Cara Mereset Mikrotik Routerboard Lengkap

by Ikhwan
cara mereset mikrotik

Pada artikel ini akan dibahas cara mereset mikrotik routerboard secara lengkap, baik dengan cara hard reset maupun soft reset. Silahkan simak baik-baik artikel ini agar kita bisa melakukan reset konfigurasi perangkat mikrotik dengan baik.

Cara Mereset Mikrotik Routerboard

Mereset Mikrotik adalah aktifitas untuk mengembalikan konfigurasi yang ada pada perangkat mikrotik routerboard menjadi konfigurasi default atau konfigurasi bawaan dari pabrik. Beberapa settingan default ini berbeda-beda tergantung tipe mikrotik yang kita miliki, misal Mikrotik RB941-2nd memiliki konfigurasi default sebagai berikut

  • ether1 sebagai WAN interface, maksudnya adalah ether1 digunakan untuk terhubung ke sumber internet seperti modem ISP (Internet Service Provider).
  • ether1 sudah disetting sebagai dhcp-client, sehingga ether1 ini tinggal dihubungkan saja ke modem ISP maka bisa otomatis terkonfigurasi IP Address nya.
  • ether2, ether3, ether4, dan wlan1 Difungsikan untuk terhubung ke PC atau Laptop di LAN atau jaringan lokal kita, sehingga PC atau laptop tersebut dapat terhubung ke internet melalui Mikrotik.
  • ether2, ether3, ether4, dan wlan1 sudah disetting menjadi satu group bridge interface, berfungsi seperti switch, jadi jika kita hubungkan PC-PC di ether2, ether3, atau ether4 maka akan jadi satu subnet jaringan.
  • IP address untuk LAN atau jaringan lokal sudah disetting menjadi 192.168.88.1/24.
  • DHCP Server sudah disetting untuk interface LAN, jadi tinggal hubungkan saja PC atau Laptop ke port ether2, ether3, atau ethe4, maka PC atau laptop tersebut akan mendapatkan IP Address secara otomatis.
  • Sudah disetting IP Firewall NAT Masquerade, sehingga client PC atau Laptop yang terhubung ke port LAN mikrotik bisa terhubung juga ke internet.

Jika kita nyaman dengan kondisi settingan default seperti di atas, maka kita tidak perlu menghapusnya lalu menyetting ulang. Namun jika kita ingin setting mikrotik dengan model yang berbeda, misal kita ingin dari modem ISP terhubung ke port ether4 saja, bukan ether1, maka kita perlu cara mereset mikrotik agar semua settingan default hilang, lalu kita lakukan langkah-langkah untuk setting mikrotik dari awal .

Adapun terkait cara mereset mikrotik, ada beberapa cara tergantung tipe mikrotik routerboardnya, untuk lebih jelasnya akan di jelaskan di bawah ini.

cara mereset mikrotik

Cara Mereset Mikrotik Routerboard yang memiliki casing atau penutup

Cara mereset ini bisa diterapkan untuk router router mikrotik yang memiliki casing atau penutup seperti Mikrotik RB951, RB450, dan sebagainya. Berikut ini langkah-langkah mereset router mikrotik routerboard tersebut:

  1. Cara mereset mikrotik langkah pertama adalah memastikan Mikrotik dalam kondisi mati terlebih dahulu.
    Tidak seperti reset tp link yg bisa dilakukan ketika kondisi nyala. Ketika kita ingin mereset mikrotik routerboard harus dalam kondisi mati dulu, baru bisa melakukan reset konfigurasi.
  2. Dalam kondisi mati, silahkan tekan tombol RES (maksudnya adalah reset) dan tahan sambil menyalakan mikrotik tersebut.
  3. Setelah mikrotik nyala, tetap tahan selama 5-10 detik sampai lampu pada bagian USR selesai berkedip-kedip, lalu lepas tombol RES atau tombol reset nya.
    mikrotik RB951

Mereset Routerboard yang tidak memiliki casing

Jika ketemu Mikrotik Routerboard yang tidak memiliki casing seperti RB431 di bawah ini, maka jangan khawatir, kita tetap bisa mereset mikrotik routerboard tersebut. Adapun langkah-langkah cara mereset nya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Mikrotik routerboard tersebut dalam kondisi mati terlebih dahulu.
  2. Langkah kedua seperti reset routerboard sebelumnya, namun tombol resetnya agak berbeda dengan routerboard yang ada casingnya ya. Pada Mikrotik Routerboard seperti ini, tombol resetnya berwujud seperti dua buah setengah lingkaran kuning yang bersebelahan.
    Cara menekan tombol resetnya adalah dengan menghubungkan dua buah setengah lingkaran tersebut, bisa menggunakan obeng atau bahan konduktor lainnya. Intinya kedua itu terhubung maka sama dengan kita menekan tombol reset.
  3. Jadi dalam kondisi mati, silahkan hubungkan kedua buah setengah lingkaran kuning tersebut menggunakan obeng, tahan, lalu nyalan powernya, tahan 5-10 detik hingga ada yang berbunyi. Setelah itu lepaskan tombol resetnya, dan anda telah berhasil melakukan reset mikrotik routerboard tersebut.
    cara mereset mikrotik RB431

Cara Mereset menggunakan GUI atau Winbox

Mereset Mikrotik juga bisa dilakukan melalui GUI atau aplikasi winbox, hal ini bisa dilakukan jika kita sudah memiliki akses login ke mikrotik tersebut dan sudah berhasil masuk ke mikrotik melalui winbox. Adapun langkah-langkah cara mereset mikrotik adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kita sudah masuk ke dalam mikrotik melalui aplikasi winbox
  2. Silahkan masuk ke menu system -> reset configuration
  3. Akan muncul beberapa pilihan reset, silahkan centang sesuai dengan kebutuhan kita
  4. Setelah mencentang opsi atau pilihan yang sesuai, langkah terakhir silahkan klik tombol reset configuration
    cara mereset mikrotik menggunakan winbox

Seperti yang kita lihat pada gambar cara mereset mikrotik di atas, ada beberapa opsi reset configuration yang kita check atau kita pilih, berikut ini adalah penjelasan dari beberapa opsi mereset mikrotik melalui winbox tersebut

  • Jika tidak ada yang dicentang, maka mikrotik akan mengembalikan ke konfigurasi default atau bawaan pabrik.
  • Keep User Configuration: jika kita mencentang opsi ini, maka username dan password yang ada pada mikrotik ruouterboard ini tidak akan ikut hilang ketika kita reset configuration. Jadi Mikrotik akan tetap mempertahankan atau menyimpan konfigurasi username dan password login ke mikrotik Routerboard tersebut.
  • CAPS Mode: jika kita mencentang opsi ini, maka setelah mikrotik tersebut ter-reset, mikrotik akan memasukkan konfigurasi sebagai CAPS. CAPS adalah mode mikrotik sebagai Access Point yang dikontrol oleh wireless controller (CAPSMAN).
  • No Default Configuration: Jika kita mencentang no default configuration, maka mikrotik akan menghapus semua konfigurasi yang ada pada mikrotik tersebut. Semua konfigurasi akan terhapus termasuk ip address dan konfigurasi lainnya, jadi setelah berhasil ter-reset, kita harus meremote mikrotik tersebut kembali menggunakan mac address.
  • Do Not Backup: Jika tidak dicentang, maka mikrotik otomatis melakukan backup konfigurasi terlebih dahulu. baru kemudian melakukan reset configuration. Nama file backupnya adalah auto-before-reset.backup. Jika kita tidak mencentangnya, maka mikrotik tidak akan melakukan proses backup sebelum melakukan reset configuration.
  • Run After Reset: Kita bisa memanggil script yang ingin dijalankan setelah mikrotik selesai melakukan reset configuration. Script ini berisi kumpulan perintah-perintah command line Mikrotik yang disimpan ke dalam file dengan format .rsc.
    script rsc run after reset

Demikian beberapa metode atau cara mereset router mikrotik routerboard secara lengkap. Jika anda membutuhkan jasa setting mikrotik atau perangkat jaringan lainnya, silahkan hubungi kami.

Related Posts