu dalam pemilihan lokasi terbaik.

Datacenter Work

  • Konfigurasi

Jasa instalasi dapat membantu dalam melakukan konfigurasi pada server serta perangkat network yang terpusat.

  • Fleksibilitas dan skalabilitas

Struktur atau urutan desain data center yang efisien bisa mendukung fleksibilitas, serta skalabilitas secara tepat. Jasa instalasi akan melakukannya untuk Anda.

  • Keamanan

Untuk menjaga keamanan data, sangat diperlukan data center yang ditunjang dengan akses fisik yang dapat dikontrol sepenuhnya.

  • Maintenance

Dengan layanan jasa instalasi ini, dapat menyediakan jasa maintenance data center. Hal ini tentunya perlu dilakukan untuk menunjang keamanan serta kenyamanan perusahaan Anda.

Fungsi Data Center

Sebelumnya Anda sudah memahami ruang lingkup hingga tips memilih jasa instalasi data center. Namun, sudahkah Anda memahami apa fungsi dari jasa instalasi ini ? 

Data center dalam membangun suatu infrastruktur IT merupakan prioritas utama untuk memajukan suatu bisnis. Pelaku usaha atau bisnis saat ini lebih memperhitungkan penggunaan pusat data yang dulunya masih banyak memakai penyimpanan eksternal.

Oleh sebab itu, saat ini pusat data memiliki peran yang penting untuk mendukung kemajuan suatu organisasi atau bisnis. Faktor yang penting dari suatu pusat data yakni adanya jaringan komputer dan penyimpanan data. 

Fasilitas inilah yang membuat kebutuhan akan data terus meningkat, sehingga jika terdapat gangguan pada pusat data, bisnis pun bisa mengalami hambatan dan gangguan. Adapun fungsi lain dari data center ini yakni sebagai pemroses, penyimpan dan menyebarkan data dalam jumlah yang besar.

Dengan begitu, Anda tidak perlu takut bahkan cemas, jika Anda kehilangan data penting perusahaan atau bahkan terhapus. Karena sudah terdapat back up data yang akan disimpan pada pusat data. 

Pusat data juga memiliki fungsi sebagai principal repositories, yang artinya dapat mencakup berbagai kebutuhan. Kebutuhan disini, berarti suatu kebutuhan dalam infrastruktur seperti halnya subsistem penyimpanan, server, router, firewall, networking switches serta pemasangan kabel dan rak untuk mengatur peralatan IT yang diperlukan.

Memiliki perangkat data center yang berkualitas, tentu sudah menjadi suatu keharusan yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan. Untuk menjamin kontinuitas, serta skalabilitas perusahaan dalam mengembangkan persaingan bisnis yang ketat.

Untuk itu, Anda perlu memilih jasa instalasi data center yang mumpuni dan menyertakan sistem keamanan yang baik. Kami dari Xpertindo dapat menjadi solusi untuk Anda. Jasa kami mampu membuat tingkat keamanan data lebih baik, dan tentunya bisa membuat data center yang berkualitas. Kami menjamin, Anda akan terbebas dari berbagai resiko pembobolan hingga masalah downtime!.

Related Posts